Wednesday, June 14, 2017

#KopdarBloggerJNE - Bandung: Ngobrol Bareng Pungky Prayitno dan Haykal Kamil


Beneran 'ngobrol' karena akulah yang jadi MC sekaligus moderatornya.

Sebagai blogger yang bisa dateng ke event minimal sebulan sekali, aku emang seneng banget merhatiin MC nya. Cara mereka ngomong, membawa suasana, sampai ngebully orang yang dijadiin jokes. For the last one, aku nggak suka sih. Nggak semua orang senang dibercandain dengan hal yang sama di depan publik. So just take the good ones, huh?

Waktu SMA, aku pernah beberapa kali jadi MC di acara-acara organisasi. Tapi itu udah lama banget, waktu kuliah belum pernah lah aku dipercayai buat jadi MC. Karena temen-temenku taunya aku bagus di dokumentasi. But personally, I do wish I can be MC again.

Hal itu terwujud ketika kak Pungky dengan rusuhnya nge-whatsapp sore-sore.


"Neng, kamu bisa ngomong depan orang banyak kan?"
"Aku butuh MC sekaligus moderator nih buat acara Kopdar Blogger JNE Bandung. Kamu bisa ya?"
"Nanti aku bilangin sama orang JNEnya."

LAH? BESOK BANGET?

Karena aku mah anaknya suka challenge, yasudahlah challenge accepted. Meskipun skill MC ini udah ngga pernah diasah, seenggaknya suka ngomong sendiri depan kamera. Sama-sama ngomong depan orang banyak, kan?

There I go, acaranya di Beehive, jam 3 sore. I once read dari Instagramnya mak Mira, kalau mau nge-MC, lebih bagus dateng lebih awal. Dengan gitu kita bisa adaptasi dengan tempatnya, dan nervousnya udah ilang duluan. Ok. Aku datang jam 2.

Lah kak Pungkynya masih di jalan. Kejebak macet. Yha. Untung aku lagi ga puasa, jadi bisa ngeteh cantik sambil nungguin doi. Dan kak Pungky datang dengan keadaan belum dandan, sedangkan aku lenongan dah kayak mau naik panggung aja. Padahal gak ada panggung.


Biasanya, akulah blogger yang duduk di meja bareng temen-temen. Sibuk potret sana-sini, nyatet hal-hal penting. But since I am sitting in front of them all now, aku nggak bisalah pegang-pegang kamera dan hape. I didn't take notes, jadi aku bakal bahas hal-hal yang membekas di kepalaku sampai sekarang. Cielah.

(Suruh siapa baru nulis sekarang? Hadeh. Maap kan ku sedang UAS gengs. Semester 6 itu gila, pokoknya.)

By the way, narasumber di acara Kopdar Blogger JNE Bandung ini nggak cuma kak Pungky blogger hits Purwokerto. Tapi ada juga kak Haykal Kamil, former celebrity yang sekarang lebih seneng nge-vlog. Juga bang Aswi, ketua dari komunitas Blogger Bandung. So, here is our talk.

Gimana caranya bikin konten yang menarik?


Buat di Instagram, kak Pungky selalu mati-matian buat bikin foto. Dia bilang kalau dia terinspirasi Awkarin yang hardworker. Menurut kak Pungky, Awkarin tuh kemana-mana kalau foto endorse, bawa koper yang isinya barang-barang endorse-an.

Sekali pergi keluar, bisa nyetok beberapa foto endorse sekaligus. Awkarin yang foto-foto di mana aja, ganti baju dan makeup di mobil. Niat gila, emang. Tapi kak Pungky lebih milih buat pergi weekend-an di hotel sekalian staycation bareng suami. Nginep semalem doang, bawanya koper segede gaban. Demi instagram yang #aesthetic, cyin.

Selama staycation itu, doi foto-fotolah yang banyak buat nyetok foto feeds seminggu. Tentu saja kak Pungky ganti-ganti baju dan makeup biar followersnya nggak bosen liat baju yang itu-itu doang. Barang endorse di-absen, ga boleh ketinggalan. Yak, bawa koper segede gaban itu bukan berarti mau pergi jauh, gengs.


Karena sekarang udah banyak banget orang yang nge-vlog, agak susah emang di-notice sama masyarakat luas. Saran dari kak Haykal Kamil, kalau kamu mau ngevlog ya kamu harus mulai dulu. Kamu nggak usah pikirkan dulu apa konten yang bagus buat videomu. Menurutnya, learning by doing itu jauh lebih asik.

Along the way, kamu akan menemukan hal yang menarik minat kamu dan akhirnya bisa jadi fokus konten kamu. Yang paling penting sih, kamu harus jadi unik. Cari sudut pandang yang orang lain mungkin gak pikirkan, dan jadilah berbeda.

Waktu kemaren kan lagi rame-ramenya konser Coldplay, tuh. Banyak lah orang yang nge-vlog tentang Coldplay, nonton konsernya. Tapi kak Haykal mikir, kalau cuma nge-vlog pas konser aja, ya apa bedanya gua sama orang lain? Akhirnya he decided buat nge-vlog tentang perjalanannya ke konser Coldplay. Semuanya.


Bikin konten itu memakan waktu dan energi. Gimana caranya biar kita dapet keuntungan dari Blog/Vlog?


Bang Aswi: "Jangan dulu berpikir tentang pendapatan. Selama kita ikhlas ngeblog dan ngevlog, rejeki itu sebenernya ada. Tapi ikhlasnya juga ya, jangan yang setengah-setengah. Harus disertai usaha kita yang bikin konten bagus. Lama-lama orang juga akan tertarik buat kerjasama dengan kita."

Haykal Kamil: "Dibanding Adsense, menjalin kerjasama yang baik dengan brand itu jauh lebih menguntungkan. Dan rejeki itu nggak selalu berupa sejumlah uang. Dikasih barang-barang endorse juga itu udah materi, loh."

Kak Pungky: "Ya, nggak selalu berupa materi dan barang sebenernya. Aku pernah dapet rejeki diajak jalan-jalan sama JNE. Gratis. Ya itu juga keuntungan, kan?"


Di era visual ini, penting nggak sih seorang blogger mulai bikin vlog?


Haykal Kamil: "Penting, soalnya vlog ini lagi marak dan bisa jadi nilai jual."

Bang Aswi: "Saya juga udah mulai nge-vlog sebenernya. Tapi karena saya basicnya blogger, vlog itu jadi sebuah pembuka atau penutup di blogpost. Biar kalau cerita di blog nggak nanggung, ada visualnya juga. Pembaca termanjakan."

Kalau aku, nggak usah ditanya lah. Aku emang udah niat banget pengen ngevlog, dan udah berhasil upload video sebulan sekali. Tapi dua bulan belakangan ini aku sibuk sama dunia nyata―kampus, organisasi, tugas, kesehatan.

Aku nge-MC ini aja sehari setelah terakhir kontrol luka operasi ke dokter. 😂

Apa peran JNE untuk blogger?


Kak Pungky: "Sebagai blogger yang tinggalnya di antah berantah jauh dari pusat peradaban, aku sering dikirimin paket dari luar kota.Paket-paket itu sensitif banget, karena kadang aku juga dapet paket kotak kayu yang isinya gadget. Dan aku tuh selalu periksa dulu barang-barang kiriman brand sebelum kurir JNEnya pergi. Saking seringnya dapet kiriman, udah sohib bangetlah sama kurir JNE sini."

"Kalau nggak ada JNE, kita nggak mungkin bisa foto produk dengan ciamik. Kualitas dan keutuhan produk itu nomer satu, sis. Di sinilah JNE berperan sebagai perantara brand ke blogger, mengantarkan barang review dengan utuh."

"Kita juga nggak perlu parno dan menerka-nerka paket udah nyampe mana. Karena JNE sekarang udah punya aplikasi MyJNE yang bisa kamu download di smartphone kamu. Tracking jadi lebih mudah karena tinggal masukin nomer resi dan cek updatenya semau kamu."



Empat pertanyaan itu udah cukup merangkum inti dari kopdar blogger kali ini. Sebenernya, yang kita obrolin malah lebih banyak dan lebih seru lagi.

Kamu ikut datang ke acara ini juga, nggak? Kalau belum sempat gabung, semoga nanti JNE bisa bawa kak Pungky dan kak Haykal Kamil ke Bandung lagi dengan audiens blogger yang lebih banyak!

Dan untuk acara ini juga, sebenernya aku punya beberapa footage video bareng kak Pungky dan kak Haykal Kamil. Tapi sekarang, videonya masih dalam proses editing, jadi tunggu ya!

Thanks for reading!
 ―❤, Safira Nys

4 comments:

  1. Ooooh jadi rahasia di balik foto-foto kece Mak Pungky? 😄😄 Thanks for sharing Firaa, can't wait to attend JNE event this upcoming Friday! ^^

    ReplyDelete
  2. Kalo blogger laen biasanya mungkin cuma pamer "eh gua jadi MC lho, ketemu sama seleblog A dan B lho", terus post foto-foto bareng mereka, that's all. Dan gua biasanya agak males bacanya, kayak ga dapet apa-apa gitu. Tapi kamu berbeda, Nys. Ga cuma cerita soal pengalaman kamu, kamu juga banyak berbagi tips soal ngeblog yang kamu dengar hari itu, jadi kita-kita yang ga ikut datang ke acaranya bisa ikutan belajar banyak hal. Terima kasih banyak ya, Nysa. Postingan kayak gini sangat berharga banget buat blogger yang terdampar di antah berantah dan ga ada kesempatan untuk ikut event-even ngeblog seperti gua hehehe.

    Btw, dua minggu lagi gua pulang ke tanah air nih. Tar abis Lebaran, kita cari kesempatan kopdar lagi yuk =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terdampar :')

      Kalo kak Pungky pas lebaran mudik ke Bandung mah kopdar bertiga yuk! Realisasikan lah ketemu bertigaaa haha 😂

      Delete
  3. Menjadi seorang blogger tidaklah semudah itu, Anda harus sangat kreatif saat Anda mengalami hal-hal aneh atau menemukan sesuatu dalam pikiran Anda.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES