Wednesday, July 5, 2017

Wiki Koffie - Braga (Bandung)


Sekalinya suka sama satu tempat, Zaeni pasti ketagihan ke tempat itu lagi. Waktu bulan puasa, aku iseng ajak dia jajan dessert di Wiki Koffie, Braga. Lah udah lebaran, dia masih aja craving desserts di Wiki Koffie.

Sebagai warga yang tumbuh tapi nggak besar di Bandung, aku belom nggak sesering itu nongkrong di Wiki. Pertama kalinya ke Wiki aja buat kopdaran sama Om Keven tahun kemaren. Ya lagian gimana mau sering juga, Wiki jauh dari rumah. Dari rumah nenek juga.

Dari aku emang jauh, tapi kalo kata Zaeni sama Willy mah, Wiki ini halaman apartemen😂

Udah tiga kali jajan di sini, tapi baru kemaren pergi bareng Zaeni, kak Alwin dan Abang yang paling tua bisa sempet foto-foto sambil nongkrong. Akhirnya bisa review juga! Ahaha.

Suasana



Daripada siang-siang, ternyata Wiki lebih asik malem-malem! Kalo siang di Wiki nggak nyalain lampu. Yaiyalah, hemat listrik. Tapi jadinya cenderung gelap. 

Kalau malem, dari luar ini Wiki keliatan anget banget. Di perempatan Jl. Braga-Lembong yang dingin dan gelap macam lautan, Wiki ini udah kayak mercusuar, gengs. Apalagi di jalan sebrangnya ada Braga Landmark, bangunan gede yang suka dipake pameran. Dipake pameran sih rame, tapi kalo lagi sepi, serem! 


Aku seneng Wiki ini rame banget sama hiasan-hiasan dinding. Hiasannya macem-macem, dari quotes, gambar, sampai ceboran tanaman kecil yang digantung. Kesannya jadi rame dan welcoming. Kalo ngga ada bahan obrolan bisa tiba-tiba ngomongin hiasan dinding, lol.

Lampu di Wiki ini juga digantung. Selain biar keliatan banyak hiasan, menurutku ini salah satu cara ngakalin biar terangnya asik. Langit-langitnya cukup tinggi, kalo pake lampu biasa, harus yang wattnya tinggi biar terang.

Ya gapapa lampu aja yang digantung. Hubungan kita jangan. #loh

Fasilitas



Waktu maen ke Wiki bareng kakak kakak sepupu itu hari Minggu, sekitar jam 22.00. Yang bikin kaget adalah di Wiki ada live music! Aku juga gak tau live musicnya ada jadwalnya ato nggak. Karena aku nggak tiap minggu ke sini, lol.

Kalo kamu kesulitan pasang password Wifi, akang teteh waitress di sini dengan baik mau bantu kamu buat sambungin ke WiFi. Yang bikin bingung, akang tetehnya pada pake baju casual macem pengunjung. Jadi kalau mau nyirian waitress teh harus liat aja di sakunya ada notes dan pulpen atau nggak. Tapi biasanya mereka janjian per dresscode kok, contoh: monokrom, batik, dll.

Wiki ini tempatnya emang gak gitu luas, tapi penuh terus. Agak sedih juga toilet dan wastafelnya cuma satu, jadi ngantrinya bisa lama.

Karena tempatnya cukup terbuka dengan banyak jendela kaca dan pintu, wiki ini nggak pakai AC. Mereka pakai kipas angin, dan dinyalakan seperlunya. Da Bandung mah tiris atuh euy. 

Makanan/Minuman



Oreo Cheesecake
  Rp20.000

Cheesecake di Wiki adalah Cheesecake terfavorit aku sama Zaeni dibanding Cheesecake murah lainnya di Bandung. Cheesecake lain cenderung letoy dan creamy. Cheesecake Wiki konsistensinya lebih padet, tapi nggak mengurangi identitas keju di dalamnya.

Kebanyakan Cheesecake lain yang punya varian macem-macem juga cuma cheesecake tok, dengan topping varian di atasnya. Cheesecake bervarian di Wiki ini enggak. Yang oreo ini aja, oreo-nya ngga cuma ada di atas cheesecake tapi beneran ada di dalam cake. 

Meskipun ukurannya sedikit lebih kecil dibanding Cheesecake lain, but this is worth it!

Kiri ke Kanan
Kopi Aceh Gayo (dengan cookies dan gula terpisah)
  Rp19.000

Belom pernah nyobain kopi aceh gayo. Menurut aku, kopi Aceh Gayo ini acidity-nya tinggi banget! Nggak rekomen buat kamu yang punya maag dan gak kuat kopi. Yang aku gak suka, ampasnya banyak. Aku prefer manual brew yang gak nyisain ampas macem di Kunst, deh. 

Jumbo Iced Thai Tea
  Rp13.000

"MURAH BANGET ANJIS" - Zaeni, 2017

Di kampusku, ada mahasiswa Thailand yang jualan Thai Tea. Menurutku, rasanya nggak jauh sih. Cuma di Wiki, rasa teh-nya terlalu pekat dibanding Thai Tea deket kampus.

Jumbo Iced Coffee Milk
  Rp13.000

Nggak sempet nyobain karena yang pesen ini abang! Tapi keliatannya enak, sih. 

BBQ Chicken Burger
  Rp25.000

Roti Burgernya nggak kayak di tempat lain yang empuk empuk aja. Roti di sini garing di luar lembut di dalam, macam wafer merk sebelah. LOL. 

Saos BBQnya standar, tapi bumbu di atas sayurannya bikin nendang. FYI, sayurannya shredded. Bukan lembaran selada atau potongan tomat. Sepertinya sih shredded carrot dan timun. Aku juga gak gitu perhatiin karena udah lapar!

Kejunya eleh, enak banget. Perkiraan aku sih ini keju dimasak bareng sama patty-nya di atas panggangan. Yang kurang enak dari burger adalah patty-nya yang agak overcooked, jadi agak pait gituloh.

Wedges di sini sebenernya ada tiga potong, tapi ya karena pergi sama cowok semua.. Mereka mana tahan diem aja liat makanan saat laper. Overall, this was worth the price!


Chicken Wings + Nasi (Blackpepper sauce)
  Rp25.000

Wiki ini meskipun namanya cafe tapi ga pelit nasi! Wiki ngertilah orang sunda mah ceunah kalo belom makan nasi teh belom makan namanya. Ngopi wungkul.

Blackpepper sauce-nya nggak nyegak, rasanya pas. Ayamnya ada dua potong sayap besar, dipotong lagi jadi empat. Dagingnya matang sempurna.


Hot Chocolate Marshmellow
  Rp15.000

Foam-nya tebel banget! Not really a fan of foam but I find this amusing. Kalo foamnya nggak tebel juga kayaknya marshmellownya bakal tenggelem.

Some of cafe ngasih susu coklat kental manis when we ordered hot chocolate. But Wiki know their things! Ini beneran cokelat panas dicampur sama susu dan dikasih Marshmellow di atasnya. Enak banget diminum pas lagi dingin-dingin.

Overalll


This place is just awesome. Tempatnya welcoming, sekelas ruang tamu rumah temenmu yang sering banget kamu singgahin. Rasanya akrab, menyenangkan, dan kamu tahu kamu bisa kembali ke sini kapan aja kamu mau. Sesering mungkin! Rate: 8/10!

What to improve: kecepatan kasir melayani yang mau bayar. Lebih enak bayar minta bill-nya aja, karena kasir masih input menu satu persatu ke layar buat ngejumlahin. Jadi agak lama. 

Bonus: Kemaren aku ke sini masih suasana lebaran. Setelah bayar, unexpectedly, aku disuruh ambil tiga amplop THR. Lumayan, dapet total Rp50.000. Hemat, cuy!


Kapan dong aku ke sini.. sama kamu? 😝

    Wiki Koffie
    Operational hours: 12.00 to 24.00
    Jl. Braga no. 90
    Instagram: @wikikoffie

Thanks for reading!
―❤, Safira Nys.

4 comments:

  1. nanya dong, menu oreo borneo masih ada gak? itu favorit aku dulu, waktu wiki masih pojokan doang. btw, udah lama gak ke wiki, udah berubah banget lah :D

    ReplyDelete
  2. Astaga kok murah ya, nanti kita kopdar di sini apa, Fir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya dong. Deket pula dari stasiun. Boleh~

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES