Saturday, August 11, 2012

Engkaulah Bintang Itu - Alwin Muhammad Reza

Ketika malam datang mengelam menghempas segala cahaya kehidupan, ia datang tuk menerangi di dalam kelam. Ya sahabat, jika kita lihat malam walaupun kelam namun tetap indah dengan sejuta bintang benderang. Menerangi gelapnya langit malam, menjadi penghias tersndiri dalam kegelapan. Sungguh indah penciptaan Allah ini. Ia menjadikan mentari sebagai lampu kehidupan di siang hari, dan Ia menjadikan bulan dan bintang sebagai penerang di dalam malam.

Sahabat, tahukah engkau kenapa bintang itu terang ?? Adanya teori yang mengatakan bintang menyala karena tumbukan partikel akibat gravitasi yang besar mengakibatkan terjadinya pembakaran luar biasa, sehinggta terang, adanya pantulan dari matahari dsb. Tapi sebenarnya jawaban mendasar (jawaban anak TK) kenapa bintang itu terang dan terlihat karena adanya malam. Ya, bintang ada dan bersinar karena adanya malam.  

Manusia mana yang tidak mempunyai masalah ?? setiap manusia memang mempunyai masalah, terlepas ia mau mengakuinya atau tidak. Bahkan terkadang manusia itu sendiri yang menjadi sumber masalah. Tapi sahabat, masalah yang menimpa itu bisa menjadi ujian ataupun musibah, bahkan azab dari Allah SWT.

Ada orang yang dengan ditimpanya masalah ia menjadi stress bahkan depresi, bahka ada yang sampai bunuh diri, Naudzubillah. Namun boleh jadi ada orang yang justru dengan ditimpanya masalah ia malah menjadi pribadi yang lebih baik dan besar. Ini semua tergantung bagaimana menyikapinya.


Salah satu hakikatnya hidup ini adalah rangkaian maslah. Masalah yang bisa jadi ujian, ataupun jadi musibah. Masalah itu akan menjadi ujian ketika kita berhasil menghadapinya dan akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih besar lagi. Namun masalah itu akan menjadi musibah jika kita cenderung lari dari masalah tersebut. Maka ketika masalah itu datang hadapilah, carilah solusinya, maka engkaupun akan lolos dari ujian kehidupan ini dan berevolusi menjadi pribadi yang lebih baik.
 
Tapi sahabat, jangan jenuh dengan maslah yang akan terus melanda ini. Karena kala kita dapat menyelesaikan masalah yang satu, dan kita berevolusi menjadi lebih baik maka akan dating masalah lain yang berkapasitas lebih besar namun akan menjadikan kita lebih baik dan besar lagi dan sebelumnya. Ibarat sebuah game, awal perjalanan kita belum mempunyai senjata apapun, tapi ketika berhasil melewati level 1 maka kita akan mendapat senjata baru dan lanjut ke level 2. Di level 2 kita akan menemukan musuh yang lebih besar, namun di level 2 ini setelah kita menghadpi rintangan dan berbagai musuh kita akan mendapat persenjataan baru bahkan jubah baru yang membuat kita makin besar dan kuat yang membuat kita pantas menuju level 3. Lanjut level 3, level 4 dst., sampai akhirnya kita sampai pada akhir games. Kita telah mendapatkam banyak persenjataan dan jurus serta hal-hal baru yang akhirnya membuat kita besar dan layak memenangkan pertandingan di games ini. Sampai akhirnya kita menang dan pantas mendapatkan hadiahnya.

Ya, kehidupan kitapun tidak terlalu jauh dengan games tersebut. Awal hidup kita tidak memiliki apa-apa, tapi seiring berjalannya waktu kitapun mendapat banyak hal baru dan pantas menuju level selanjutnya. Di level itu kita akan mendapat masalah dan rintangan tapi kala kita bisa melewatinya maka kita pantas menjadi pribadi yang lbih besar dan menuju level selanjutnya. Makin kita besar maka makin sulit rintangan dan ujian yang harus kita hadapi. Tapi percayalah, jika kita bebruat terbaik dan tidak melanggar peraturan-peraturan permainan kita bisa terus menghadapi berbagai masalah dan memenangkan pertandingan sampai lanjut pada level selanjutnya, dan akhirnya menjadi pemenang. Sampai pada akhirnya kita mencapai finish dari “permainan” kehidupan kita, yaitu kematian. Dan kita akan di hadiahi tempat terindah dariNya, yaitu syurga.

Namun jika kita lemah dan tidak siap mengahadpi rintanagn tersebut bisa saja kita game over di tengah permainan, jangankan ahdiah terindah. Finish yang indahpun tidak pernah kita capai. Maka dari itu sahabat, siapkanlah dirimu untuk menghadapi berbagai tantangan besar. Karena orang besar akan ditimpa masalah besar, dan masalah besar itu akan datang pada ia yang berjalan menuju kebesaran.

Yakinlah masalah yang kita hadapi sesuai kapasitas dan kemampuan kita. Karena Allah memberikan ujian sesuai kadar kemampuan kita dan kepantasan kita bagi ujian tersebut. Ujian tersebut akan membuat kita lebih baik dari sebelumnya. Dan ingat, Allah akan selalu ada untuk menoong kita karena pertolongan Allah itu sungguh dekat,

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat. (QS.2:214)

Sahabat, masih ingat dengan teori bintang tadi. Bintang akan menunjukan sinarnya, akan terang benderang dalam terpaan kelamnya malam. Begitu pula dengan kita, kita akan terang benderang, kita akan menjadi bintang dalam kelamnya selimut masalah yang mendera kehidupan kita. Maka bersyukurlah ketika ujian itu datang, karena ia akan menjadikanmu bintang. Sampai pada akhirnya kita akan berevolusi pada fajar menjadi mentari yang senantiasa memberikan syuro manfaat bagi kehidupan semesta.

Wallahu’alam    

No comments:

Post a Comment

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES