Saturday, November 4, 2017

Hal-hal yang Bikin Jerawatan

Jerawatan nggak akan tiba dengan sendirinya. Meskipun 'rasanya' kamu nggak melakukan sesuatu hal yang salah, tapi tetep aja ada hal yang memicu jerawat. Sesimpel hormon. Oh, no. Se-complicated hormon.

Yes, kamu nggak tau apa-apa. Kamu ngerasa nggak ada yang salah. Eh tiba-tiba hormon-hormon di tubuhmu itu bergerak dan bereaksi sesuka mereka, membuat perubahan-perubahan. Perubahan mood, perubahan kondisi kulit.

Ini juga yang aku rasakan.


Selama SMP-SMA, aku jarang banget punya jerawat. Kalaupun punya cuma satu atau dua, lalu hilang begitu saja. Tapi bekasnya? Lain cerita, deh. Itu susah banget.

Tapi sejak dua tahun lalu, kondisi kulitku berubah.

Jadi lebih berminyak. Sering kena panas, kena polusi. Belum lagi nyoba-nyoba makeup. Jerawat makin banyak muncul. Mati satu, tumbuh dua.

Aku coba-coba treatment pake chemical peeling, Super Aqua peeling gel. Tapi yang ada ternyata kulitku ga cocok sama peeling gel itu. Malah over-exfoliated lalu tambah sensitif. Belum lagi keseringan pake masker Himalaya Herbals yang Neem mask. Karena kulitnya udah sensitif, ya yang ada bukan bersih pake masker itu. Kulit wajahku berasa ketarik-tarik, yang ujung-ujungnya jadi over-exfoliated lagi.

Kulitku udah melalui banyak hal. Bahkan merasakan tinggal di cuaca yang berbeda. Sekarang di umur 20 ini, aku ingin mengenali kulitku lebih jauh. Jadi aku tau apa yang aku butuhkan untuk merawat kulitku dengan kondisi saat ini.

Selain hal-hal yang udah aku ceritain di atas, ada hal-hal lain yang bikin kulit aku jerawatan. Sebelum aku sebutin satu persatu, inget ini adalah catatan pribadiku yang mungkin bisa bermanfaat buat kalian atau enggak. Karena setiap orang itu unik. Jangankan kadar minyak wajah dan hormon, motif di kornea mata aja ga ada yang sama gengs.

Makan Cokelat


Sebuah kiriman dibagikan oleh @eiennaephemera pada


I know, I hate it too. Rasanya sakit setelah tahu kalau cokelat adalah salah satu pemicu munculnya jerawat di wajahku. Hal ini aku sadari setelah dua hari berturut-turut ga ketulungan makan coklat susu kacang almond banyak banget. Ya siapa suruh naro toples coklat di kamar w lol

Coklat yang kumakan itu memang ada kacangnya. But actually kalau aku makan berbagai kacang-kacangan, kulitku ok ok aja kok.

Kena Polusi



Selama hidup hampir 2 bulan di Thailand, bisa dibilang kulitku bebas dari jerawat. Memang selain karena nggak pernah makan cokelat, udara di tempat aku tinggal itu bersih banget. Ya gimana ga bersih lah, tinggal di tengah kebun. Ke sekolah jaraknya deket banget. Nggak lewatin pabrik, dan nggak banyak kendaraan. Lah wong orangnya aja sedikit.

Beda cerita sama di Bandung. Keluar 800m dari rumah aja udah kena polusi seabrek. Solusinya aku harus deep-cleansing. Selama ini aku masih pake masker yang purifying, ,sih. Tapi niatnya ku ingin beli Jacquelle Cleansing brush yang charcoal kalo ada promo! LOL

Gak Bener Bersiin Makeup



Ya, ini mah umum banget. Wajah yang nggak bersih sebelum tidur bisa memicu jerawat!

Aku punya cleansing gel yang bagus banget buat hapus makeup, Corine de Farme. Ya punya aja sih, tapi pakainya suka males. Malesnya ini yang harus diperbaiki.

Skip Skincare yang Penting



Buat aku, Facial C-Serum dari Sensatia Botanicals itu udah yang paling wajib. Skincare itu membantu aku menjaga kebersihan kulit dari jerawat, bikin kulit lembab dan cerah. Sekalinya skip nggak dipake, wajah berasa ga enak banget. Dan bisa tumbuh jerawat!

Aku sebenernya pengen pake vitacid buat bersiin jerawat. Awal-awal jerawatan memang ngaruh cepet banget! Tapi belakangan ini vitacid jadi ga terlalu ampuh buat kulitku. Apalagi vitamin a macam vitacid kan ga boleh dipake barengan skincare yang ada vitamin c-nya. Aku jadi harus pilih salah satu. ;-;

Kurang Berkeringat



Waktu di Thailand, aku berkeringat banyak setiap hari. Bukan karena aktif banget sih, tapi karena emang udaranya aja yang panas. Bandung kebalikannya. Di sini dingin banget sampe berkeringat aja susah. Aku harus banyak olahraga biar tubuhku memproduksi keringat dan mengeluarkan racun yang ada di tubuh, kulit, dan pikiran!

Sampai hari ini, baru itu aja hal-hal yang aku lihat memicu jerawat di kulitku. Kata orang sih banyak banget makanan yang bikin kulit jerawatan. Tapi yang paling ngaruh di kulitku cuma cokelat. Kacang dan gorengan is fine, lah.

Dan orang bilang stress bisa bikin jerawatan karena mempengaruhi hormon. But in my case, aku depresi aja ngga muncul jerawat satu pun.

Keadaan kulit setiap orang memang beda-beda. Minum susu, makan telor mungkin bisa bikin kamu jerawatan tapi aku enggak. Jadi coba deh perhatiin hal-hal apa aja sih yang bikin kamu jerawatan? Boleh loh melakukan 'penelitian' ini on purpose (disengaja) kalau emang beneran penasaran. Lol.

Thanks for reading!
―❤, Safira Nys

10 comments:

  1. Aku gak pernah merhatiin apa aja yang memicu munculnya jerawat yang ganggu banget di mukaku :')
    Tapi biasanya kalau mau datang bulan pasti muncul tuh si jerawat..

    ReplyDelete
  2. Masukin juga Skripsi dong (bisa jadi penyebab jerawat juga) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm aku baru mau skripsian sih jadi aku ga tau aku bakalan jerawatan apa engga pas skripsian. Semoga engga :P

      Delete
  3. Kalau aku udh pasti polusi, kalau misal terlalu sering di jalanan pasti langsung tuh jerawat menyerbu wajahku.

    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. Baru tau kalo kurang berkeringat bisa memicu jerawat. Masalahnya aku benci keringetan, makanya gak suka olah raga ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku perhatiin di kulitku gitu, sih. Kalau ga keringetan justru kuman dan cairan sisa di tubuh kan ngga keluar gituu padahal itu kotoran yang numpuk juga.

      Delete
  5. polusi dan kurang benar bersihin make up memang bisa jadi penyebab adanya jerawat pada wajah. tapi wajah yang kotor karena jarang di bersihkan juga bisa jadi pemicu kak.. (pengalaman) :D

    ReplyDelete
  6. Polusi bener bangett, duluh waktu smp sma aku jarang banget jerawatan, soalnya emng sekolahnya deket banget. Klo skrng mah kuliah lumayan jauh kampusnya, jadi pasti muncul yg namanya jerawat:(

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES