Monday, November 23, 2015

Anita Moran's Writing Tips


Berkat ikutan acara Clean and Clear Casting Call Batch 2, aku bisa ketemu sama banyak orang-orang keren dari internet, majalah dan media! Rasanya surreal sekali waktu aku lihat cool kids macam kak Agnes Oryza, Dinda Puspitasari dan kak Anita Moran. Ngeliat mereka secara langsung bikin aku senang aja, nggak tau kenapa. Meskipun nggak ngobrol, melihat dari jauh aja udah senang.
(Pengagum rahasia syndrom... lol)

Ngeliat dari jauh aja bahagia, apalagi kalo bisa ngobrol dan diajarin langsung. Rasanya udah dagdigdug ser gitu deh.
Kebetulan aku dapat Writing Class yang diajarin langsung sama kak Anita Moran. Waah. Aku suka liat kak Anita di halaman redaksi Gogirl! Dari foto yang aku lihat, kak Anita ini orangnya kalem dan lembut banget. Dan aslinya emang iya! Waktu menjelaskan, kak Anita penuh kasih sayang banget deh, kayak kakak lagi mengajari adik-adiknya.



Aku duduk tepat di seberang mejanya, dan bikin aku pengen senyum terus deh.
Dan ya, powerpoint yang dipakai kak Anita, backgroundnya warna warni banget. Pertama kali lihat itu, aku langsung jatuh cinta banget dan akhirnya 'mengadopsi' gambar itu buat jadi wallpaper-ku. Gambarnya kayak di iklan handphone Samsung, tapi dengan tone yang lebih feminin sih.

So.. Ya.
Kak Anita di sini mengajarkan kita cara bikin artikel yang cocok buat dibaca pembaca masa kini. Karena pembaca masa kini dan masa lalu itu berbeda, maka apa yang dibutuhkan mereka buat mengisi informasi pun berbeda. Tipsnya terbagi jadi tiga garis besar:

Keep it short and simple

Para pembaca di masa kini punya banyak informasi yang harus diketahui dan dibaca. Kalau nggak tau tentang suatu hal dari tending tropic, bisa langsung ketinggalan banyak dan jadi kuper. Tapi waktu yang mereka miliki sedikit sekali, jadi kalau baca artikel suka di-skip bagian boringnya. Langsung cari garis besarnya aja. Apalagi artikel per poin, paling dibaca poinnya doang. Kayak artikel ini, nih.

Semakin panjang kamu menulis, biasanya tulisan malah makin nggak nyambung dan bertele-tele. Sebaliknya, kalau kamu bisa menulis artikel dengan simpel tapi berbobot, artikel tersebut akan jadi bernilai dan akan banyak yang suka sama tulisanmu.

Read and research

Informasi yang kita tulis, pasti hal yang kita tahu. Lebih banyak tahu, lebih banyak materi penulisan dan lebih akurat! Jangan malas cari tahu kebenaran informasi sebelum kamu menulis suatu hal. Nggak ada yang tahu apa yang akan terjadi kalau kamu menyebarkan informasi yang salah. Banyak-banyakin baca majalah dan koran, jangan status dan gosip-gosipan mulu, ehe.

Lebih banyak fakta dan data, lebih menarik. Dengan adanya fakta dan data, pembaca bakal percaya dan sepenuhnya mengerti apa yang sedang kita jelaskan. Nggak perlu cari fakta jauh-jauh dan bikin poll gede-gedean untuk cari data. Mulai cari fakta dan data di sekeliling kita, lewat temen sekelas misalnya.

Create some spikes

Visual juga mempengaruhi ingatan pembaca. Apalagi di koran, majalah dan buletin yang butuh layout seru. Bikin ilustrasi yang bersangkutan, pemilihan warna untuk teks dan background juga perlu dipikirkan dengan matang. Kalau di case blogger sih, sepertinya template blogger. Harus merepresentasikan keseluruhan blog dan diri sendiri!

Bisa juga dengan taruh info penting di depan. Dengan headline yang menarik dan spoiler tentang isi artikel, bisa bikin pembaca pengen tau lebih banyak.

Daaan.. Sekarang kalian bisa tau deh gimana cara bikin portfolio yang bagus kalau mau ngelamar di Gogirl! Magazine.. Atau majalah mana pun! Karena basically tips ini bermanfaat sekali buat menulis di media apapun. Aku juga belum bisa maksimal nih, menulis artikel. Apalagi di bagian 'Keep it short and simple,' soalnya aku kalau bercerita tentang pengalamanku, suka panjaaang banget.

Ada satu kutipan yang aku suka, deh.


(Kak Anita maaf ya part of slideshow-nya disimpan di sini.. Hehe)
Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!

P.S: Belajar itu lebih asik kalau ketemu ahlinya langsung. Ikutan campaign @ceritakitaid dong biar bisa ketemu kak Anita Moran.. Kayak aku :p


9 comments:

  1. Hmm.... keren yak ada writing class gitu..

    Makasih juga udah nge-share ilmu yang didapat kemaren disana sama kita-kita. Hehe, jadi tau juga sih, walaupun yang ikut writing class pasti lebih mendalam hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Writing class banyak kok, sekarang banyak yang ngadain. tapi kebanyakannya emang buat cewek sih :')
      Iya, belajar sama 'guru'nya pasti beda sih XD

      Delete
  2. Mau nambahin dikit, boleh?

    Data itu kumpulan dari fakta. So, cari fakta itu bener-bener penting kalau mau menulis, cari fakta juga jangan sekedar "cari" tapi cermati, biar tulisan kita itu relevan, lengkap, dan akurat. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, benar juga. Makasih kak Ihwan udah nambahin!

      Delete
  3. Wahh aku mau juga dong ketemu sama orang-orang yang udah expert banget seperti kak Anita itu selain cantik beliau juga sangat berbakat di bidang ini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah cantik, baik, ramah, kalem, berbakat lagi :')

      Delete
  4. Kerennnn!

    Aku baca bukunya kak Anita Moran dkk yang tentang bagaimana ia merintis majalah dari nol
    she's so inspiring

    waa jadi mau slide nya.
    Email dong firaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, soon ya bang. Ku malah belom baca bukunya samasekali :))

      Delete
  5. Uwuwu itu portofolio buat ngelamar di Gogirl gimana dong jadinya? Kayak apa? XD

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES