Monday, October 17, 2016

Menukar Uang di Golden Money Changer

Teller Gold Money Changer: "Baru pertama ke sini ya teh? Namanya panjang banget..." 
Aku: "Ya teh, kalau ngisi kertas ujian ribet. Untung udah ga akan UN lagi."


Meskipun ini kali pertamaku nuker uang asing di Golden Money Changer, not as awkward as visiting bank for the first time. Pertama kali masuk, langsung ada satpam yang tanya apakah nominal yang ditukarkan lebih dari 10 juta atau nggak. Kalau nggak, bisa langsung ngantri macem beli tiket dufan. Kalau iya, harus ngambil nomor antrian di bank. 


Yang asyik, di GCM ini kamu bisa melakukan transaksi lebih dari sekali di waktu yang sama. Misal, ada temenmu yang titip nuker uang karena dia sibux. (Ya, pake x sebagai penekanan). Biar ga bingung pembagian uang, nota bisa dipisah. Tapi tetap atas nama kamu dua-duanya. Ya gimana, yang dipinjam kan KTP-mu.


Ruang tunggunya adem, dan ada layar multifungsi sebagai penayang saluran TV internasional sekaligus display antrian. Yang ga enak, gaada ruang ibadah. CCTV dimana-mana, jangan harap bisa curang-curangan.


Teteh yang melayani penukaran uangku baik dan ramah men. Wajahnya pun adem, jadi nggak akan boring lah kalau nunggu lebih dari satu nota yang lama. Sebelum nota diprint, kamu harus kasih rincian uang yang mau kamu tukarkan. Uang sumbernya berapa dan apa mata uangnya. Nanti dikasihtau berapa jadinya kalau dikonversikan ke mata uang tujuan. Di bawah transaksi 10 juta, nggak ada biaya administrasi alias gratis.


Kenapa jauh-jauh amat ke Dago?
Karena katanya GCM dago adalah pusat jual beli valuta asing + hari ini macetnya kota Bandung ngga kira-kira. Ke Dago lewat Cikutra-Sadang Serang udah paling least macet. selebihnya, macetnya kayak mudik. Ada apa? Entahlah, misteri.

Oiya, GCM ini ada di sebelah kiri jalan. Kalau kamu jalan dari bawah pasupati, bisa langsung belok ke arah Dago. Kalau kamu dari atas, mendingan belokin dulu ke Dayang Sumbi atau Ganeca, lalu melipir bersatu sama kendaraan di bawah Pasupati karena di perempatan ga boleh puter arah. Untuk jam operasional, sila cek webnya aja yo~

8 comments:

  1. Kalok jual beli valas di money changer emang prosesnya lebih enak sik. Gak ribet kek di bank. Hahah :D

    Tapi tiati jugak Fir, soalnya valasnya itu kalok mau ditabung di bank misalnya, jadi lebih rugi. Lecek, sobek, kelipet, atau ada tanda bintang en coretan dikit aja, uda ditolak. Huhuhu :(

    ReplyDelete
  2. Ohh jadi Kamu teh mau ka Singapore~ oleh-olehnya cerita dan tips aja ya ke sana harus kek mana dan ke mana.

    ReplyDelete
  3. Tsaaaaah... Tuker duit udah nih fir, terus mana lagi nih halan2nya?

    ReplyDelete
  4. asikkk jalan - jalan nih.
    share dong fotonyaaaaaa.

    Putri | shecalledfashion.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. nyaman banget kalau pelayan yang ramah, jadi betah kalau lagi di bank

    ReplyDelete
  6. wah tapi semoga ada ruang ibadah di dekat sana yah, kjadi kalau lagi rame ngga repot cari tempat ibadah.

    ReplyDelete
  7. Seriusan fira gratis? AKu baru tau :O

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES