Wednesday, July 31, 2013

Mereka BUKAN Penyihir ataupun Peramal!

Hello guys, bulan ramadhan udah berjalan lebih dari setengahnya tapi rasanya aku belum posting apapun yang berhubungan sama ramadhan ini. Karena aktifitas di awal bulan ramadhan pas libur itu, sama sekali biasa aja. Cuman buka bersama aja, kegiatan di luar rumah itu.

Well, berhubung dua minggu kemaren aku ada di asrama dengan beberapa kegiatan yang ngebugang banget lumayan agak rame-rame gitu, anti mainstream, bisa deh ya dibahas dulu disini :v

Kalian pernah liat kalender macem beginian gak?


kalo ada yang mau pake, pake aja gapapa. Save as juga boleh, meskipun cuma buat iseng :p

Kalender 200 tahun! Ajaib banget gak sih?
Atau, pernah gak liat yang kayak gini?


Udah memprediksikan ramadhan, syawal dan sebagainya! Keren gak sih?

Ini bukan ngeramal.. Ini dicari pake itungan. Itungan apaan sih?
Bukan, bukan kalender suku maya kayak di anime-cartoon Avatar: The legend of Aang.. (Karena susah nyari gambarnya, ya bayangin sajah sendiri :p)

Ini ada ilmunya. Namanya...


Namanya Ilmu Falak. Dan oh, ngga cuman buat nyari hilal doang. Buat ngitung tahun dan bulan dan hari di tahun qomariah (biasa disebut juga tahun hijriyah). Ya, tahun yang hitungannya mengikuti peredaran bulan. Kalo tahun masehi kan mengikuti peredaran matahari..

Dan, gak usah percaya sama yang di cover buku itu. 'Panduang Praktis Menentukan Hilal', katanya? Oh please 'menentukan'-nya itu sangat tidak praktis, pemirsah T__T

Jadi, apa itu ilmu falak?

Ilmu Falak adalah ilmu yang mempelajari lintasan benda-benda langit pada orbitnya masing-masing untuk diketahui gerakan suatu benda langit pada benda langit lainnya agar diketahui pengaruhnya pada perubahan waktu di muka bumi. (dari buku itu, loh :v)



Ilmu Falak, di pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya ini eksklusif buat kelas 6 (Kelas XII / 3 SMA) buat ngisi kegiatan di bulan ramadhan. Berhubung tahun ini di bulan ramadhan kita cuman masuk dua minggu, walhasil seminggu-nya dipake ngeMOS semnggu nya lagi belajar Ilmu Falak. Gak belajar deh. HAHAHA. Tapi di sela-sela itu, banyak banget waktu buat ngebugang..... Oke lupakan.

Jadi, otomatis kan kakak angkatan kita semuanya udah pada belajr Ilmu Falak ini. Menurut mereka, dari generasi ke generasi gurunya gak berubah, bukunya tetep bikinan beliau sendiri (yang cetak, yang fotokopian juga) dan.. Gurunya itu katanya udah tua banget. Katanya harus paling depan kalau mau fokus belajarnya. Katanya... Katanya.. dan katanya.

Belom juga mulai belajar, jadi parno duluan kan ya.

Dan ternyata, ketika kita lihat sendiri...

Ini namanya Pak Uum Jumsha. Suka ada yang manggil Om Uum, coba ._.
YAK! Sudah tua syekalih ya ._____.
Tapi subhanallah itu demi apa orangnya, pakar kalkulator banget, tau bangetdeh cara-cara make kalkulator dengan jenis dan merk yang beda. Asal jangan pake kalkulator beras aja yak, gaakan bisa atuh ._.

Meskipun gurunya udah tua--sepuh sekali, dan memang sih, bicaranya udah kurang jelas.. Tapi beliau keren! Masih bisa jalan-jalan kesana kemari dan juga masih bisa bawa motor sendiri! Mana rumahnya katanya jauh di gunung sana. Kebayang deh udah setua itu bawa-bawa motor dari gunung gunung gitu sampe daerah sambongjaya (Perasaan aku, daerah sambongjaya tuh rata. jauh dari gunung-gunungan). Keren gak sih?

Aku sampe sekarang gak tahu umur beliau berapa. Ada yang bisa naksir?

Oke, sekarang materinya. Boleh diliat dong silabusnya~


EH WAIT. WHAT?


M-mata kuliah? Rawr. Bisa lah bisa.

Tapi serius, sebenernya kita mempelajari yang gak terlalu rumit aja kok. Kayak menghitung... kalau di masehi tanggal segini, Hijriyahnya tanggal berapa? Matahari terbenam jam berapa? Hilal ada di mana? Waktu magrib jam berapa?

Dan sebagainya.

Karena aku enggak bawa bukunya, jadi gabisa dijelasin panjang panjang.

Pokoknya...... selama belajar itu, nggak cuma belajar. Ini koleksi foto... kerjaan anak generasi aku. Kenal gak kenal, garing gak garing pokoknya cuma mau share! huahuahua

asa pang maca na ._.

papan tulisnya..

riweuh. eh, ada yang bawa novel..

#OOT terlalu dekat, tidak terlihat~ (Squall no aida ni =)))

ada yang malah panco, ada.

Riweuh ngitung, ada.

....

ada yang seuseurian ada.

ngitungnya ituloh ._____.

15 comments:

  1. wah jadi kalo mau nanya macam-macam hari tingggal tanya ke kamu ya X)
    1900 - 2099? itu udah ada dari sebelumnya atau baru diselesain pas masa kamu ikutin ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah ngga gitu juga kali ka ._________.
      itu udah ada.. udah lama...
      kalender ajaib kalo kata kakak kelas akumah haha xD

      Delete
  2. aku ada di foto :O

    termasuk yg riweuh itu loh ahahaha :v

    ReplyDelete
  3. hahaha kocak di silabusnya, "harus ada scientific, calculator murah' hihihi

    ReplyDelete
  4. Rada alergi lah kalau deket2 sama ngitung teh.

    ReplyDelete
  5. Wih keren kalender 200 tahun :o tapi 1900-2099 itu 199 tahun, bukan 200._.

    ReplyDelete
  6. Eh bener deng 200, salah ngitung wkwkwk, maap (=|

    ReplyDelete
  7. Ilmu Falak itu kalau di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah salah satu mata kuliah di fakultas Syariah, Tarbiyah, dan Sains & Teknologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan jangan di UIN Bandung juga. Aku sih sekarang fakultas Tarbiyah dan Keguruan, jadi gak ada matkul Ilmu Falak :')

      Delete
  8. Nuhun teh artikelnya bagus...
    Kalo bisa jangan dihapus,biar kalo saya kangen sama beliau bisa berkunjung ke sini.
    Saya minta do'anya dr semua buat bapak saya yg fotonya ada diatas.semoga amal ibadahnya diterima di sisi Alloh SWT.amiin
    Dan semoga ilmu yg beliau ajarkan bermanfaat buat org banyak.dan mohon maaf atas kesalahan & segala kekurangan beliau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu nggak akan saya hapus. Tulisan ini saya tulis karena saya bener-bener kagum sama alm. Pak Uum. Semoga beliau diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Aamin.

      Delete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES