Tuesday, November 24, 2020

Di Balik @GFRDIndoFunds: Kerjasama Buddy untuk Sukseskan Comeback GFRIEND

Hari ini aku mau cerita tentang akun @GFRDIndoFunds, akun fanbase GFRIEND Indonesia yang difokuskan menggalang dana untuk menyukseskan comeback GFRIEND. Berawat dari suksesnya lagu Apple naik ke nomor #1 iTunes Indonesia, temenku ajak aku untuk membangun fanbase ini. Yang bikin kaget, ternyata dia udah kenal dan kerjasama sama fanbase besar di luar (@GFRDNation). Wow, project comeback kali ini berasa jadi lebih besar, dan kayaknya akan lebih seru. 

Sesuai dengan pengalaman di era Apple, aku dan temenku tahu yang susah itu bukan hanya cari orang yang mau ikutan galang dana. Yang susah, ya cari orang-orang yang mau terima dananya. Bahkan di era Apple aku sampai cari orang yang mau beli lagunya lewat broadcast ke grup chat blogger, di grup kuliah S1, kuliah magister, SMA, ya pokoknya di mana aja. Yang penting mau bantu. 

Berkaca dari pengalaman itu, kita akhirnya cari dulu orang-orang yang mau bantu untuk beli lagu MAGO, sekitar H-2 comeback. Donasi yang terkumpul udah cukup banget untuk mendanai puluhan pembeli lagu MAGO. MAGO langsung naik ke posisi #1 di iTunes Indonesia, dan bertahan sampai beberapa hari berikutnya. Ini adalah pencapaian yang nggak bisa kita dapatkan di era Apple, karena Apple hanya bertahan satu jam aja di nomor #1. 

Sayangnya, kita nggak bisa langsung menaikkan album Walpurgis Night ke nomor #1 iTunes Indonesia. Kita nggak bisa langsung keluarin dana dengan jumlah yang banyak, karena kita harus memikirkan negara lainnya.  Seperti yang aku bilang tadi, kita bekerjasama dengan fanbase luar negeri, karena kita ingin karya musik GFRIEND ini ada di atas chart internasional--di beberapa negara.

Setelah beberapa pertimbangan dan perdebatan yang membingungkan, akhirnya kita memutuskan untuk mendanai pembelian album dengan jumlah yang terbatas. 

Akhirnya, MAGO dan Walpurgis Night bisa berdampingan di nomor #1 iTunes Indonesia. Rasanya seneng banget. Semua hal ini nggak akan bisa capai tanpa BUDDY yang mau menyisihkan dana, dan BUDDY yang mau bantu belajar beli lagu di iTunes. Bangga banget, karena semua BUDDY mau belajar untuk kasih yang terbaik buat GFRIEND. 


Selain menaikkan musik GFRIEND di chart iTunes, kita juga bagi-bagi Spotify gratis untuk BUDDY Indonesia, dengan total 18 akun premium. Dengan akun Spotify premium, BUDDY bisa dengar lagu GFRIEND tanpa harus diacak mendengarkan lagu artis lainnya. Ketika mendengarkan lagu di Spotify Premium, jumlah stream dihitung sebagai 1x stream. Sedangkan di Spotify free, 1x memainkan lagu hanya dihitung sebagai 0.33 stream yang artinya butuh 3x play lagu agar dihitung sebagai 1 stream. 

Berkat dukungan BUDDY yang mau streaming di Spotify dan membuat banyak playlist dengan lagu MAGO di Spotify, lagu MAGO dimasukkan ke banyak playlist buatan Spotify di awal rilis: K-Pop Daebak, K-Pop Rising, K-Club Party, dan Girl Krush. Tanpa permintaan dan interaksi yang banyak di lagu MAGO, nggak mungkin Spotify akan masukkan lagu tersebut ke berbagai playlist di hari pertamanya. 

BUDDY berperan besar banget dengan bikin playlist dan streaming di Spotify, hingga akhirnya lagu MAGO menjadi lagu pertama dari GFRIEND yang masuk ke Top 50 Spotify Indonesia. Tanggal 10, MAGO ada di nomor #50 tangga lagu Indonesia dengan 78.182 streams. Puncaknya, MAGO menempati posisi #47 di top 50 Indonesia. Sedangkan jumlah stream per hari terbanyak adalah 84.264 streams. 

Kenapa penting banget menaikkan lagu GFRIEND di tangga lagu Indonesia?
Indonesia kan nggak ada award show, terus chartnya buat apa?

Indonesia masih bagian dari dunia ini kan? Dengan kasih jumlah stream yang besar di platform musik, angka tersebut akan berpengaruh dengan karir GFRIEND di kancah internasional--Global. Selain di Spotify, MAGO juga punya nomor yang stabil di Top 100 Apple Music hingga hari ini. Reputasi GFRIEND sebagai artis Internasional direkam jejaknya lewat berbagai platform musik dan streaming di seluruh dunia, yang akan berpengaruh pada karir global mereka ke depannya. 

Untuk pembelian lagu dan album di iTunes, pengaruhnya jadi lebih besar lagi. MAGO masuk ke nomor #17 di Billboard Digital World Sales chart. Beberapa lagu GFRIEND yang masuk ke chart tersebut: Navillera (#12), Fingertip (#13), Time for The Moon Night (#17), dan Sunrise (#25). Dengan adanya project Funding ini, MAGO menjadi satu-satunya lagu GFRIEND di tahun 2020 yang berhasil menaiki chart tersebut dan masuk ke top 20 lagi sejak 2018. 

Yang paling penting, kita bisa bikin GFRIEND dan Source Music bangga, sampai mereka nge-share artikel tentang suksesnya comeback MAGO di kancah Internasional. 


Melihat GFRIEND yang mulai sering diwawancarai media Internasional dengan masuk ke channel-channel selebriti Amerika, kelihatannya Source Music berharap karir GFRIEND di dunia Global akan lebih berkembang dari sekarang.

Makanya, yuk terus dukung GFRIEND dengan cara yang kita bisa sebagai World Buddy: beli lagu GFRIEND, stream lagu GFRIEND, bikin FanArt tentang GFRIEND, share tentang GFRIEND ke semua orang yang kamu tahu. GFRIEND selalu kerja keras, latihan, shooting reality dan variety show buat menghibur kita. Mari kita 'bayar' mereka dengan memberikan prestasi-prestasi skala Internasional~

Catatan ekstra tentang donasi:
Dengan persiapan yang sangat singkat karena pengumuman comeback yang tiba-tiba, donasi dari BUDDY Indonesia bisa mencapai jumlah yang fantastis, loh. Jumlah donasi dari BUDDY Indonesia untuk comeback MAGO:
Sumber donasi: 74 transaksi donatur + 1 Video YouTube
Total donasi terkumpul untuk project comeback: Rp4.699.000
Total donasi tersalurkan selama project: Rp4.114.413

Semua pencapaian ini nggak mungkin kita capai tanpa kerja keras semua BUDDY yang terlibat. Thank you Bundo! Sampai jumpa lagi di project comeback selanjutnya~

❤️, Safira Nisa

No comments:

Post a Comment

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES