Friday, November 20, 2015

Worth to Know: Kok Bisa? (Youtube Channel)


Dari kecil, aku suka baca. Baca apa aja, dari komik, majalah, buku harian orang lain, papan iklan di jalan, sampai botol shampoo dan sabun kalau lagi di wc. Aku suka kalau tau banyak hal. Aku emang ngga gampang mengingat sesuatu, lebih mudah lupa. Tapi kalau aku baca dan mengerti tentang suatu hal, aku bisa inget hal tersebut bahkan sampe sepuluh tahun mendatang.
Itu juga yang bikin aku suka baca ensiklopedia.

Di perpustakaan SD-ku, ada banyak banget ensiklopedia berbagai macam. Dari mulai binatang; di darat, di laut, di udara, tentang luar angkasa, tentang barang sehari-hari. Nggak cuma baca, aku suka banget bertanya banyak hal sama orang di sekitarku. Aku lihat sesuatu hal, aku pikirkan, aku pertanyakan. Hal simpel, waktu aku ikut bantu ibu-ibu motong-motongin daging kurban, aku banyak tanya banget. Babat itu apanya? Ini apanya sapi? Kenapa lemaknya banyak? Dan kenapa-kenapa lainnya. Iya, bahkan sampe sekarang aku suka bertanya-tanya hal yang ga penting, tapi buatku itu menarik.

Karena umurku yang udah masuk remaja, kadang orang yang ada di sekitarku meremehkan kalau aku nanya hal yang ga penting. Kenapa pesawat bisa ngga tabrakan padahal di angkasa ngga ada jalan?
Banyaknya sih temen-temen ketawa aja denger pertanyaanku. Tapi waktu aku tanya lebih lanjut, mereka juga nggak tau kenapa. Dan nggak ada yang bisa jawab.

Ada juga yang menganggap kalau aku bertanya tentang suatu hal, itu 'kode'. Hmm namanya juga remaja labil.
Aku:  'Kenapa sih yang jualan cuangki ngumpul di taman X semua? Harusnya nyebar atuh biar persaingannya nggak susah-susah amat.'
Y: 'Kenapa emang? Kamu mau cuangki?'
YAELAH BUK NANYA DOANG GABOLEH? :(

Sampai suatu hari, aku lihat dengan nggak sengaja channel 'Kok Bisa?'
Hah apaan nih namanya aneh banget.
Tapi kok kayaknya cocok buatku yang suka nanya hal ga penting.
Tapi kok animasinya lucu.
Tapi kok bahasannya menarik.
Tapi kok suara dan skripnya nyebelin tapi gemes.
Tapi kok bisa sih bikin 'Kok Bisa?'

Biar ga penasaran, nih ada beberapa video yang bikin aku senyum-senyum selama nontonnya:

Kenapa senyum-senyum?

1. Aku ngerasa sering kentut.. Banget. Dengan nonton ini aku ngga merasa malu sih buat kentut (meskipun dari dulu emang ngga malu..) dan aku ngerasa bangga bisa menghindari penyakit cuma dengan hal mudah: kentut.
(Sebenernya, kentut nggak selalu gampang juga sih)

2. Jadi mikir sih kayaknya nggak cuma kalau lagi makan. Kalau lagi ngomong kan kita buka mulut juga. Jangan-jangan anginnya masuk pas kita lagi ngomong. Banyak ngomong = banyak kentut. LOL.

3. Ini kenapa lucu banget.


Ini nggak cuma bikin senyum-senyum tapi jadi bikin aku

1. Penasaran sama sejarah. Aku ngga punya ketertarikan khusus sama sejarah, aku ngerasa ngga begitu berdampak sama hidup keseharian. Tapi ngeliat video ini (dan lainnya yang sejenis) aku jadi ngerasa sejarah banyak berperan membentuk kehidupan yang sekarang kita jalani.
Secara sih dulu waktu sekolah sejarahnya bahas perang-perangan doang, kaitannya sama masa kini tentang pelajaran dan merdekanya doang. Buatku ngga begitu menarik, dan aku ngga bisa ingat pelajaran sejarah. :))

2. Ketawa.. Karena penutupannya nggak pernah bosenin.



Hal yang sepele tapi bikin penasaran juga, yang katanya sampai bikin orang bertengkar.
Aku jadi berpikir juga sih, mungkin aku bukan satu-satunya orang yang suka mikirin hal yang ngga penting karena:

1. Ada banyak orang di dunia memperdebatkan ayam dan telur

2. Kru 'Kok Bisa?' sampe bikin penelitian tentang hal yang ga penting tapi bikin penasaran ini.

Ya, channel ini ngebahas ngga cuma satu tema. Channel ini cuma punya satu visi: menerangkan tentang suatu hal yang orang pertanyakan dengan cara yang asik.
Tentang kehidupan sehari-hari yang ga penting, tentang kehidupan sehari-hari yang ngga pernah dipertanyakan tapi ternyata ada arti di dalamnya, juga tentang hal yang lagi ramai dibicarakan orang. Ya, mereka juga membahas kenapa kebakaran hutan di Indonesia bisa terjadi dan kenapa dollar bisa naik.

Kru 'Kok Bisa?' ini nggak cuma membahas pertanyaan berdasarkan penelitian kecil-kecilan (dan besar-besaran) mereka. Ada juga contoh dari kejadian yang lagi dibahas yang dibuat seringan dan sealami mungkin, biar kita--yang agak lemot kalau diajak ngobrol, bisa ngerti lebih jauh tentang apa yang lagi diomongin.

Suara dubbernya emang lucu-lucu ngeselin, tapi itu jadi ciri khasnya. Intonasinya yang nggak umum malah bikin menarik dengan teks-teks yang agak nyeleneh. Bukan nyeleneh dalam ngasih info, tapi nyeleneh di akhir video biar kita nggak serius-serius amat. Siapa bilang belajar nggak bisa santai?

Channel 'Kok Bisa?' ini cocok banget buat aku yang suka dianggap aneh buat bertanya hal-hal ga penting. Daripada terus-terusan diketawain dan dinilai dengan hal lain, mungkin kalau punya pertanyaan aku tulis di hape dan  nanti kasih ke kru 'Kok Bisa?' aja ya.. Lumayan buat ide video. Mungkin kalian juga bisa melakukan hal yang sama!

Kebutuhan aku buat tau hal-hal yang ga begitu penting dalam hidup akhirnya terpenuhi. Aku penasaran juga siapa sih orang-orang di balik 'Kok Bisa?'



Aku salut juga sama orang-orang di belakang 'Kok Bisa?' ini buat bikin channel yang lucu, keren dan informatif. Bikin gambar ga gampang. Bikin video ga gampang. Bikin video animasi, ga gampang. Apalagi kalau harus informatif dan sekalian menghibur. Tapi dengan teamwork yang keren, kru 'Kok Bisa?' ini bisa membuat video unik lainnya setiap hari Rabu dalam satu minggu.

#SupportLocalYoutubers yang juga bermanfaat buat kita!

Terimakasih sudah membaca. Semoga harimu menyenangkan dan jangan lupa untuk bertanya hal aneh pada kru 'Kok Bisa?'!

21 comments:

  1. Hihiiii kentutpun bisa jd bentuk syukur yaaa fir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar hidup lebih ringan sih baiknya semua hal disyukuri kak Tiw :D

      Delete
  2. Wah, asupan gizi nih biar gak nongkrongin Kurt Schneider muluk wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  3. Hahaha. Aku inget nih kayaknya pernah liat video mereka yang tentang dollar naik. Banyak updatenya ternyata, ya? Disubscribe ah. XD

    ReplyDelete
  4. nah, kadang orang'' juga menganggap negatip sih stiap kita punya pertanyaan gtu. bahkan org yg sbnerny peduli, d anggap jd orang yg kepo. serba salah jdinya.

    boleh juga nih channelnya. baru tau juga ad channel buatan indo yg kyak gni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener! :')

      Indonesia itu keren dan kreatif kaaan x')

      Delete
  5. Alhamdulillah masih dikasih nikmat kentut ya. Bisa di subscribe nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subscribe ya mbak, ayo kita dukung Youtubers Indonesia!

      Delete
  6. Hahahaha

    Seru juga
    Jadi pengen nonton yang lain-lain ahhhh

    ReplyDelete
  7. postingannya bagus :D
    mampir juga ya kak di blog aku ekienglandmuse.blogspot.co.id
    salam kenal

    ReplyDelete
  8. Wah keren euy. Mengedukasi dengan cara fun. Keren lah kreatornya.

    ReplyDelete
  9. Cara nanya ke kok bisa gmn yah? Mkasii :) :)

    ReplyDelete
  10. Ga saya ga mau dtg ke dua kalinya saya udh nngu dr jam set7 smpe set8 pesanan saya blm dtg juga yg saya ga ngerti dan ga habis pikir knp yg baru dtg udh dapet pesanannya. Ko gto sih aneh saya kecewa bgt!

    ReplyDelete
  11. Saya kecewa bgt sama pelayanannya masa saya yg dtg dr jam set7 smpe set8 pesanan saya blm dtg juga.ga habis pikir dan ga ngrti yg baru dtg segitu jelas kita dtg dluan ehhh udh dapet pesan. Saya juga di situ sama konsumen mau makan sama saya juga bayar di situ ko bisa kaya gto ya saya kecewa bgt

    ReplyDelete
  12. Saya kecewa bgt sama pelayanannya masa saya yg dtg dr jam set7 smpe set8 pesanan saya blm dtg juga.ga habis pikir dan ga ngrti yg baru dtg segitu jelas kita dtg dluan ehhh udh dapet pesan. Saya juga di situ sama konsumen mau makan sama saya juga bayar di situ ko bisa kaya gto ya saya kecewa bgt

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES