Sunday, November 8, 2015

Proses yang Seumur Hidup


Dari pertama kali udah bisa baca-tulis, aku suka banget baca-tulis di lain waktu, nggak cuma buat belajar doang. Baca-baca majalah yang dulu harganya masih Rp500 dan nulis-nulis puisi ala anak SD gitu deh. Aku, sadar gak sadar sering nulis selain pelajaran. Sampe akhirnya temenku kasih kado diary buatku di kelas 4 SD. Jadilah aku nulis segala macem di diary tersebut.

Kebiasaan nulis diary ini berlanjut sampai SMP. Aku lupa sih gimana awalnya aku bisa tau web blogspot ini. Yang aku tau aku daftar blogspot cuma biar curhat lebih fleksibel dan bisa kesimpen lama (kalau buku sih bisa ilang..) dan orang lain bisa baca, kalau sekiranya bermanfaat. Dan aku daftar itu tahun 2010 dan nggak ganti blog sampe sekarang. Alamatnya sih ganti.

Dulu mah ngeblog ya curhat-curhat ga jelas dan nulis lirik lagu. Dan nggak ada yang baca.. Selain temen-temenku, kali ya. Salah satu alasan aku lanjut nulis blog adalah karena waktu SMA, temen-temenku pada suka banget baca buku, buku apapun. Sampai aku nulis jurnal (masih banyak curhatnya, tapi udah gak lebay-lebay banget gitu) aja itu bisa dibaca sama satu kelas.
Biar lebih efisien dan gak rebutan, mendingan tulisanku aku taruh di blog aja.

(Tapi post-post curhat jaman dulu yang  ga jelasnya malah dihapus. #problem)

Aku taunya sih blog cuma buat berbagi cerita pribadi aja dulu. Karena aku sendiri juga suka baca cerita, jadi aku pikir semua orang suka baca cerita tentang aku. Padahal kalau dipikir sih, apa menariknya ya... Kenal aja juga nggak. Aku nggak suka makan Chitato jadi my life is so flat lah :(

2012 dan 2013, aku mulai tau blog orang lain. Dari cuma sekedar iseng googling atau ga sengaja nemu di Facebook, aku liat deh satu-satu. Di tahun ini juga sih aku mulai sadar bahwa dengan nulis aku bisa menyampaikan bukan cuma cerita, tapi pengetahuan dan pesan buat oranglain. Jadilah tahun 2012 ke atas, aku mulai nulis yang berbobot.

Dan sampai sekarang aku ngeblog masih dengan alasan yang sama: berbagi.

Entah itu tentang ceritaku, sudut pandangku tentang suatu hal, hal yang aku tahu, hal yang aku suka, hal yang aku pernah coba.. Yang tentunya sekalian nambah pengetahuan temen-temen yang baca juga. Semoga bermanfaat buat kita semua aja, gitu. Yeay!

(Bahkan kalau tugas kuliahku bisa bermanfaat buat yang baca, aku taruh di blog juga kok. Asal jangan di copy-paste aja ya.....)

Kata mbak Dee Lestari, 'tulislah apa yang kamu ingin baca'.
Secara nggak langsung, apa yang aku tulis adalah tulisan yang aku pengen baca juga. Aku suka banget ketika seseorang nulis post blog dengan hatinya dan ide orsinilnya. Bacanya jadi segar dan menginspirasi. Terlepas dari apapun kontennya, kalau dibawakan dengan menarik, apa adanya tapi dipersembahkan pakai hati, bakal nyentuh hati yang bacanya juga, dong.

Kalau disebutkan, blog yang paling aku tunggu-tunggu updatenya adalah blognya Evita Nuh, cewek muda yang punya banyak bisnis ini kalau lagi nulis nggak cuma asal nulis. Berbagi, tapi nggak menggurui. 
Michelle Phan, motivator cewek se-dunia. Dia punya banyak pengetahuan dan kreatif banget, bisa belajar dari apa aja, dan nggak segan buat berbagi. Isi blognya juga macem-macem tapi semuanya menarik buat dibaca. Dia juga bikin vlog dan suaranya menenangkan banget :')

Sebenernya sih kalau baca aku nggak begitu pilih-pilih. Asal tulisannya bisa dimengerti dan bermanfaat banyak, aku baca kok. Aku doyan banget blogwalking, apalagi kalau author blog-nya rajin nulis. Makanya rajin dong nulisnya biar aku kunjungi blognya :p

Aku percaya semua orang nulis dengan keinginan berbagi. Meskipun cuma buat menghibur dan nggak banyak pelajaran yang bisa diambil, yang penting maksud dibuatnya tetap baik, jadi aku baca terus. Kalau cuma buat menghibur dengan menjelek-jelekan satu pihak, isinya iklan doang, tulisannya nggak kebaca, aura tulisannya negatif, meh.
Hidup ini terlalu pendek buat jadi negatif.

Last but not least mbak Dee Lestari (again) bilang bahwa menulis adalah proses yang seumur hidup kita jalani. Nikmati aja, semakin banyak nulis dan baca, kita bisa jadi lebih bermanfaat.
Tetep nulis post dan baca post temen-temen yang lain dengan blogwalking, ya, biar kita bisa bermanfaat buat diri kita sendiri dan orang lain!

Have a nice day❤

24 comments:

  1. wah selisih setahun sama aku nis buat blognya, aku 2009 hahaha dan isinya emang curhatan bangeet. beberapa udah didelete, tapi kadang juga ngerasa "kenapa didelete ya" kan feeling dan geli-geli sendiri abis baca post lama itu priceless. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kalau sendiri yang baca mah mending deh. Mikirnya itu loh kalo ada orang lain yang baca duh jadi malu XD

      Delete
  2. Yey! Aku setuju. Menulislah karena memang ingin dan senang. Nanti kebahagiaannya mengalir ke pembaca. :) btw aku kenal michelle phan juga dari jaman dia ngeblog doodle-nya.

    ReplyDelete
  3. Yey! Aku setuju. Menulislah karena memang ingin dan senang. Nanti kebahagiaannya mengalir ke pembaca. :) btw aku kenal michelle phan juga dari jaman dia ngeblog doodle-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah lama banget dong itu. Aku mah baru tahu sebulan-dua bulanan terakhir aja :')

      Delete
  4. Teh Fira nggak usah datang lah ke blog aku mah, update terakhir juga kapan xP *saha oge*

    Eh tapi ya, suasana ketika nulis di buku nyata tuh beda rasanya di buku virtual, dan mungkin sekarang aku lebih banyak nulis di jurnal aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya akan ada masa-masanya begitu. Kalau udah kuliah, tulisan tangan nggak karuan ngerjain tugas, lebih enak ngetik.

      Delete
  5. Lha bukannya nulis di blog ini juga bisa dibaca sama orang juga ya mba, padahal nulis di internet lebih banyak yang bacanya ketimbang nulis di buku hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan waktu SMA ga bisa pegang laptop, sekolah asrama :D

      Delete
  6. Mulai dari diary, binder, sampe nulis online uda pernah semua aku fir

    Nulis emang uda jadi kayak rutinitas, klo ga nulis rasanya ada yang ngganjal ampe ga bisa tidur pulaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kalo ga nulis juga minimal ngobrol sama orang lain ya kak Tiw. Namanya juga cewek :))

      Delete
  7. kalo dulu gue suka nulis2 cerita ato gambar2 gak jelas di halaman paling belakang buku gue. terus dapet tugas dari guru gue bikin blog, eh keterusan deh sampe sekarang :D hehehe

    ReplyDelete
  8. pertama kali ngeblog aku waktu SMA malah awal kelas 1 SMA terus isinya ga jelas gitu curhatan2 gitu dan waktu itu temen aku liat dan aku jadi malu sendiri ya udah aja aku hapus, eh udah itu blog buatnya susah susah malah lupa passwordnya pas udah bikin password baru dari reset pasword itu, akhirnya aku hapus aja blog aku sekalian habis aku malu dan jadi bahan ceng cengan di sekolah gara2 nulis2 curhatan yg ga jelas yg aku suka sama si ini, yg aku di bully sama itu, yg ini itu lah pokoknya, pas balik lagi aku ngeblog tahun 2011 dimana aku sudah lulus sekolah dan pindah kuliah di singapore, dan itu aku juga sempet vacum nulis blog gara2 pertama kali aku kuliah di luar dan banyak tugas dan project2 terus aku nulis lagi aku hapus lagi dan sekarang aku udah balik lagi mau nulis lagi karna aku sudah nemuin khas blog aku yg aku suka dan aku mulai aktif lagi sekitar februari tahun ini, ya itulah perjalanan blog aku hehehee, maaf ya kak jadi curhat heheee

    bytheway nice post kak :)

    http://litarachman.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gapapa kan namanya juga sharing :)

      Aku dari dulu nggak ganti sih blognya, cuma niatnya aja yang ganti. Aku suka sayang sama hal-hal yang lalu kalau ditinggalkan (?)
      Kamu hebat banget udah berani buat beneran move on XD

      Delete
  9. Dear, I tried to join your site but why i can't to join this site? Do you know why?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak eror memang GFC-ku. Lain kali kalau berkunjung coba lagi ya kak, semoga berhasil!

      Delete
  10. Ahhh seger banget baca ini malem2 sebelum tidurrr hhhh :') somehow ada beberapa hal yang kayanya kita tuh sejalan sepikiran, iya nggak sih? Baca tulisan org yang mengatakan apa yang kita rasa tuh seneng banget loh. Jadi semacam energi saling menguatkan satu sama lain gitu deh. Kisah kamu itu bikin aku kaya nonton film kisah aku dulu sampe sekarang hahaha cuma sayangny aku masih harus belajar banyak buat lebih lebih lebih rajin lagi menulis dan membaca. Semoga kita bisa menghasilkan sesuatu yang besar lewat tulisan kita yang positif dari hati yaaa ❤️❤️❤️

    Sherry from ♕ SheemaSherry ♕ blog (www.sheemasherry.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpah aku baru baca komentar ini dan tadi aku ninggalin komentar yang bunyinya mirip di blogmu, Sherry.
      Aku kira cuma aku yang menganggap kita punya hal yang sama, ternyata kamu juga sadar (?)
      Another coincidence :')

      Semoga lebih konsisten menulis yang bermanfaat, ya XD

      Delete
  11. I think Dee is full of inspiations. Aaak pengen banget bisa diworkshop ama Dee biar pengaruhnya bisa nembus hatiku :D:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati hati pokoknya. Mbak Dee mah auranya menyihir. XD

      Delete
  12. Makin semangat ah ngupdet blog biar dikunjungin sama kamu, hahaha. Btw, kok error terus ya follow blog kamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, I have an issue sama GFC. Nanti aku coba perbaiki, ya. Add Google Plus aja dulu :D

      Delete
    2. udah aku add dari lama google plus kamu hehe ^_^

      Delete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES