Friday, October 9, 2015

Rasanya Punya Anak (Kucing)


Kucingku melahirkan sekitar 1 bulan 2 minggu yang lalu. Sebenernya aku deg-degan juga sih selain tegang karena takut kucingku kesakitan, aku jadi mikir juga apa aku bisa urus anak-anaknya. Habisnya denger dari tetangga ada orang lain yang melihara anak kucing, anak kucingnya malah mati. Aku kan cuek dan males banget, takut nggak keurus dengan baik aja gitu.

Tapi waktu nggak kerasa, cepet banget jalannya, tau-tau ini anak anak udah bisa manjat ke kasur yang tingginya sekitar 70cm. Kucing memang cepet banget berkembang fisiknya, soalnya hal paling penting di kucing kan memang fisik. Kalau bicara? Berpikir? Aku juga nggak terlalu paham, tapi anak kucing yang tiga ini sih bisa berkomunikasi baik satu sama lain juga sama ibunya. Mereka juga masih kira-kira kalau loncat dari ketinggian.

Rasanya punya anak kucing itu bener-bener asyik deh. Suatu hal paling majestik yang pernah aku alamin sampai saat ini.


Dari hari pertama mereka lahir, aku pantau terus dan aku perhatiin. Ibunya anak kucing ini juga cukup protektif sih, kalau ada orang lain yang mau liat anaknya (selain keluargaku) suka gak boleh, dihalangin gitu sama dia. Aku nggak begitu khawatir, dan percaya mereka bakal baik-baik aja karena ibunya protektif. Akhirnya aaku kasih makanan yang lebih bergizi dan mengandung minyak ikan lebih banyak buat ibunya. Katanya, minyak ikan bisa memperbanyak air susu dan anaknya tambah sehat!

Bener aja sih, anak-anaknya udah keliatan pada gendut banget malah lebih daripada ibunya, gitu. Pas badan anak-anaknya udah mulai membesar, kaki-kaki mereka udah mulai kuat buat merangkak sedikit-sedikit. Dalam hitungan satu minggu setengah bahkan anak kucing yang ketiga (yang warna hitam) udah buka mata sedikit sedikit. Masuk ke dua minggu, mata dari tiga anak ini udah membuka semua. Tapi masih retina-nya aja gitu, hitam semua.
Di fase ini aku agak takut ada yang nggak bisa buka mata :')

Lambat laun mereka udah bisa jalan, ngeong-ngeong lucu. Pas satu bulan banget, 20 September, mereka pup untuk pertama kali.

Anak ketiga yang hitam mulai bercorak putih. Anak pertama (yang di atasnya) aktif banget. Yang di belakang anak kedua, tidurrr terus.
Kucing kan emang nggak bisa langsung pup. Kata orang sih sebulan baru bisa pup. Kebetulan 20 September itu aku kuliah agak siang, dan paginya momen pertama mereka pup. Aku deg-degan juga takut mereka jilat-jilat pupnya (namanya juga anak kucing, segala dijilat) tapi ternyata nggak. Satu persatu mereka pup, dan yang pertama pup itu yang hitam lagi.
Setelah mereka bisa pup, akhirnya kita kasih nama tuh anak-anak.

Yang pertama namanya Celli, yang kedua namanya Cessy, yang ketiga namanya Comel.
Kenapa Comel?
Soalnya mirip banget sama model Whishkas Junior, di situ kucingnya disebut si Comel yaudah namanya itu aja. Ga kreatif emang, haha.

Satu bulan lebih beberapa hari itu udah idul adha. Sekeluarga pergi ke Padalarang. Ya gak mungkin lah kalau kucingnya ditinggal. Sebenernya aku takut kalau bawa kucingku dan anak-anaknya naik mobil karena kucingku nggak suka naik mobil. Setiap naik mobil dia mah berisik aja minta turun sampe kadang mau muntah gitu. Lebay sih tapi da kasian atuh.

Kalau udah teriak-teriak gini teh akunya juga yang pengen nangis huft.
 Aku kira sih anak-anaknya bakal takut juga ngeliat ibunya takut. Tapi ternyata enggak sih, mereka malah asyik aja main di kandang, bahkan pengen keluar kandang, manjat-manjat. Tapi kalau Comel sih dia lucu banget, ngedenger ibunya teriak-teriak dia nyamperin dan jilat-jilatin wajah ibunya. Soswit sih, huhu.


Dan selama di rumah nenek pun nggak ada yang terluka, nggak ada yang hilang, nggak ada yang tersesat. Mereka cukup cepet sih adaptasinya dibandingkan ibunya. Gara-gara masih kecil kali ya jadi segala dibawa enjoy aja, hehe.

Pulang ke rumah lagi, mereka mulai tambah nakal dan asyik sendiri. Ngacakin segala barang yang dilihat. Diambil, dijilat, digigit. Kalau barangnya gerak, dikejar. Jari orang dikejar. Lagi nyapu, sapunya dipegangin. Bergantunglah anak kucing di sapu. Nyapunya pake kucing, deh.
Liat yang tinggi sedikit, pengen loncat. Nggak tau ada kaca, kejedot. Ya begitulah, lucu-lucu gemes nyebeli tapi menyenangkan juga, jadi ada hiburan di rumah.

Tapi si Cessy nih. Tidur mulu kerjaannya...


Tapi gapapa. Semuanya lucu dan aku sayang semuanya, hoho.

Cessy emang suka tidur dan dia cerewet banget kayak ibunya. Digendong dikit aja ga betah, mau turun  berisik.
Celli aktif banget, dia nggak bisa diem dan paling gendut. Jarang ngeong tapi lari-lari mulu, paling seneng ajakin ibunya lari-lari.
Comel mirip banget bapaknya, nggak cuma dari warnanya aja. Sikapnya yang diem-diem tapi merhatiin dan pengen diperhatiin juga. Gemes banget emang.

Tapi kadang kelakuannya random sih, namanya juga anak-anak. Kayak Celli nih, bisa juga galau kok!

Foto kiriman Safira Nys (@safiranys) pada

Kalau kucingmu udah bisa apa?

32 comments:

  1. Waaaa.... kucingnya lucu lucu cekaleeee....!! Genduut!! Aku suka banget nyemek gangguin kucing yang lagi tiduran atau ngerjain kucing biar lari lari, tapi aku gak suka kalo peliharanya. Males repot, emang aku suka seenaknya sendiri. Dirumah adekku yang telaten banget ngurusin kucing, aku senengnya cuma mainin..
    Dasar mama mama penakut *ngomong sama mamanya kucing*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kombinasi dari menyenangkan sama repotnya sih yang bikin asyik gitu XD
      Hoho iya nih mamanya penakut banget :')

      Delete
    2. Wah, jadi kaya ibu para kucing nih.. *becanda* selamat atas kesejahteraan kucing kucingnya..
      BTW baru tau kalo usia sebulan kucing bayi baru bisa e'ek hehehe

      Delete
  2. Gak punya kucing kak huhu :(
    Pengen banget punya kucing kayak Cessy. Udah bulunya putih bersih, aktif lagi. Bisa dbanget diajakin main hehehe. Kalo aku minta Cessy-nya boleh gak kak? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu jangan diajak main jauh-jauh deh kasian Cessy-nya :')

      Delete
  3. ngegemesin, tapi belum bisa adopsi anak kucing, takut belum bisa konsisten :")

    ReplyDelete
  4. kucing gue suka php, kadang minta manja manja gitu tapi tiba-tiba ngegigit.
    ya bener kucing gue kucing kampung. gak selucu kucingnya mba safira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kucing rumah juga sama aja kok, suka nipu-nipu gitu pengen gigit jari doang XD

      Delete
  5. Lucuuuuu deh baca ceritanya apalagi ngeliat langsung tingkah kucing kamu iya pengen gendong tapi malah takut ama kucing :D

    ReplyDelete
  6. anak kiucing emang lucu pkoknya,aku aja masih suka main anak ucing, tanganku di cakar-cakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya biasa aja ya meskipun suka nyakar nyakar XD

      Delete
  7. YA AMPUUN, KUBAWA PULANG SATU EKOR BOLEH YA *mupeng*

    ReplyDelete
  8. lucu-lucu banget kucingnya, udah lama gak pelihara kucing, dulu terakhir waktu kecil, sering tidur bareng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiih pasti dulu kucingnya kak Dona lucu deh :D

      Delete
  9. wah... kucingnya lucu-lucu :D
    Jdi pngen ngasih makan whiskas nih, salam kenal aj y mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jngan lupa mampir ke lapak ak ya :D
      http://bi-pomade.weebly.com

      Delete
    2. Kucingku mah lebih doyan makanan homemade dari petshopnya, hehe.

      Delete
  10. pengen lah kucing ny dijodohin sma yg pny ak.
    hehe.. biar anak nya pda lucu-lucu.
    slam knal buat kucing ny, ahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh asal jangan di luar Bandung aja ya, nanti LDR kan kasian. Huft

      Delete
  11. Uuuuu matanya biru langit gituuhhh yy fir

    ReplyDelete
  12. Lucunyaaa... suka banget liat anak kucing, daripada kucing yang udah gede yang udah kehilangan kelucuannya. Gue seneng banget gangguin kucing temen gue yang masi imut-imut, karena emang responsif gitu suka maenan.

    Hati-hati tuh, dulu ada kucing temen gue habis dihamilin kucing kampung jadi rusak anaknya.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kucingku dijodohin kaliii XD

      Iya sih kalau udah tua mah kucingnya makin males gerak, tapi tetep aja sih ada kelakuannya yang bikin lucu XD

      Delete
  13. Cessy lucu banget haha. Oh ya, si Jalu yang aku ceritain gak bisa ngejar betina sekarang pas dideket-deketin sama kucing temen, gentle nya mulai keluar wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga Jalu atuh ih harus berani lah :')
      Semoga cepet punya cucu ya kak XDD

      Delete
  14. ahhh, gemessss teh sama kucing yang putih
    Lucu :D
    Ibunyaa juga lucuuuuu

    Aku malah baru tauu kalo anak kucing baru bisa ngebob kalo udah sebulan,hehe
    Padahal sering banget ngerawat bayi kucing tapi gak ngeh kalo mulai pop kalo umurnya udh sebulan :D

    ReplyDelete
  15. aku gemessssh sangat liat ini! ya ampunnn *pengen mamam kucingnya* :)))

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES