Wednesday, May 9, 2018

Tips Mahasiswa Tingkat Akhir: Skripsian

Aku bukan mahasiswa rajin yang dalam dua bulan skripsi beres, no. Justru aku nulis tips ini karena aku juga susah payah ngumpulin mood dan inspirasi buat nulis. Selain buat berbagi sama netizen yang hanya berbatas layar, postingan ini dibuat untuk ngingetin diri sendiri biar semangat skripsian. 

Cari jurnal/artikel/buku untuk referensi teori (online dan gratis) di:

  • PNRI. Ini website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang ternyata punya akses ke beberapa perpustakaan online luar negeri. Daftarnya harus pakai nomor KTP, pakai nama asli. Meskipun ada beberapa jurnal yang ngga bisa diakses, perpustakaan online ini ngebantu banget. Apalagi kalau kamu susah ngakses perpustakaan online kampus seperti q. HUAHAHA.
  • Google Scholar. Banyak yang langsung sediain PDFnya tanpa harus login. Kekurangan di Google Scholar ini sih dia kan mesin pencari biasa, jadi jurnalnya nggak semuanya bagus. Nggak semuanya sesuai dan jelas sama keinginan kita. Jadi, pinter-pinterlah.
  • Science Direct. Ada beberapa jurnal yang free dan bisa di-download. Pembahasan jurnalnya juga banyak, ga fokus di satu bidang doang.  
Untuk referensi gratis offline, lebih baik kamu ke perpustakaan

 

Pakai Aplikasi Mendeley


Mendeley ini aplikasi buat ngerapiin + ngatur referensi kamu, bukan buat cari jurnal. Sebelum pakai Mendeley, kamu harus registrasi dulu, bikin akun. Kayak bikin akun facebook. Terus kalau udah, login di Mendeley versi PC. Impor dokumen PDF kamu ke Mendeley, tinggal diseret doang udah jadi.  


Salah satu kelebihan di mendeley, ya ini. Kalau kamu cari teori tentang satu keyword, tulis aja keywordnya nanti mendeley bisa cariin. Daripada kamu baca jurnal satu-satu terus eh yang dicari malah ga ketemu. Kalau kaya gini kan bisa langsung ke intinya. Lebih convenient.

Di aplikasi Mendeley juga kamu bisa highlight kalimat yang kamu butuh, add notes, bagi-bagiin sumber menurut kategorinya kayak yang ada di sebelah kiri itu. Aku belum pernah coba atau cari tau aplikasi yang serupa sama Mendeley karena sejauh ini aku cukup puas sama Mendeley sebuah~


Kelebihan lainnya adalah dia ada versi Androidnya! Kalau kamu tipe orang yang kuliah nyambi hobi jalan-jalan atau sering keluar karena ada kerjaan, ya ini solusinya. Ga usah bawa-bawa laptop kalau mau cari teori. Pas di kamar, cari jurnal yang kamu butuhin lalu upload ke Mendeley.

Posisi terakhir kamu baca, highlight, notes, folder, semuanya tersinkronasi antara Mendeley PC dan android. Pastikan kamu pakai akun sendiri, bukan akun orang lain karena ya nanti jadi salah alamat dongse. 

Bikin catatan tertulis


Aku nggak mempelajari cara kerja otak menyimpan ide.. tapi suka kesel ga sih kalau kita kepikiran suatu ide lalu tiga detik kemudian idenya hilang begitu aja? Jangan biarkan ide itu pergi, sister. Tangkap apapun yang kamu pikirkan meskipun cuma selewat. It may save your life later.  


Pakai bahasa apa aja yang lagi ada di otak kalian. Ya nggak semua mahasiswa skripsian pake bahasa Indo kan. Ada yang skripsiannya pake bahasa Jepang, sumbernya dari bahasa Inggris, idenya kepikiran pake bahasa Indonesia. Yaudah gapapa, yang penting jangan ditinggalin gitu aja idenya~

Ide juga bisa muncul pas kita lagi baca jurnal, buku, atau skripsi lainnya. Itu normal kok! Kalau lagi baca terus kamu jadi punya ide sendiri, berarti kamu lagi membaca dengan aktif. Bukan pasif. Seolah-olah kamu bisa ngobrol sama bukunya. Jadi kalau lagi baca, siapin aja buku tulis dan pulpen buat nangkep ide yang muncul.

Atur mood kamu 


Cara ngatur mood setiap orang beda-beda, tapi yang jelas kamu harus atur mood buat semangat nulis. Mood buat nulis juga bia dateng tiba-tiba tanpa waktu yang jelas. Tapi ada beberapa hal yang aku rekomendasikan: keramasan pagi-pagi, beresin kamar (kapanpun), bersiin muka (kapanpun), gosok gigi, makan dulu. Seems like a lot of task, tapi ya kalau pilih salah satu juga gapapa kok.


Kalau aku sendiri ngerasa semangat kalau wajah udah berasa segar gitu. Mata udah ga ngantuk, pikiran ikut kebuka rasanya. Kalau kamu males cuci muka ke WC, ya di kamar aja pakai micellar water. Praktis tanpa bilas, langsung usap aja pake kapas muka udah seger!

(Psst! Kamu bisa dapet diskon Rp50.000 kalo belanja di Sociolla pake kodeku: SBNLA5OP)

Coba sekali-kali kerjain di luar rumah (atau cari penyemangat dari luar rumah!)


Kata tukang ojek yang waktu itu anterin aku, dia bilang sih kalo diem di rumah terus itu bisa jenuh. Ya, bener juga sih. Waktu masih jadi mahasiswa biasa, kita saban hari keluar rumah. Pergi ke kampus, ngabisin waktu di jalan, belajar di kelas. Suasana yang didapetin di rumah dan di kelas tuh beda.

Tapi kalau skripsian di rumah aja, suasananya gitu-gitu aja, apalagi kalo ga hidup bareng sama temen yang lagi kerjain skripsi juga.. Semangat skripsian bisa hilang entah kemana.


Dua tempat yang bisa bikin aku semangat skripsian: Di Starbucks, ditemenin Earl Grey yang Venti. Dan aku nggak akan nambahin gula/simple syrup kalo aku belom nyampe target perbagian skripsi. Di McDonald's, ditemenin Iced Coffee Latte. Nggak boleh habis kalau target hari itu belom selesai.

Kalo lagi males ke luar rumah tapi rasanya butuh tendangan dari minuman, gojekin aja! Atau cari minuman sachet yang enak terus seduh di rumah. My favorite: Chocolatos Matcha Latte.

Jangan nunggu bab 3 beres baru mau bimbingan


Sesedikit apapun yang kamu tulis, kalau ada waktu buat bimbingan ya bimbingan aja. Aku nggak tau dosen pembimbing kalian kayak gimana, tapi dosen pembimbing di kampus aku tuh 75% ngeribetin mahasiswa. Jadi sesedikit apapun celahnya ya udah maju aja dah. WKWK.

Semoga dosen pembimbing saya dan teman-teman dikasih hidayah sama Allah kalo mahasiswanya juga ingin cepetan lulus. Jangan PHPin mahasiswa terus dan coba sisihkan waktu buat ngasih jatah bimbingan setiap minggu.

Thanks for reading!
❤,
— Safira Nys

6 comments:

  1. Paling penting sih emanh nimbuhin mood ya. Macem-macem tergantung pribadinya masing-masing yaa. Kalau aku sih lebih enak di kos, tapi ya gitu ngemil kalau nggak gitu ngopi. Ah walau nggak ngaruh kopinya haha.
    Kalau aku juga biasa mandi dulu, beberes dlu biar nyaman dan siap buat kerja. Ah jdi kangen skripsi hehe... Aku pernah juga sih bikn tips skripsian, di blogku satunya hehe.
    Salam kenal ya mbak 😊 aku banyak ngomong nih hehe

    ReplyDelete
  2. Kalo emang mahasiswa pengen nunggu bab 3 beres karna diminta dosen juga gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep aja itu tergantung tipe dosen dan mahasiswanya juga sih hmmm

      Delete
  3. In my case, tesisan
    Dan yah, aku juga tipe moody hahahahha


    Keselnya sampe sekarang masih belum bisa pake mendeley huhuhu
    Daftar pustaka ku masih manual masaaaa -_______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa belum bisa? Mendeley ngebantu banget loh seriusssssssssss :')

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES