Thursday, March 10, 2016

Chingu Cafe: Korea Selatan di Kota Bandung

Chingu cafe pasti udah nggak asing lagi buat anak Bandung yang tinggal di sekitaran UNISBA, dan daerah manapun yang suka korea-koreaan. Aku pernah suka banget sama korea waktu jaman SMP dan bisa baca hangeul (huruf abjad Korea, tapi sekarang ingatannya udah luntur kayak lipstik glossy dipake makan), kalo sekarang suka aja. Gak pake banget-bangetan meskipun nonton drama korea bisa sampe jerit-jerit dan guling-guling sendiri.

Udah lama denger juga dan udah pernah lewat depan Chingu Cafe ini. Cuma baru sempet mampir sekali, bulan ini. Kalau nggak ditraktir sama Reza, kayaknya baru nanti-nanti kesampeannya. Kalau udah ngga kuat pengen cobain kimchi karena kebita nonton di drama. HA!


Letaknya di pinggir jalan banget, kalo di Instagramnya mah bilang di Jl. Sawunggaling No. 10 (Deket Baltos), sebenernya nggak deket-deket amat sama Baltos karena harus lewat tiga belokan lagi. Kedengerannya emang deket dan mudah tapi masalahnya.. Belokan sekitar sini BANYAK BANGET. Dan tempat makan di daerah sini juga banyak. Lebih baik bawa temen yang orang Bandung kalo ga tau jalan, atau liat ke google maps yang terpercaya.

Parkirnya cukup luas, bisa mobil juga. Cuma ya hati-hati we di Bandung mah suka ada tukang parkir gentayangan. Pas masuk mah nggak ada tukang parkirnya teh. Eh pas mau keluarin motor/mobil mah nyamperin. Sebenernya kalo ada restoran/kafe ngasih charge untuk tax dan service, menurut aku nggak usah lah ada mang parkir misterius. Kalo bisa mah dicegah. Parkir mah udah hak pelanggan kan? Kan?


Di daerah Bandung kota yang udaranya agak dingin, kebanyakan rumah jaman Belanda yang bisa kita liat. Dan, Chingu Cafe ini.. Awalnya emang rumah jaman Belanda. You can tell lah dari atapnya yang udah pudar warnanya, dan bentuknya yang ada aksen lingkarannya. Luas, dan di dalemnya banyak ruangan.

Setau aku sih emang kalo rumah jaman Belanda mah mau gede banget segede Istana presiden atau segede cafe ini, ruangannya pasti banyak. Rumah nenekku juga, meskipun gak luas-luas banget tapi, banyak ruangan tersekat-sekat. Yang bikin aku kagum adalah kreatifnya mereka bikin ruangan yang banyak tapi luasnya terbatas itu jadi cozy banget.

Per ruangan dikasih tema tertentu dan dikasih nama sesuai nama kota yang ada di Korea Selatan sana.

Teteh teteh yang ga sengaja kepoto ih hampura ga maksud :(
Ini area depan waktu kita masuk, yang berbatasan langsung sama kaca. Bisa dibilang juga smoking area karena nggak ada ac-nya. Tapi ya siapa aja bisa pake kok kalau mau. Aku suka banget liat dinding bata yang dicat begini dan batanya rapih banget rasanya pengen diem aja ngeliatin gitu.

Yang lucu sih dikasih lampu dan dinyalain, padahal masih siang dan.. itu kaca gede-gede buat apaa?
Ah, mungkin buat membangkitkan ambience dan menarik pelanggan masuk.


Kebetulan aku sama Reza kedapetan ruangan yang namanya Myeong-Dong. Begitu masuk, semua yang keliatan adalah ke cewek-cewek-an banget. Liat lah, AC-nya aja sampe di-cat pink. Mas Waiter-nya pake blazer berkerah pink, pula. Tapi emang kebanyakan waiter di Chingu Cafe pake sesuatu yang ada aksen pink-nya.

Di ruangan ini kita bisa nonton MV yang disetel di TV dan HD banget! Kita juga bisa request lagu ke waiternya. Tapi aku nggak saranin bawa anak kecil ke ruangan ini karena kadang MV-nya sekelas Sistar gitu.

WC-nya juga ada di sebelah ruangan ini (di foto, ruangan sebelah kiri), dan believe it or not closet-nya juga warna pink. Ada Mushola juga di deket WC dan tempat wudhu, keliatannya relatif kecil tapi aku nggak bener-bener nggak tau, ngintip doang.

Ruangan Myeong-Dong ini terhubung sama empat ruangan lain; dari arah pintu masuk [dianter waiter, kok], WC dan Mushola, dapur, dan tempat cuci piring. Aku tau dapur dan tempat cuci piring beda karena.. perhatiin waiter-nya.


Interior di Myeong-Dong ini terbilang normal tapi nyaman, ada sofa, kursi dan tempat duduk lesehan. Yang bikin nggak terlalu nyaman adalah jarak dari satu meja ke meja lainnya yang mepet banget. Kalo yang badannya agak lebar, jadinya canggung kalo lewat ke sini.

Beauty standard Korea Selatan emang ramping-ramping kayak SNSD tapi cafe buat orang yang senang makan, dong. Meskipun ada juga yang punya tipe bodi: makan mulu, tapi nggak gendut-gendut. Well that's my club.



Hal menarik lain yang nggak banyak disadari orang adalah, lantainya. Pakai ubin berpola yang jadul banget, dan setahuku udah nggak diproduksi. Sekarang kan jamannya keramik yang diprint gitu loh? Ini kebayang dong ubin-nya se-tua apa.

Di foto atas, itu foto ubin pola yang ada di ruangan Myeong-Dong. Sadarnya nggak sengaja juga, karena.. Kita mah suka perhatiin hal-hal gak penting. Foto bawah, ubin berpola di ruangan sebelum Myeong-Dong dari arah pintu masuk.



Chingu cafe ini lebih penuh daripada keliatan dari luarnya (foto atas). Parkir motor dan mobil ga banyak-banyak amat, eh ternyata pengunjungnya penuh. Curiga bisa waiting list, sih. Untung nggak. Aku baru sadar, ya bisa aja ada yang jalan kaki dari kampusnya (karena kebilang deket) atau mungkin naik angkot karena emang kelewatin jalur angkot, lah.

Masih di ruangan Myeong-Dong, lukisan ini lucu banget. Ini bikin aku mikir juga ini siapa aja sih? Aku samar-samar bisa baca-nya.. Tapi setelah nanya sama Sarah, temenku yang Korea banget, ternyata cewek di kiri itu namanya  Lee Jieun, sebelahnya Kim Jongkuk, Kim Taeyeon, Lee Jinki (Shinee's Onew), Kwon Ji Yong (BigBang's GD). GD sebenernya udah keliatan dari style-nya ya. Ciri khas banget~


Namanya aja Chingu fan Cafe. Jelaslah, banyak aroma-aroma fandom di sini. Aku karena udah lama banget nggak nengok musik korea, jadi nggak banyak tau tentang artis-artis yang fotonya dipajang ini. Cuma tau beberapa. Beda sama Reza yang adiknya hobi banget dengerin Korea, dia cukup tau banyak. #Akumahapaatuh.

Kalo di Myeong-Dong ini fokus banget sama Musik dari Korea, di ruangan lain ada yang didesain bertema drama korea dan kendaraan populer di korea.


*Kasih Backsound*
Sebenernya aku bingung yang diinjek cewek itu taman atau jalan. Gimana bisa ya jalan di atas rumput kan suka ada larangan buat gak nginjek rumput. #lah.Lukisan ini ada di ruangan sebelum ruangan Myeong-Dong. Iya, barengan sama ubin lucu yang tadi. Dan, kalo ke Chingu Cafe lagi aku bakal liat nama ini ruangan apaan.

Foto ruangan bertema MRT Korea-nya alias daerah Gangnam, nggak bisa aku foto karena banyak waiter sedang bergosip ngehalangin. Reza bilang lain kali aja, padahal sebenernya aku gak malu sih buat nyelinap di antara waiter. Tapi kasian, nanti dia yang malu bawa-bawa aku.

Luckily, aku bisa foto di miniatur shelter bus jurusan Myeong-Dong!


Foto kiriman Safira Nys (@safiranys) pada


Shelter ini seruangan sama kasir. Begitu masuk ruangan beneran (setelah yang penuh kaca di depan), shelter ini kentara banget abisnya gede. Dan ada petunjuk arah ruangan juga. Lucu kayak beneran di jalan, gitu.

Buat yang takut nggak halal, menurut kakak di Dunia Kuliner Bandung, Chingu Cafe ini termasuk halal meskipun belom didaftarin ke MUI. Daftarin ke MUI kan butuh waktu dan dana, sedangkan Cafe Chingu masih termasuk kecil, lah. Belom buka cabang, dan harganya masih mahasiswa banget. Ya warung nasi pinggir kampus itu ada cap MUI-nya gak? Yang penting berdo'a dulu aja karena niat kita nggak aneh-aneh.

Makanannya ada apa aja? Banyak! Ada kimchi juga yang ternyata enak banget dan bikin aku ketagihan sampe sekarang. Huhuhu.

Selengkapnya tentang makanan di Chingu, baca aja di blog-nya Reza berhubung beliau punya hubungan lebih erat sama makanan~

Kalo aku sih, cukup merhatiin ruangan aja karena suka merhatiin yang nggak penting sampe ke ubin-ubinnya. Huehe.

23 comments:

  1. waah tempatnya unyu banget jadi pengen ke bandung. Aku sendiri belum pernah cobain kimchi hihi.
    Btw suka banget sama konsep shelter busway di tengah ruangan gitu, jadi gak bingung mau keruangan yang mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang membantu banget, sih interiornya. Waiter nya juga ngebantu semua jadi nggak akan kebingungan! Paling bingung aja kenapa di sini asyik banget :9

      Delete
  2. itu ceweknya si cheon song yi lagi terbang saf wkwk diterbangin sama so min joon di drama my love from the star #koreabangetanaknyateh ... aku udah berapa kali kesini dan pesennya kimchi jiggae lagi kimchi jiggae lagi wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kaaaan xD
      Aku inget judul filmnya asa pernah liat my love from the star bukan ternyata bener. Scene nya lupa. #anaknyapelupabanget

      Ampun Dhel aku mah jawuh dari kota jadi abis di jalan waktu dan uangnya haha xD

      Delete
  3. saaaaaf lucu banget ih tempatnya :( mau atuh kalo ke Bandung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh makanya main main nya realisasikan! XD

      Delete
  4. Setiap kali punya rencana ke chingu kafe g pernah terealisasi. Huft.. Ya udah deh, pas udah balik gini liatin aja foto2mu ama jakur. Tapi alhamdulillah, kafe korea gini g cuman di bandung doang, hahahaha.. Jadi masih bisa nikmatin jajanan korea kesukaan kayak kimbab :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan kalo ke Bandung harus deh pokoknya XD
      Hmm, kalo macem kimbab sih aku masih prefer sushi #lah

      Delete
  5. Keren tempatnya kak. Semoga bisa ke sana ya.
    Ehh, Pekalongan - Bandung jauh yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nothing is impossible, lah. Pasti bisa kok ke sini suatu hari, di Bandung banyak tempat main kok XD

      Delete
  6. Suasanya berasa makan di korea beneran ya neng haha keren deh sama konsep cafenya <3<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cafe di sini keren keren konsepnya sih XD

      Delete
  7. Di Surabaya mah kagak ada cafe yang jual makanan kuliner Korea. :3 Kalo restonya sih lumayan banyak, tapi taulah.. Harga resto. :3

    Cuma Kimchi Go yang menurutku harganya masih masuk akal. Tapi ya gitu, harus nge-mall dulu. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lah resto mah beda atuh.. Aku pun nggak sanggup kalo ke resto resto XD

      Ya sekalian jalan jalan kan kak :9

      Delete
  8. Aaaaaakh, cafenyaaaa bikin betah banget itu desainnya :D sukaaaaak :3 unyu-unyuuu gimana gitu :D

    ReplyDelete
  9. WAAAW kk safira ini hits banget yahhh~
    walaupun tempatnya rumah2 jaman belanda gini tapi interior dalamnya instagramable banget! Daerah deket2 unisba yah? Tar cari deh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencari dengan teliti soalnya kadang suka kelewat, haha XD

      Delete
  10. pecinta Korea yang kena demam Haliyu pasti jadi males pulang dan betah berlama lama disini ya kak. aku mbayangin adem banget didalem *efek pontianak yg panas membara*

    ReplyDelete
  11. Tempatnya asik, kayanya bakalan betah lama2 tuhh :) Nyobain mampir ke tempat ini kalo saya lagi main ke bandung :D

    ReplyDelete
  12. Yeay!!!! aku udah pernah ke sini uwuwuwwww!

    aaak mau ke sini lagi enak-enak dan murce <3

    ReplyDelete
  13. bukan niat yang aneh2, emang niat cuma makan kan? tapi Allah udh memperingatkan hamba-Nya untuk makan makanan halal, sekalinya ada barang haram masuk, yaudah deh neraka menanti. Memang warung kecil, apa salahnya untuk confirm ke MUI, emang MUI hanya untuk pebisnis besar? toh engga. saya mau ngasih tau aja, kalo masih ragu dan blm ada kepastian dr MUI mending gausah deh. kasian kamunya.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES