Friday, January 8, 2021

2020 Skin Journey - Progress Kulit Sensitif, Kombinasi, Mudah Berjerawat selama Setahun~

 

Banyak banget hal yang terjadi di 2020, baik dan buruk. Meskipun rasanya waktu berlalu dan kita kayak ga ngapa-ngapain karena ga kemana-mana, sebenernya banyak sih hal yang sudah terjadi kalau dipikir-pikir. 

Tetap sehat dan masih bisa bernafas dengan baik aja adalah sebagian dari pencapaian yang besar, mengingat pandemi ini masih banyak orang di luar sana yang menganggap remeh penyakit yang mematikan ini.

Semoga kalian semua yang baca blog ini (secara sengaja atau ga sengaja) sehat selalu ya~
Dan makasih untuk 2.000.000 pageviews di blog ini! ❤️✨

Blogpost ini harusnya aku tulis dan selesaikan di bulan Desember, tapi ya banyak hal yang terjadi. Jadi aku baru bisa nerusin nulis blogpost ini hari ini, tentang progress kulitku selama 2020. 

Januari-Februari

 

Di awal tahun 2020, aku bertekad untuk memperbaiki kulit aku, bukan cuma mau hilangin jerawat. Dari dulu pengen ngilangin jerawat, tapi ternyata sekalinya jerawat ilang dia tetep bisa kembali. Kayak di bulan Februari kiri, itu jerawat udah mendingan. Tapi mereka tetep balik lagi dua minggu kemudian. 

Aku lupa kapan tepatnya, tapi aku inget pernah cek kondisi kulit di tahun 2019; dan aku baru tahu kalau kulit aku cenderung dehidrasi dan kering. Padahal, aku merasa kondisi kulit aku berminyak. Ternyata kulit aku memproduksi banyak minyak karena memang kekurangan hidrasi. Kulitnya jadi nggak sehat, makanya jerawat mudah banget datang. 

Karena itu, di tahun 2020 aku bertekad untuk fokus skincare Hydrating dan Moisturizing biar kondisi kulit aku jadi lebih sehat.  💃🏼

Maret - April - Mei 



Nggak ada proses yang instan, mie rebus instan aja masih harus dimasak dulu selama 3 menit sebelum bisa dimakan. Apalagi 'benerin' kulit yang tidak diperhatikan dengan baik. 

Di bulan Maret aku ngerasa kulitku udah lumayan terhidrasi. Beda deh teksturnya sama bulan Februari yang kerasa keset banget, atau bulan Januari yang masih kebanyakan minyak. 

Bulan April, aku ngerasa agak sedikit 'marah' karena kok begini banget, susah ya ngilangin bekas-bekas jerawat yang kemerahan padahal rasanya tekstur kulit udah membaik. Memang manusia banyak maunya ya, haha. 

Lalu di bulan Mei, akhirnya aku ngerasain yang namanya jerawat hilang satu, yaudah ilang aja. Biasanya hilang satu muncul dua, atau tiga. Tapi karena kondisi kulit yang udah terhidrasi dan terasa lebih sehat dari sebelumnya, jerawat yang biasanya selalu muncul sekampung hampir dua minggu sekali, ini datengnya dua minggu sekali satu-dua biji aja lalu hilang. 🥺

Juni - Juli - Agustus



Aku kira perjalanan kulit 2020 ini bakalan mulus-mulus aja, tapi ternyata enggak~ Bulan Juni, aku kena sunburn. Padahal enggak kemana-mana, tapi tetep aja kena panas sinar matahari waktu kelamaan main di genteng. Kulit kering, mengelupas, perih. Tapi untungnya, nggak sampai seminggu, kulit kebakar aku udah kembali pulih berkat ElshéSkin Hydrating Cream 😭❤️

Di bulan Juli-Agustus, aku kembali fokus untuk menghidrasi kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Aku sering maskeran, dan aku kenal baik-baik yang namanya Retinol di bulan Agustus ini. 

Produk retinol yang satu ini, bener-bener game changer buatku. 

September - Oktober



Retinol, masker, jarang skip skinkeran, minum air yang banyak. Aku sering minum air, aku maskeran kalau ada waktu, aku ga pernah skip retinol, seenggaknya seminggu sekali lah. Kalau skip skinkeran? Bahkan sampai Januari sekarang pun masih ada hari-hari di mana kehilangan motivasi untuk skinkeran.

September-Oktober ini, kondisi kulit aku udah jauh, jauh lebih baik dari awal tahun 2020. Aku rasa sih lockdown pandemi ini juga ngebantu, karena kulit aku jadi nggak harus berhadapan dengan polusi, debu, dan sinar matahari di luar sana. Kulitku yang sensitif ini jadi terjaga karena nggak kemana-mana. 

Produk Retinol yang sangat membantu pemulihan kulitku dan aku masih pakai (sampai hari ini) adalah: ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum. Kalau kamu pengen tahu apa sih yang membedakan Retinolnya Elshéskin sama produk lain, klik aja deh linknya dan baca review aku di sana. 🤩

November - Desember



Kalau kalian pengen tahu produk apa aja yang aku pakai untuk menghilangkan bekas jerawat dan bikin kulit lebih sehat di tahun 2020, aku saranin untuk lihat produk-produk yang pernah aku review di blog ini. Karena hampir semua produk yang aku pakai di tahun 2020, aku review. 

Tapi di tahun 2020 ini aku ingin berterimakasih sama ElshéSkin, karena skincare rangkaian anti jerawat-nya selalu menolong aku kalau jerawat di wajahku lagi berulah lagi. ElshéSkin juga menyelamatkan kulit terbakar aku, dan bikin revolusi terbaik dengan ngeluarin Active Rejuvenate Night Serum! ✨ #MonthofGlowry

Aku rasa tahun 2021 juga akan menjadi tantangan yang besar buat aku, karena kondisi kulitku yang sensitif ini masih bisa naik dan turun. Masih suka kemerahan kalau tubuh kerasa panas, dan masih banyak bekas jerawatnya juga. Tapi aku gak sabar akan jadi seperti apa perjalananku di tahun 2021 ini~

Thanks for reading!
❤️, Safira Nisa

1 comment:

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES