Wednesday, November 21, 2018

Tips Belanja Online: Menghindari Tertipu Skincare dan Makeup KW atau Palsu

Belakangan ini aku lagi sering buka Twitter. Ternyata di sana warganya masih rame dan banyak sekali. Informasi juga berputar cepat banget. Tapi kalau ada informasi penting dan mencengangkan, tweet itu bakalan muncul terus-terusan di timeline dalam beberapa hari. Karena, ya ada saja yang retweet. 

Salah satu informasi yang sering lewat adalah, info-info produk KW atau Palsu dari online shop. Biasanya sih, skincare atau makeup. Dua barang tersebut kita pakai langsung di kulit, dan resikonya sangat besar kalau sampai tertipu barang yang palsu. Bahan kimia yang kita nggak tau isinya apaan, kalau kita pakai juga kita nggak tau reaksinya bakalan kayak gimana ke kulit. 

Untuk menghindari tertipu barang yang palsu, aku punya lima tips buat temen-temen.

Baca Description Box



Jangan sampai lupa baca description box! Ada beberapa online shop yang memang menjelaskan kalau produk mereka adalah tiruan. Meskipun mereka nggak nulis 'BARANG INI TIRUAN', tapi mereka kasih sedikit clue seperti: 'PRODUK MIRROR 1:1 DENGAN ASLINYA.' Berarti, produknya gak asli, kan? 

Sekarang juga banyak teman-teman yang suka jual produk preloved alias bekas pakainya secara online. Kalau kamu nggak mau merasa 'tertipu' kenapa produk seperti sudah dipakai, ya siapa tahu produk tersebut memang sudah pernah dipakai. Yang jual sudah tulis di description box, jadi jangan dilewatkan bacanya!

Cek Harga Barang di Toko Lain



Namanya juga cewek, harga barang murah dikit eh dompetnya langsung kempes. Demen beli barang diskonan nggak salah, gengs. Yang salah itu kalau sudah tergiur barang yang harganya MEMANG murah dan SANGAT JAUH dari aslinya. Padahal lagi nggak ada promo dan diskon apa-apa. Harga yang terlalu murah itu patut dicurigai.

Coba cek harga barang yang kamu inginkan di toko official atau toko lainnya. Kalau bedanya lebih dari limapuluh ribu sampai ratusan ribu, wah. Fix interogasi lebih lanjut!

Teliti Sebelum Membeli



Kalau kamu beli di online shop, coba cari tahu apa saja yang mereka jual. Apakah mereka beneran jual makeup dari berbagai brand yang berbeda dan ternama? Atau selain jual makeup bermerk, mereka juga jual makeup yang merknya ga jelas? Jenis produk yang dijual di toko bisa jadi salah satu pertimbangan kamu untuk mempercayai toko tersebut.  

Baca Review Produk dan Review Online Shop



Setiap online shop pasti punya jejak rekam online. Kalau di marketplace seperti shopee, tokped dan bukalapak kamu bisa langsung lihat review yang dibelikan pelanggan sebelumnya. Mungkin nggak semua pelanggan tau mana yang palsu dan asli. Makanya kamu harus baca setiap review dengan teliti, utamakan review dengan nilai rendah dan yang menyertai foto

Selain itu, kamu juga bisa cari testimoni toko melalui teman-teman kamu di internet. Lebih mudah kalau cari nama onlineshop tersebut di google, atau tab search twitter. Biasanya ada diskusi tentang online shop tersebut. Jangan lupa tandai online shop yang terbukti menjual barang palsu jika kamu nggak sengaja melihat informasinya.

Utamakan Membeli dari Website/Toko yang Terdaftar dan Terpercaya



Kalau memang kamu bener-bener ingin membeli makeup dan skincare dengan aman, cobalah membeli di online shop yang memang sudah terpercaya reputasinya. Ada beberapa situs yang aku tahu: www.sephora.co.id dan www.sociolla.com untuk berbagai produk kecantikan. Sedangkan khusus produk Korea, kamu bisa cari di id.althea.kr. Untuk produk ElsheSkin, tentunya bisa kamu cari di www.elsheskin.com.

Kelebihan dari website terpercaya di atas juga kamu bisa mendapatkan berbagai promo di waktu tertentu. Aku juga punya kode diskon di Sociolla: SBN05D677 untuk potongan Rp50.000 setiap belanja minimal Rp250.000. Lalu kode diskon di ElsheSkin: SQUADSAFIRA untuk potongan 10%.

Jika kamu lebih suka berbelanja di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia, pastikan toko tempat kamu membeli punya reputasi yang baik. Lebih baik lagi kalau kamu berbelanja di Shopee Mall atau di Tokopedia official store. Belum pernah belanja di Shopee? Pakai kode SAFIRB32 untuk cashback 50%. Ada juga cashback 50% di Tokopedia dengan pakai kode TPSSA2940.

Happy shopping dan tetap waspada, girls!
Thanks for Reading~
Safira Nys

No comments:

Post a Comment

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES