Friday, October 26, 2012

My New Blog!

Uhm.

Sebelum mulai nulis, fira ingin mengucapkan

Selamat Idul Adha 1433 H :)
Source: http://3.bp.blogspot.com/-zL39lqlY5KM/TrX4yqKV8RI/AAAAAAAAATk/g7xv3Tt3hCo/s320/shaun-the-sheep-kartun-kambing+copy.jpg


Ah, ya~ Dan disini fira mau ngumumin tentang blog fira yang baru~ Khusus buat foto sih.. (Iyalah, namanya aja photoblog -____-) Okay, silahkan klik di: 


Ekhm. Boleh follownya dong :3 :evilgrin:

Oke, ga cuman itu sebenernya.. Fira juga mau sedikit cuap-cuap tentang fotografi. Maaf, fira masih amatiran jadi kalo ada yang kurang atau salah besar atau sesat mohon dibenerin (minta komen, ngoong aja langsung! -__-) :pokerface: 

Dan~ Pengertian fotografi yang fira ambil dari Wikipedia adalah:
"dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis. adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat."

Iya, bener juga ya. Kalo ga ada cahaya, apa yang mau kita foto? 
Mungkin, itu baru kalau secara harfiah. Kalau secara istilah, apaan yak?
Gak tau sih fira juga -_-

Kalau versi Fira.. "Fotografi adalah kegiatan seseorang untuk mengekspresikan perasaannya dalam sebuah kenangan, yang ingin dia abadikan."


Loh, kok kayanya jauh nyimpang ya? :v /

But I think, ngga terlalu nyimpang kok. Ya, dari pengertian bahasa itu. Refer to 'Grafo = Melukis/Menulis'. Seperti sudah dibahas sebelumnya, fira pernah bilang, kan kalau menulis itu adalah salah satu cara insan untuk mengekspresikan perasaannya? Pikirannya? Dan.. Kalau Fotografi berarti Melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya, ini berarti cara seseorang mengungkapkan perasaannya kan? Dan tepatnya, perasaannya terhadap suatu moment.

Fira pernah baca di suatu buku.. Apa ya? Partikel, kalau ga salah?

Foto yang diambil dengan hati, itu akan jauh lebih bagus.. dengan foto yang diambil melalui teknik.

Yah, semenjak itu, fira jadi ga terlalu meratiin teknik foto. Lebih berusaha untuk membawa perasaan, larut di dalam momen, dan.. mengabadikannya! Ckrek!

Kalau mau ngebandingin, emang sih beda banget. Ergh.. Gaada contoh fotonya sih ya jadi susah :v Pokoknya, kalau foto yang mengutamakan teknik itu, kalo kita liat.. rasanya cuma mati aja. Emang sih kalo indah, agak nikmat juga ngeliatnya. Cuman, rasanya kaya kita gabisa nangkep apa-apa dari foto itu.. Iya ngga?

Kalau foto yang mengutamakan perasaan sih,  biasanya kalo pas ngeliat tuh ya, ada sesuatu yang bergerak. Bukan, bukan bergerak kaya foto di Harry Potter. Tapi, bergerak pergi, menyampaikan pesan buat kita. Apapun itu pesannya, kita seolah bisa nangkep..

Dan..

Masuk ke zona fira.

Sejak kapan suka foto-foto?

Sejak.. Kecil ._. Ga boong, ini gatau ketularan sama temen, kakak, orangtua atau apa.. Dari kecil fira suka banget yang namanya foto. Terhitung dari kelas 5 SD, semenjak punya HP berkamera. Waktu jaman itu, kamera yang di HP masih VGA :v . Gatau kenapa, seneng banget foto.. Motoin langit lah, pohon lah.. Hal yang ga penting. Well, iya sih, iseng doang :v

Beranjak ke SMP.. Foto.. Foto.. Foto.. Bisa buat mengabadikan momen. Yah, itu yang baru fira tangkep. Saat SMP. Besides, fira udah mikir.. Kalo tulisan, gaada gambarnya, kan kurang menarik ya? Bahkan kadang gambar bisa menceritakan kita lebih banyak daripada sebuah tulisan. 





Nah, makin semangat cari objek, cari inspirasi..
Pangandaran :v /





Sampe sekarang SMA.. Sebenernya Fira gapunya kamera. ばかですか? Ngga sih, emang gapunya aja. Gapunya.. Mungkin karena alasan tertentu. Kalo ada kamera, gakan kepake banyak, kalo ditaro dirumah. Wong firanya aja di tasik. Kalo punya kamera, di bawa ke tasik, takut rusak. Soalnya bakal banyak tangan~







Tapi, hobby is hobby. Ada kesenangan tersendiri buat memotret. Yah~
Doakan saja suatu hari fira bisa punya kamera :)
Dan bisa jadi fotografer, sekaligus penulis..
(Kalo dua-duanya digabung, jadi wartawan, ya? ._.)

Berharap muluk. Banget.

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES