Thursday, April 11, 2013

Trip to BOSSCHA :3

Yippieeeeeeeeeayyy. Udah lama ya ga post ._. Sudahlah, yang penting sekarang saya mau ngepost, bagi bagi pengalaman~
Siapa nih yang gatau Bosscha? Ada yang belum tau? Aku kasih alamatnya aja ya..


yaudah gausah protes =-= adanya alamat geografisnya doang :trollface: Serius, karena saya juga gatau pasti ini nama jalan--alamatnya dimana. Soalnya asli, jalannya nyungseb banget, gaada plang yang official gitu. Sayang, saya ga sempet foto jalannya. Yang jelas di Bandung Utara. Heup we. Ahehe. Plang Bosscha ini aja adanya di dalem. Seriously.

Yang mau study tour kesini pake bus, siap siap pegel kaki aja deh. Soalnya kan bus gaboleh masuk ke jalan nyungseb itu. Kemaren kan aku bareng sama yang study tour dari M.A. Al-Jawami, mereka pada jalan gitu, dari bawah, tempat parkir bus, ke Bosscha-nya. Lumayan lah ada 2 kilometer-an kali. Mana nanjak, lagi. Wasshoi pokoknya. Kalo balik dari Bosscha ke parkir bus sih rame. Mudun, jadi bisa lari lari :3

Tapi kalo bareng sama temen sih gaakan kerasa juga. Kemarin ada banyak yang poto-potoan dan segala macem. Dance di tengah jalan, nyanyi nyanyi. Ramenya ga kalah wasshoi! Makanya bareng sama temen lebih seru :3 Gak ada loe ga rame deh :3c

Eh aku juga ga sempet ngefotoin jalannya yang ijo-ijo gitu, anak Al-jawami kali aja ada yang sempet fotoin, boleh minta ya? :3

Iya, jalan yang nyungseb itu nanjak, belokannya banyak, tajem banget, gaada lampunya. Jadi temen-temen yang mau pada maen nyetirnya harus woles. Baaanget.

Dan penampakan yang akan kita lihat adalah~~


Pfft. Salah klik. Sorry ngiklan. Lol.




Ini dia yang aslinya :3 pada tau kan? Yang ga tau berarti ga lahir taun 90-an. Ya iyalaaaah ada di film petualangan Sherina gituloh :3 yang mau diculik itu, yang dikejar-kejar itu.. IYA YANG ITU :D

Wasshoi banget pas kedalem, ada akang-akang yang ngejelasin tentang Bosscha ini. Ini observatorium, bukan planetarium ya teteh-teteh, adek-adek. Jadi kalo observatorium, tempat buat neliti alias observe. Ya, mengamati aktivitas bintang gitu tuh. Beda sama Planetarium yang ada di Jakarta. Kalo planetarium, cuma dikasih simulasi ruang angkasanya aja. Kayak gene neh:

Source
Ada observatoriumnya? Ada ga? Gatau sih tapi kata akang-akang yang ngejelasinnya sih kaga ada ._. tapi gatau deh abisan belom pernah pergi ke yang di Jakartah ._.

Dan kawan-kawan.. Bosscha ini udah 90 taun loh umurnya. Ketje sekaleeeeh. Dan teropongnya itu..

*sengaja pake B&W biar kerasa jadoel~*
Ini juga udah 90 tahun. Beratnya sekitar 17 ton ._. Diameternya 1,2m. Dan.. bisa diputer-puter gitu ._. ke kanan, ke kiri... Dan atapnya juga bisa diputer pemirsah! Ke kanan, ke kiri.. Dan lantai tempat berpijaknya juga bisa dinaik-turunin sampe ke lantai dua-nya pemirsah! Ketje ga seh?

Emang buat apa sih diputer-puter naik turunin kaya gitu?

1. Teropong dan atap bisa diputer-puter, fungsinya ya biar kita bisa meneliti bintang yang di suatu tempat dengan leluasa. Misalkan kalo mau neropong bintang yang di selatan, sedangkan teropongnya di barat, kan ga nyambung kan ._. biar fleksibel, geetoh. Atapnya bisa ngebuka sampe 2m. (dulu aku ngiranya bisa kebuka sampe abis loh! ._.)

2. Lantainya bisa dinaik-turunin. Peneliti nggak semuanya tinggi. Kalau mau liat bintang kan, harus bisa pake teropongnya, masuk ke dalem kepalanya, biar jelas gitu. Jadi, fungsi lantai adalah untuk.. Peneliti yang kurang tinggi. Biar nyampe ngeliat teropongnye :3

Dan, ga banyak orang yang bisa liat pake teleskop gede dan naik ke lantai itu. Soalnya udah 90 taun! Takut roboh, kan. Cuman para peneliti yang dibolehin.. Dan emang udah gadibuka buat umum nih teropongnya. Sayang banget ya ._.

Tapi jangan kecewa, karena kita masih bisa liat bintang meskipun ga pake teropong yang jadi maskotnya Bosscha ini. Kemaren, karena orangtua saya emang rada kepo *ehhh jangan marah ya =))* jadinya nanya nanya ke akang-akang yang tadi ngejelasin di dalem~

Akang-akangnya yang pake kaos ama celana jins. Sisanya tebak ajalah :)
 Jadi kita bisa kesana sekitar April-Oktober. Kenapa? Ya tentu aja karena bulan-bulan itu langitnya cerah, ga mendung jadi kita bisa liat bintang. Bukanya dari jam 16.00 sampe malem banget. Tau deh jam berapa. Dan kita bisa liat bintang pake teropong yang kecil-kecil di sekitar Bosscha yang udah disediain penjaganya. Itu pun kalo beruntung dan engga mendung~

Masalah harga, saya juga kurang tau karena rasanya di sana gaada sistem ticketing gitu. Udah di bawah naungan ITB kali ya, jadi kita ga dikenakan biaya kalo mau liat. Tapi kurang tau juga, buat lebih jelasnya, tanya ke yang pernah family trip kesana ya :3

Ayah saya bilang: "Hebat ya, udah 90 tahun tapi masih utuh. Yang diperbaikin cuman sistem mekaniknya aja. Serba mekanik gaada yang digital."

Bunda saya bilang: "Iya. Ilmuwan jaman dulu kepikiran gitu ya bisa naik-turunin lantai, muter-muterin baja yang gede."


Saya bilang: "Sekarang jaman digital. Serba instan. Ilmuwannya juga gitu. Padahal, kebanyakan yang digital sama yang instan-instan gitu malah cepet rusak. Sayang banget."

Penasaran? Ayo ke BANDUNG! <3
:3c

14 comments:

  1. kereeeen! pengen deh. tapi jauh :|

    ReplyDelete
  2. *kemudian muter pelem 'Petualangan Sherina'*
    #salahfokus
    #teamSalahFokus

    ReplyDelete
  3. gara-gara film Petualangan Sherina jadi pengen ke sono tapi gak kesampean -__-
    "langsung dengerin lagu Sherina yang Bintang"

    ReplyDelete
  4. ayoo ajak aku ke Bandung, bayarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya udah kerja sih boleh boleh aja dateng sini tar aku bayarin :3

      Delete
  5. gue bisa narik kesimpulan:

    ternyata berkunjung di Bosscha, bukan bisa liat bintang. tapi dapetnya malah botol aer. gue rasa bumi hampir kiamat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas itu akunya aja yang salah pokus mas -w-
      tapi dikasitau kok tentang teleskopnya :3 tapi bisa liat bintang kalo malem malem mah :D

      Delete
  6. sugoi!!!! aaaa pengen kesanaaaaa :O

    btw salam kenal ya :3

    ReplyDelete
  7. Wahhh jadi kangen Bosscha.. terakhir kali kesana pas olimpiade di bandung hampir 2 tahun yang lalu...

    ReplyDelete
  8. dari jaman kecil nonton sherina sampai sekarang belum kesampaian juga ke bosscha,
    btw jadi inget masa2 romantis sherina dan derby romero awawaw :3

    ReplyDelete
  9. wah, mudah-mudahan nanti juga bisa ke Bosscha. :)

    ReplyDelete
  10. Baru baca-baca nih, kak. Jadi pengen ke Boscha... tapi jauh....... :|

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES