Tuesday, April 9, 2019

Skincare Routine untuk Kulit Sensitive Acne Prone (Berjerawat)

Kalau diingat-ingat dari jaman sekolah, sebenernya kulit aku memang udah acne prone dari sananya. Bukan cuma karena faktor eksternal seperti yang selama ini aku pikirin. Waktu SMP tuh aku pernah nyoba facial wash P0nd*s punya temenku, eh baru pakai sekali LANGSUNG KELUAR JERAWAT. Se-rawan itu sama jerawat.

Nah, ketika aku mulai kenal sedikit demi sedikit dunia per-skincare dan per-makeup-an, aku mulai coba banyak hal. Dan, banyak hal yang aku lakukan terlihat sangat bodoh dan ga perhatian sama kulit. Pake bb cream, tapi nggak dibersihin dengan tuntas. Pake bb cream terus jerawatan, tetep dipake. Pake skincare jadi tumbuh jerawat, nggak diganti. Malah pake masker sering-sering. 

Eh taunya maskernya keras, keseringan dipake jadi bikin kulit sensitif kaya sekarang. 


Jadinya ini kulit udah gampang jerawatan, sensitif, mudah berubah sesuai cuaca. Kalo aku kedinginan, kulit bisa kering sampai ngelupas. Tapi kalau cuaca panas, udah kayak kilang minyak. Kalau ditanya tipe kulit, sebenernya aku pengen jawab dengan: Tipe Ribet! Tapi nggak ada, dan aku bawaannya cenderung Acne Prone. So let's just take acne prone..

Meskipun belum berhasil bebas 100% dari bekas jerawat, seenggaknya kulitku mendingan. Itu yang paling atas kiri adalah kondisi kulitku yang terbaru. Skincare memang cocok-cocokan.. tapi nggak ada salahnya berbagi, kan? 

Sekarang aku mau kasih tau skincare apa aja yang aku pake belakangan ini. Lalu aku akan kasih nomor di setiap produk, itu bukan berarti urutan aku pakai skincarenya ya. Cuma biar jelasin produknya gampang aja. 

First Cleanser


  1. Bioderma Sensibio H2O. Sungguh kalau bukan karena ini adalah goodies di anniv BdgBB (+ yang sebiumnya), aku nggak akan punya ini sekarang. Aku suka pindahin ke botol kecil untuk dibawa travelling karena dia sangat lembut tapi powerful, bisa dipakai untuk bersiin makeup dan makeup mata. 
  2. Bioderma Sebium H2O. Sama-sama dari Bioderma, tapi fungsinya beda sama yang Sensibio. Baca di sini deh, apa bedanya. Aku lebih suka pakai ini sehari-hari untuk bersiin wajah pulang ngantor. Kalau males banget ga akan lanjut ke skincare selanjutnya, berhenti di sini HAHA. Jangan ditiruu!
  3. Corine de Farme Micellar Gel. First cleanser yang murah, karena isinya banyak banget dan cuma seratus ribuan. Nggak abis-abis rasanya, karena bentuknya gel juga. Nggak bersihkan wajah dari kotoran 100%, tapi oke oke aja untuk first cleanser mah. 
  4. Rivera Eye and Lip Makeup Remover. Ini remover khusus untuk kalau pakai makeup mata yang berat; eyelashes, maskara, eyeliner, eyeshadow berlapis-lapis. 

Second Cleanser


  1. Elshe Skin Acne Cleansing Wash. Ini adalah basic skincare aku, pokoknya facial wash yang selalu aku pakai dalam keadaan apapun. Ya karena tipe wajah mudah berjerawat, aku harus pakai facial wash khusus berjerawat buat mencegahnya. Baca review rangkaian Acne Elshe Skin di sini, ya!
  2. Althea Real Fresh Skin Detoxer Green Tea. Kulit aku emang ga bisa lah kotor dikit karena sensitif kan, jadi harus selalu di-detox pakai cleanser ini. This is a game changer! Aku biasanya pakai setelah keluar rumah. Jadi sekarang aku bisa ganti-gantian second cleanser. 

Toner



  1.  Elshe Skin Acne Refresh Toner. Toner itu fungsinya untuk menstabilkan kembali pH kulit wajah, biar kulit siap untuk nerima skincare selanjutnya. Toner dari Elshe Skin ini juga bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat.
  2. Hatomugi Skin Conditioning. Hydrating Toner terbaik, karena kayanya cocok untuk semua jenis kulit. Bikin kulit adem dan kalem. Kalau mau glowing, jadiin toner ini sheetmask setiap malem. Cuma 100rb an buat 500ml!

Serum dan Moisturizer


  1. Elshe Skin Radiant Skin Serum. Kata orang, serum ini bisa bikin noda hitam di wajah hilang. Tapi di kulit aku, ini serum kerjanya lambat sekali. Atau mungkin, noda hitam yang dimaksud itu bukan bekas jerawat, tapi semacam balas bogo atau flek? Ndak tau deh. Jadi aku belum review sampai sekarang meskipun aku pakai. Ahaha.
  2. Elshe Skin Smoothing Serum. Nah! Kalau kamu lagi cari serum untuk hilangin bekas jerawat, ini serum yang tepat. Serum ini punya Centella, jadi bisa mengembalikan kebugaran kulit setelah diserbu jerawat. Jerawat juga jadi lebih kalem! Suka banget pokoknya, padahal 2 mingguan pake ini~
  3. Avoskin Miraculous Refining Serum. Exfoliating serum yang bisa bikin lembab juga. Emang ajaib, seperti namanya. Coba baca review lengkapnya di sini
  4. Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial C-Serum. Ini namanya serum, tapi bentuknya kental dan teksturnya padat. Ternyata, fungsi produk ini adalah sebagai moisturizer. Aku udah pernah review di sini!

Sunscreen, Lipbalm, Acne Treatment


  1. Elshe Skin Daily Protection for Acne. Sunscreen yang biasa aku pakai sehari-hari kalau nggak banyak di luar ruangan. SPFnya 30, di batas wajar~
  2. L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh. Ini SPFnya 50, tinggi. Jadi aku nggak pakai sehari-hari, aku cuma pakai kalau lagi ada aktivitas outdoor aja. 
  3. Elshe Skin Lip Serum. Namanya Lip Serum, teksturnya agak cair. Aku udah pernah review lip serum ini sebelumnya di sini. Bikin bibir auto lembab dan lebih pluff gitu keliatannya. 
  4. Nuxe Lip Balm. Produk mahal yang dikasih juga, karena kapan sih aku pengen beli produk mahal? 🤣 Aku belum nemu cara yang baik dan benar untuk pakai lipbalm ini, pasti rasanya kaya ngelapisin bibir. Kalau dipake overnight sih, oke.
  5. Elshe Skin Acne Night Treatment. Spot treatment yang mengandung AHA BHA, perih banget sih kalau kena kulit. Bisa bikin jerawat mendem jadi ga keluar 

Masker, Acne Treatment 


  1. Lacoco Amazonian Charcoal Glow Mask. Baru aja kemarin aku review di sini! Aku suka banget sensasi dingin masker ini yang nggak aku temuin di masker lainnya. Efek ke kulitnya juga katanya bagus kalau dipakai rutin.
  2. Innisfree Real Peppermint Mask. Cocok untuk yang punya kulit berminyak, nah aku pakai ini untuk mengurangi minyak di wajah kalau rasanya muka udah lepek selepek-lepeknya. 
  3. Kleveru Deep Cleansing Mask. Seneng banget sama efek deep cleansing masker Kleveru, aku pakai kalo lagi ada jerawat. Jerawat cepet banget jadi kering dan isinya keluar!
  4. The Body Shop Tea Tree Oil. Ini adalah spot treatment untuk jerawat yang ada nanahnya, biar cepet kering. Beda jerawat, beda treatmentnya. 
  5. Laneige Water Sleeping Mask. Sebelumnya aku udah bilang kalau kulit aku tuh tipe ribet! Butuh banget hydrating mask kalau tiba-tiba kulit jadi kering. Padahal kulit aku berminyak. Ngakak ga sih.
And that's all my current skincare! Masih ada beberapa skincare aku di rumah yang ngga bener-bener aku pakai, jadi nggak aku list. Mungkin Skincare aku dalam enam bulan ke depan akan berubah, who knows? Kondisi kulit juga bisa berubah loh~

Kamu punya kulit kering atau kombinasi? Kebetulan blogpost ini adalah kolaborasi bareng temen-temen di Bandung Beauty Blogger. Cek postingan temen-temenku yang lain ya!



#Acne 
1. Safira https://www.safiranys.com/2019/04/skincare-routine-untuk-kulit-sensitive.html
2. Karlina http://www.misskarulina.com/2019/04/skincare-routine-for-acne-skin.html

#Combination
1. Fransisca https://www.impiccha.com/2019/04/review-daily-skin-care-for-combination.html
2. Rinda http://www.skilled-daydreamer.com/2019/04/skincare-routine-ter-baru.html
3. Alda https://fransinealda.wordpress.com/2019/04/07/review-skincare-routine-for-combination-skin/ 
4. Riesa https://riesasetiawan.blogspot.com/2019/04/akhirnya-lepas-dari-krim-dokter.html

#Dry
1. Ica : http://www.khhrnisa.com/2019/04/skincare-routine-kulit-kering-sensitif.html

#Sensitive
1. May Lily https://maygically.wordpress.com/2019/04/09/caraku-mengatasi-kulit-beruntusan/

Thanks for reading!
―❤, Safira Nys

16 comments:

  1. Aku juga acne prone dan sekarang masih di tahap pencarian skincare yang pas. Tapi satu yang udah pasti jadi holygrail aku tuh masker TBS yang Himalayan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu katanya bagus ya? Kalau yang Lacoco habis aku mau coba ah :3

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Syukurlah sejak kuliah semester 4 dan nemu facewash yang cocok aku enggak pernah jerawatan lagi sampe sekarang hehe

    Awesome review!
    Ngga panjang-panjang tapi yang penting kelebihannya udah bisa diketahui semua sekali bacaa

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Waah aku pengen cobain Hatomugi sama Lacoco deeh!

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES