Sunday, January 17, 2016

Apa Bisa Orangtua Tenang ketika si Kecil Senang memegang Smartphone?


Kebanyakan dari kita parno banget kalo ngeliat anak kecil pegang smartphone. Kita udah sering banget ngedenger dan baca berita tentang penggunaan gadget yang berlebihan bisa merusak dan menghambat pertumbuhan anak-anak. Ya emang bener, namanya juga 'yang berlebihan'.

Jangankan anak kecil, kita aja kalau pake smartphone cuma buat update kanan kiri dan main game doang sepanjang hari, perkembangan kita bakalan terhambat!
Ya apalagi lah namanya kalau bukan 'jadi gak produktif'.

Kayak aku nih yang udah kebanyakan golar goler pindah kasur sana sini sambil main smartphone cuma buat bukain sosial media sama main game. Sehari sempet tengok dashboard Blogger juga udah alhamdulillah. Alhasil beginilah, aku jadi kaku lagi buat nulis post dan berkarya. Hubungan antar blogger juga jadi nggak terpelihara baik. *hiks*

Jadi, sebenernya masalah menghambat perkembangan ini bukan tentang siapa yang memakainya. Tapi tentang bagaimana orang tersebut memakainya.

Apa manfaatnya kalau kasih smartphone buat anak?

Kita nggak boleh lupa sama fungsi utama (smart)phone itu sendiri diciptakan: buat alat komunikasi.
Nggak bisa dibohongi, jaman sekarang kebutuhan makin berderet dan nggak ada yang murah. Nggak jarang kedua orangtua harus kerja sepanjang hari dan meninggalkan sang anak. Atau bahkan ada yang harus pergi merantau untuk cari segepok uang. Dengan adanya smartphone di tangan anak, secara langsung tidak langsung orangtua kan bisa memantau keadaan anak. Lewat SMS, Telfon, atau video call.

Sumber gambar
Kita yang bukan gadget geek, nggak bisa memprediksi sejauh apa teknologi bakal berkembang dalam jangka waktu pendek, atau panjang.

Gimana kalau misalnya kita komitmen buat nggak ngasih smartphone ke anak sampai usianya delapan tahun. Eh ternyata SD yang anak kita masuki itu ngasih sebagian materi pelajaran bentuknya digital. Anak yang nggak kenal smartphone dan bahkan mungkin nggak dibolehin liat layar PC juga, bakal ketinggalan banget. Nggak punya dasar apa-apa tentang teknologi sedangkan dunia semakin digital.

Akhirnya jadi bagian yang tertinggal deh di masyarakat ini. Serem banget sih kalo sampe jadi yang tertinggal. Amit-amit deh ya, hiii.

Sumber gambar
Dan.. siapa bilang games nggak ada yang mendidik?
Sekarang udah banyak banget games interaktif yang mengasah pola pikir anak dan unsur yang ada di dalamnya pun sesuai sama umur anak. Gambar yang lucu, karakter yang imut dan gemesin, sampai warna yang ada di games tersebut bikin suasana permainan jadi ceria, kayak naturalnya anak-anak.

Sumber gambar
Iya emang banyak manfaatnya sih. Tapi apa dijamin aman kalau kasih smartphone ke anak? Kan kita nggak tau apa yang bakal mereka buka di smartphone itu, apa yang mereka lihat, dan berapa lama mereka main per hari?

Hampir semua smartphone masa kini punya banyak fitur yang memadai buat melakukan kegiatan di atas. Bahkan smartphone sekarang udah bisa didapat dengan harga satu jutaan aja. Tapi, ya emang sih nggak semua smartphone bisa aman kalau ada di tangan anak-anak.

Kalau bicara tentang keamanan anak, cuma Acer Liquid Z320 jawabannya. Soalnya Acer Liquid Z320 punya fitur khusus namanya Kids Center.

Sumber gambar
Fitur Kids Center ini bisa diaktifkan kalau anak-anak mau pegang handphone. Kalau udah aktif, seluruh konten yang ada di handphone bakalan dijaga sama fitur Kids Center ini. Mulai dari games, musik, website, bahkan video dari youtube pun udah dipilah dengan baik sama fitur Kids Center. Jadi kita nggak usah takut anak bakal nggak sengaja buka web atau konten yang bukan untuk usianya.

Sumber Gambar
Konten-konten di atas bisa membantu anak belajar tentang berbagai macam hal, juga game yang sudah dipilihkan bisa mengasah kemampuan berpikir dan softskill anak. Nggak perlu takut ketinggalan hal baru, karena konten yang ada di fitur Kids Center Acer Liquid Z320 selalu update ketika dibutuhkan.

Nggak cuma itu aja. Fitur Kids Center ini juga bisa kasih limit waktu berapa lama anak main smartphone per hari.

Sumber Gambar
Jadi kita nggak perlu melototin terus anak yang lagi pegang smartphone, ngatur apa yang boleh dia buka atau nggak, dan berapa lama anak boleh pegang smartphone. Acer Liquid Z320 ini udah melakukan semuanya mewakili orangtua.

Nggak cuma fitur kids center saja yang bikin Acer Liquid Z320 ini aman di tangan anak. Desainnya yang simpel dan kokoh, bikin Acer Liquid Z320 ini nyaman digenggam sekalipun di tangan anak. Nggak mudah jatuh kalau lagi dipegang.
Ditambah lagi, Acer Liquid Z320 punya teknologi Acer BlueLight Shield yang mengurangi intensitas cahaya biru dari layar. Cahaya biru dari layar nggak bagus untuk mata, terlebih mata anak-anak yang masih berkembang. Dengan adanya Acer BlueLight Shield, menatap layar jadi lebih nyaman dan kita bisa meminimalisir kerusakan mata.

Dengan semua kelebihan Acer Liquid Z320 di atas, anak-anak bisa main dengan senang, orangtua bisa kerja dengan tenang. Tapi dengan adanya smartphone tersebut, bukan berarti anak nggak butuh kasih sayang dan perhatian loh ya. Karena kasih sayang dan perhatian orangtua yang ditunjukkan secara langsung adalah segalanya untuk anak, dan menjaga hubungan keluarga tetap hangat meskipun ada smartphone.

Kalau kalian bertanya, apa aku mau ngasih anak smartphone?
Ya mau dong, kalau smartphone-nya Acer Liquid Z320. Tapi sayangnya, aku mah apa atuh, nikah aja belom.

Kalau temen-temen yang udah punya momongan gimana nih, kepikiran beliin si kecil Acer Liquid Z320 gak? ✌


Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Acer Liquid Z320

13 comments:

  1. Mungkin mamanya akan request ke papanya supaya dibeliin hape lagi neeeng, hahaha. *modus*

    ReplyDelete
  2. Eee ciyeee, ini postingan kode pingin cepetan kawin ye?? Hahaha

    Good luck, muga2 dapet hadiah ketje buat si kecil *oops

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm harus cepet perbaiki diri dulu kalo pengen kawin mah xD

      Makasih kak Pipiiit :D

      Delete
  3. Tapi kata dosen gue gini, manfaat smartphone buat anaknya doi, katanya waktu buat doi untuk istirahat ketika anaknya maen gadget. gitu sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha. Ya Dosennya istirahat, anak gak kepantau buka apa aja. Makanya mending beli Acer Z320 aja gitu :p

      Delete
  4. Wawawa smartphone idaman ortu setanah air ini! Keren, jadinya nggak perlu was-was lagi. :D

    Gudlak buat kontesnya! Aku suka gaya tulisanmu as always! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, kayaknya kalo aku udah jadi ortu pun hari pertama launching langsung beli x))

      Thanks kak Ikaaa!

      Delete
  5. kalau aku suka deg2an kalo sepupu yg masih kecil pegang smartphone. bukan apa2, dia suka tiba2 ilang mood langsung bantiiiing sia lah hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau masalah tahan banting sih hape sekarang udah lumayan kak, nggak rapuh-rapuh amat XD

      Delete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES