Saturday, November 23, 2019

5 Tempat Wisata Kuliner 'Legend' dan Murah di Yogyakarta


Siapa yang nggak kangen sama Yogyakarta, kota pelajar ini? Suasana khas Jawa Tengah, penduduk yang ramah, ditambah beragam wisata kuliner murahdi Yogyakarta yang bakal memuaskan perut dan nggak bikin kantong bolong, tentu membuat kamu yang sudah pernah kesana pingin balik lagi.

Aku pernah liburan ke Jogja selama sekitar 4 hari, dan surprisingly bawa uang 300rb aja cukup loh 😂👍🏼. Kalau kamu berencana bakal liburan ke sana, cek dulu yuk 5 spot wisata kuliner di Yogya yang paling 'legend' dan murah meriah ini!

1. Gudeg Mbah Lindu


sumber
Ngebahas Jogya, pasti langsung kebayang kuliner yang satu ini, gudeg! Buat kamu yang udah sering wara-wiri di Jogya pasti nggak asing lagi sama Gudeg Mbah Lindu. Terletak di Jl. Sosrowijayan, gudeg legendini adalah gudeg racikan Mbah Lindu yang juga legend. Mbah Lindu ini sudah berjualan sejak remaja saat zaman penjajahan Belanda, hingga kini usianya hampir 100 tahun! Tak heran sekarang Mbah Lindu dibantu berjualan oleh putri bungsunya.

Selain enak, kamu cukup merogoh kocek 15 ribu saja untuk menikmati gudeg ini. Bukanya dari jam 5 pagi sampai jam 11 malam. Kalo kamu jalan-jalan ke Malioboro, jangan lupa melipir ke Jalan Sosrowijayan ya, tepatnya di depan Hotel Grage (agak samping dikit). 

2. Mie Ayam Bu Tumini


sumber
Mana pecinta bakmie dan ceker? sudah mencoba Mie Ayam Bu Tumini belum?. Bakmie lembut nan kenyal disiram dengan kuah kental dan ceker empuk siap bikin kamu ketagihan, terutama buat kamu penyuka cita rasa manis. Mie Ayam Bu Tumini ini termasuk wisata kuliner murah di Yogyakarta yang paling recommended. Gimana nggak, selain rasanya nendang, porsinya buanyak, harganya cuma sekitar 6 ribu sampai 8 ribu-an aja, pantesan rame banget! 😳

Buat kamu yang mau nyobain, mie ayam ini ada di Jl. Imogiri Timur, Umbulharjo. Tapi harap sabar antri, ya!

3. Sate Klathak Pak Bari


sumber
Penggemar kambing di Jogja pasti udah pernah nyoba nih, Sate Klathak Pak Bari. Sate Klathak adalah sate kambing khas Bantul yang unik. Alih-alih menggunakan tusuk bambu, sate Klathak menggunakan jeruji sepeda untuk menusuk dagingnya. Kambing yang digunakan pun pilihan, jadi dagingnya empuk dan nggak bau prengus. Ditemani dengan semangkok gulai kambing dan nasi hangat, cocok banget buat menghangatkan badan di malam hari 🤤

Penasaran? langsung aja samperin Sate Klathak Pak Bari di Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5, Bantul. Harganya mulai dari 20 ribuan aja, bukanya dari jam setengah 7 malam hingga jam 1 dini hari, pastikan kamu nggak kesana siang-siang ya, soalnya belum buka.

4. Saoto Bathok Mbah Karto


sumber
Ini juga khas banget, soto sapi yang disajikan di dalam tempurung kelapa. Buat kamu yang lagi di Sleman, jangan lupa mampir ke Saoto Bathok Mbah Karto, ya. Iya, nggak salah baca kok, namanya Saoto. Saoto merupakan kuliner khas Solo, yaitu hidangan berkuah bening yang dipadukan dengan daging sapi empuk, kemudian disajikan di dalam tempurung kelapa (bathok). Harga seporsinya sekitar 5 ribu rupiah. Pelengkapnya pun macam-macam, ada tempe goreng, sate usus dan sate telur puyuh. 

Tempat makannya berupa lesehan dengan pemandangan sawah langsung. Pas banget buat kamu yang lagi liburan sama keluarga nih, ngobrol-ngobrol di saung menikmati pemandangan asri sambil menyeruput kuah hangat dan gurih Saoto Bathok Mbah Katro. Alamat tepatnya ada di Jl. Candi Sambisari No.6, Kalasan, Sleman. Jam bukanya dari jam 6 pagi hingga 4 sore aja, jadi jangan sampe kesorean, ya.

5. Oseng Mercon Bu Narti


sumber

Penggemar cabe mana suaranyaaa? 🌶  Ini nih, osengan Bu Narti yang bikin kamu gobyoss alias keringetan heboh! Sesuai dengan namanya, oseng mercon ini memang pedes banget. Isinya daging sapi, kikil, gajih, kulit dan tulang muda, dicampur dengan cabe rawit segambreng. Dagingnya empuk, meresap danpuedesbanget pastinya! Cocok buat kamu yang hobi ngikutin challenge kuliner pedes. 

Siap gobyoss? Langsung aja ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan untuk nyobain Oseng Mercon Bu Narti, bukanya dari jam 6 sore sampai 11 malam. Harga seporsinya mulai dari 15 ribu aja. Siap-siap bawa handuk kecil, ya!

Itu dia 5 kuliner melegenda di Yogyakarta yang wajib kamu coba pas plesiran ke sana. Selain itu, masih ada lagi wisata kuliner murah di Yogyakarta lainnya yang recommended, mulai dari cemilan ringan hingga pencuci mulut yang semuanya khas Yogya. Kamu bisa cek langsung di https://www.cekaja.com/info/cek-5-rekomendasi-wisata-kuliner-murah-di-yogyakarta/. Jadi, cek kalendermu dan jangan lupa catat spot-spot kuliner di atas, ya!

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES