Tuesday, October 8, 2013

Mimpi Kawancut - .S.P.A.C.E. INTERNATIONAL EDITION RELEASED!

HAAAAAAAALOOO SEMUAA *Teriak pake TOA*

Nggak kerasa aja ya, udah tua begini. Udah 22 tahun, mbak :') Selama 22 tahun di dunia ini, aku bersyukur banget tentunya sama Allah yang udah ngasih banyak kesempatan di hidup, baik itu kesempatan jadi khilaf, kesempatan masuk grup blogger Kancut Keblenger, kesempatan mabal sekolah, kesempatan bikin video aneh, kesempatan nyari wangsit.. Pokoknya banyak banget, dan kalo ditulis satu-satu aku yakin ini post kalo di ubah ke .doc bisa nyampe 22 halaman. Jadi setahun satu halaman. #Okesip

Udahlah, aku sekarang mau ceritain yang asik asik aja. Siap-siap tereak ya~~

Gambar atas: @Shaacchan, gambar bawah @jakurr
Jadi, ini adalah buku .S.P.A.C.E. yang versi Internasional. Best seller juga, alhamdulillah. Kalau kalian tanya kenapa cover-nya pake sketch tangan? Terus difoto? Terus diedit, bukan coloring? Kenapa enggak dijadiin gambar digital aja?

Karena gambar digital itu udah terlalu mainstream.

Karena aku pengen punya sesuatu yang beda. Biasanya sih, kalau bikin cover buku pake foto, itu tandanya udah keluar filmnya. Nah ini juga sih, alesan yang kedua. Pengen banget bukunya dijadiin film. Sebenernya udah ada yang nawarin, produser luar negri. Dari Jepang, Genjiro Arato-san yang memproduksi film Zigeurnerweisen. Beliau ini hebat banget, karyanya diakui dan dapet banyak penghargaan. Meskipun umurnya udah 75 tahun, tapi beliau masih segar, kuat dan punya kreatifitas tinggi!

Sayangnya, aku tolak penawaran itu. Hontouni gomenasai, I really appreciate you, Genjiro-sama, tapi aku pengen film ini diproduseri sama orang Indonesia. Pengennya sih, dari anggota Kancut Keblenger juga. Kenapa? Karena ide dan segala tetek bengek buku ini juga dibantu sama salah seorang kawancut, jadi biar lengkap. Ide buku dan segala macem dari kawancut, eh pilemnya juga dibikin kawancut. Kalo bisa, aktornya juga kawancut. Nanti kalau sukses pilemnya bikin Kancut Keblenger production house deh, kan udah punya modal gede ~~\o/

Oke. Kita bahas dulu ide awal mula bikin ini buku, sampe sinopsis bukunya. Siap-siap pegel mata, bro!

Of course, I want to thank Kancut Keblenger for making me meet with @jakurr.

Jadi, pas tahun 2013 gitu pernah diadain kopdar regional Bandung.

Credits to: Kancut Keblenger
Yang mana di sana kita gila-gilaan, belajar fotografi, lari-lari, belajar phobia duit, sampe poto-potoan gajelas. It was an unforgetable banget, bikin ketagihan dan pengen ngumpul terus sama all these creepy peoples. Okay, I'm kidding with that creepy. Tapi beneran, asiknya mampus. Kayak kalo lagi naik gunung, persediaan air abis, terus tiba-tiba nemu mata air.. Seger!!

Keesokan harinya, I decided buat ngeliat blog anak-anak regional bandung. Rata-rata pada artworker dan semacamnya gitu sih. Tuh. Ada teh Ririz, Teh Uti, Om Parid, Ka Jakur, Om Udin.. Semuanya bagus-bagus sih, lucu-lucu. Tapi enggak tau kenapa, suka aja sama artworknya Ka Jakur. Sampai ceritanya, aku jadi nge-Oshi-in Ka Jakur dan diledekin Teh Ririz. "Ih Fir, apaan sih kamu oshiin Jakur, ga lepel! Akumah mau oshi-in om-om overture aja..."

Mulai ngaco.

Singkat cerita, suatu hari di bulan September 2013 (atau Agustus, lupa .-.)  aku mimpi aneh, pake banget. Kayaknya ini wangsit atau semacamnya, nggak tau juga. Ceritanya aku lagi jalan-jalan di suatu mall gitu, abis jajan-jajan unyu. Ternyata pas keluar mall. Wow. Ini jalan dimana, kok vintage banget. Jadul, gitu. Jalannya paving block persegi panjang semua, mana bangunannya kayak jaman inggris jadul gitu deh. Jalannya nggak kotor kok, bersih. Paving blocknya warna broken white, semi keabuan. Ah, pokoknya ga kegambarin deh. Kalau mau tau, ikut ke mimpi aku aja. Di 7 tahun yang lalu~~

Source
Tapi kalau susunan gedung dan gangnya, mirip-mirip gitu. Ya, di mimpi aku. Bedanya warna doang. Gedungnya juga warna broken white. Tapi semu kecoklatan. Jalannya kan, enggak gitu. Ahuehuehue.

Terus apa hubungannya sama Ka Jakur? 

Aku jalan terus sampe nemuin simpang lima yang di tengahnya ada air mancur gitu. Tau-taunya, dari kanan ada yang lewat gitu naik sepeda, ada kurang lebih lima orang gitu. Aku peratiin salah satunya ada Kak Jakur. Eh ngapain ada Ka Jakur? Mimpi aku jadi sempit dong, kan badan kaka gede banget :( Dia melengos aja lewat gitu sama temen-temennya. Yaudah aku jalan lagi.. Sampai nemuin alun-alun yang lucu, banget. Saking lucunya susah ngedeskripsiinnya. 

Eventually, I found an arrow. Eh, dua, deh. Yang satu nunjuk ke arah selatan, tulisannya Serang. Yang ke utara tulisannya Bandung.

KENAPA YA ALLAH KENAPA??! AKU SEKARANG ADA DI MANA?!

And I found a lift. Tulisannya Bandung. Ada petunjuk-petunjuknya gitu. Aku masuk ke lift yang ada sticker 'Ladies and Kids' dan berharap keluar di teater JKT48 show khusus Ladies&Kids. Ternyata, Liftnya bergerak ke bawah. Wow. Pintu lift terbuka, dan... A place underneath a place. Placeception, enggak juga sih. Ini, Kota Bandungnya di bawah Kota.. Serang. Dan kota Serang kalau dibandingin sama Kota Bandung di sini, bedanya kayak Windows 95 sama OS Mountain Lion. Perumpamaannya kayak gitu.

And finally I woke up from my dream.

Enggak ngetroll, emang ceritanya begitu. Sebenernya, abis solat subuh mimpi lagi. Tapi karena cerita mimpinya lebih panjang, (mimpinya nyambung, bro. Gak bohong.) kita langsung ke.. curhat ide cerita.

Mau cerita ke siapa lagi kalo bukan Ka Jakur? Dia satu-satunya yang aku bisa kenalin wajahnya di mimpi. Yaudah. Langsung cerita bla bla bla seadanya. ya dia bilang mimpiku keren. Tapi aku ngerasa mimpiku aneh. Lagian ngapain ada kota di bawah kota. Ada juga sih, kota di bawah gunung, macem City of Ember gitu. 

Suddenly aku kepikiran mimpi aku yang pengen banget jadi penulis novel. Novel sci-fi campur aduk serba ada yang keren, macem Supernova-nya Dee. Karena novel sci-fi itu butuh banyak eksplor pikiran, imajinasi dan sebagainya, aku belum bisa menggarapnya sendiri waktu itu. Then I send a letter to Ka Jakur. Surat, iya surat. Bukan e-mail. Karena di surat itu aku nge-attach sketsa gambar buatan tangan dan sebagainya. Lagian, feel baca surat yang ditulis pake tangan, sama e-mail kan beda. Kita lebih bisa bawa orang masuk ke dalam tulisan kita, gitu. Dan project ini masih berjudul 'Dream project' waktu itu.

@jakurr

Penyelesaian buku ini butuh waktu yang lama, 4 tahun. Karena banyak pemikiran dan imajinasi yang dibutuhkan. Dan wangsit yang ditunggu. Iya, kebanyakan yang ada di novel ini aku ambil dari mimpi aku. Tentang kota itu. FYI, kedua kota itu akhirnya punya nama. Yang dulunya Kota Serang, Jadi Kota Auka. Yang dulunya kota Bandung, jadi Kota Tahta. Kalau kalian pernah belajar bahasa Arab, kayaknya bakal ngerti kenapa dinamain begitu =))

Kita bahas bukunya, ya.

Versi Indonesia
Berkisah tentang gadis kecil yang bernama Ririn, salah satu penduduk kota Tahta. Di suatu hari, Ririn merasa ada kejanggalan di sekitarnya. Mengapa orang di sekelilingnya berkomunikasi lewat hologram saja? Mengapa pekerja di kota Tahta adalah robot? Mengapa Ibunya tidak ingin diajak bercerita dengan kontak fisik? Ia merasa jenuh dengan semua yang ada di kota Tahta.

Tanpa sepengetahuan Ibunya, Ririn pergi ke kota Auka. Pada saat itu, Ririn masih duduk di kelas 6 SD, dan itu adalah kali pertamanya pergi ke kota Auka. Adalah terlarang bagi anak di bawah umur pergi ke kota Auka sendirian. Namun Ririn tidak peduli, ia tetap bersikeras pergi. Berbekal ransel dan hoodie besar, Ririn menanggalkan perangkat dasar hologram-nya dan pergi meninggalkan rumah. Sebenarnya ia merasa gentar, namun tekadnya lebih kuat daripada itu.

Di kota Auka, Ririn tiba-tiba bertemu dengan laki-laki bertubuh gempal, yang mengenalkan dirinya sebagai Nazira. Pada awalnya, Ririn dan Nazira tidak saling cocok karena bahasa mereka agak berbeda. Di kota Auka, semua orang berbahasa non formal. Sedangkan di kota Tahta, semuanya memakai bahasa formal, yang banyak menggunakan serapan bahasa asing. Lama-kelamaan, mereka bisa saling mengerti satu sama lain. Mereka mengatur pertemuan mereka, agar tidak saling melupakan. Banyak hal yang mereka lakukan bersama. Yang paling mereka sukai adalah menjelajahi kedua kota tersebut.

Suatu hari, mereka pergi ke menara yang menjadi maskot kota Auka. Menara tersebut seperti setengah potong bagian bawahnya. Mereka tidak mencurigai apapun, dan hanya masuk ke sana. Tanpa disengaja, Ririn berlari ke arah lorong terlarang. Belum sempat Nazira mencegahnya, Ririn berteriak. Ia menemukan kunci kedua kota tersebut.

YEEEEEE SINOPSISNYA TAMAT!

Pokoknya makasih banget semuanya yang udah dukung aku sampe detik ini, bisa bikin buku kayak gini. Makasih juga partner-in-imagining yang udah mau direpotin, keluar biaya buat kirim surat. Makasih buat semua yang pernah aku pinjem laptopnya. Makasih buat yang ngedoain project ini cepet beres. Makasih buat percetakan yang alhamdulillah mau mencetak buku ini berjuta-juta kopi. MAKASIH!

---------------------------------------------------------------------------------------------

Post ini dibuat dalam rangka berpartisipasi di ajang #MimpiKawancut yang diadain komunitas blogger terkece sedunia, Kancut keblenger. Doain aja jadi kenyataan ya! Sorry for long post! Nih, ada bonus. Poto partner-in-crime.

Credits to KK



27 comments:

  1. Wah wah wah, cover bukunya anti mainstream. Btw itu terlalu terang buk .__.
    tadinya gaktau itu gambar apa :3 tapi setelah liat gambar aslinya ternyata keren juga, boleh dong di pakek idenya :D

    Dan untung sekarang gue udah bisa bahasa ingris. Jadi bisa beli buku ver. internasional-nya :D

    good luck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja dibikin gitu, sih. Tanya saja pada editor xD

      Thaaankss :3

      Delete
  2. waahaha gambar digital belom terlalu mainstream kalik. lagian ini jaman digital, manual sekalipun kadang masuk digital dulu sebelom dicetak

    ReplyDelete
  3. Mulai dari cover, ide cerita, sampai surat-surat gue suka!, keren tuh. BTW, kalau sampai buku ini difilm'in, ajakin gue donk!. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :D
      oke, siap kok pasti entar dikoar-koarin di web KK :D

      Delete
  4. awal sempet gak ngeh sama gambar bukunya, setelah scrool kebawah baru tau deh itu gambar apaan XD
    btw semoga sukses buat mimpinya :)
    salam kenaaal

    ReplyDelete
  5. kalau saya editornya saya mau komenin layout covernya itu =w=)/
    bikin juga ah nanti~ hahah semoga sukses nak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. om yang bikin cover ya, kalo ada versi revisinya ahuehuehue

      Delete
  6. sinopsisnya keren loh xD cepet-cepet keluarin buku kedua ya wahaha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih! Iya nih banyak yang request ada lanjutannya :3 doakan bisa jadi kayak serial Sherlock Holmes...... (?)

      Delete
  7. Sangat ditunggu rilis novel futuristiknya.
    Yg kopdar di balkot datengnya super telat euy waktu itu.

    ReplyDelete
  8. berapa dolar harga novel Internasionalnya. mau dijual lagi di TokoBugas.com nih *eh

    gue juga lagi bikin film nih. film Thriler, yang main salah satu artis jepang. ini masih di Jepang untuk negosiasi. penasaran nggak?? gue sih nggak. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm sekitar $43an nih :p
      penasaran artis jepangnya.. siapa bro? Miyabi? Risa Naruse? #eh xD

      Delete
  9. gue mau ngeledekin gegara oshi-in jakur aja ah... cuhiyeeee #salahfokus
    bagus MBAK :'))

    ReplyDelete
  10. Tjie pira surat suratan.. yang waktu itu ya? xD

    ReplyDelete
  11. wah, kereeen, sekarang udah jadi penulis internasional, selamat yaaa, btw mau dong buku gratisnya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, iya baru kepikiran nih bagi-bagi buku gratis.. nanti adain kuis deh, nanti dikabar-kabari lagi! xD

      Delete
  12. wah col, cover bukunya anti mainstream banget.
    Semoga sukses bukunya, mimpinya bisa jadi kenyataan *amiin*

    Keep writing ya!! :))

    ReplyDelete
  13. Tulisan lu bagus kok, ceritanya sangat mendetail. Cover bukunya juga keren, keliatan banget lu liat bikinnya, hehehe. Semoga jadi kenyataan ya. Ditunggu lho bukunya!

    ReplyDelete
  14. Yang jelas ini orang yang bikin posting kreatif banget! gilaaaaaaaaaa... lanjutkan ceu :D hehe

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES