Wednesday, April 24, 2019

Apa yang Salah dari Membuat Kesalahan?

Jawabannya: nggak ada.
Nggak ada yang salah dengan membuat kesalahan.

Meskipun kamu diolok-olok, ditertawakan, dibicarakan, membuat kesalahan itu sebenarnya nggak salah. Membuat kesalahan itu wajar. Membuat kesalahan itu harus. Membuat kesalahan itu artinya kamu berani mencoba hal baru, kamu berani berkembang. Membuat kesalahan artinya kamu nggak diam di tempat. 


Dan kamu mestinya belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.

Waktu kamu kecil, apakah kamu lahir tiba-tiba bisa jalan kaki tanpa jatuh? Bisa langsung makan nasi nggak pakai dimuntahin lagi atau diacak-acak? Gak mungkin. 

Dan apakah ketika kamu yang masih bayi belajar jalan lalu jatuh, orang menganggap kamu itu bodoh dan nggak mampu? 

Kan enggak.
Itu wajar, namanya juga masih bayi. Baru mulai hidup, jalan aja masih belajar.


Terus, sekarang ketika kamu mulai belajar nulis, ngegambar, makeupan, bikin puisi, bikin lagu.. bikin usaha, mulai kerja di perusahaan, nikah muda, mau apalah itu. 

Ketika orang menertawakan,
Ketika orang komentarin kamu ngapain begini begitu,
Apa kamu yang salah?

Nggak. Mereka yang salah.
Dari lahir, kita diminta untuk terus belajar dari nol.
Belajar buka mata, belajar pegang benda, belajar tengkurep, belajar duduk, belajar jalan.

Lalu ketika kamu udah bisa melakukan semua hal dasar yang manusia lakukan, apakah kamu harus berhenti belajar? Ya nggak boleh. Apa kamu mau berhenti berkembang di usia 13 tahun, setelah bisa kerjain aljabar?

Terus gimana nanti kalau kamu lulus kuliah dan ga punya skill, lalu susah cari kerja?
Kan malah nyalah-nyalahin pemerintah.


Lalu kalau kamu baru mulai belajar sesuatu yang baru, kamu melakukan kesalahan.
Apa itu salah?
Nggak.

Kamu nggak bisa langsung bisa berdiri tegak selama 2 jam di hari pertama kamu belajar berdiri, kan?

Kamu juga nggak bisa langsung jadi kayak Rossi di hari pertama kamu belajar motor.

Kesalahan itu bagian dari proses. Kalau kamu nggak punya kesalahan, kamu nggak bisa belajar mana yang baik untuk kamu. Mana yang benar untuk kamu. Mana yang membuat kamu berhasil, dan mana yang nggak.

Lewat kesalahan, kamu bisa tahu kamu ingin hidup dan melakukan sesuatu hal dengan cara apa. Cara yang kamu inginkan sendiri. Bukan yang tetangga kamu, orangtua kamu, kakak, adik, atau teman kamu inginkan.


Batasi diri kamu.
Batasi telinga kamu, pikiran kamu dari kata-kata dari luar atau dari diri sendiri yang akan membuatmu berhenti belajar dan membuat kesalahan.

Buka mata kamu, hati kamu untuk menghadapi kesalahan yang kamu buat.
Cari di mana letak salahnya, lalu cari cara untuk perbaiki kesalahan itu.

The world does not stay still,
so just move with it.

Thanks for reading~
❤️, Safira Nys

12 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. karena yang paling ganggu adalah omongan orang

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES