Tuesday, August 9, 2016

Behind the Scene: #AltheaTurns1 Birthday Stop Motion

(Orang lain rame full day school, ini bahas stop motion. Gapapa, aku sebenernya anak full day school loh dari SD sampai SMA. Aku gaakan berpendapat tapi kalo mau tanya-tanya gimana rasanya sekolah full day.. Enak aja kalo di kelasnya tidur terus. HAHA [I was sleep addict, remember?])

Kalau diinget, ternyata ini bukan kali pertama aku bikin stop motion. Pernah di sini nih, tapi kuhapus. Sedih, yha. Meskipun the person is no longer special, at least bakatku kan masih spesial. So. Sekarang aku nyesel udah ngehapus stop motion-nya. (Ini malu sih kalo dibaca sama temen SMA but truth should be told so..)

But worry not, I made a new stop motion. Lebih niat, lebih rame. Memakan waktu lebih lama. Dengan drama lebih banyak.


Biar apa bikin stop motion kayak gini?
Biar senang.

Nggak tau kenapa, padahal lomba Instagram-nya Althea cuma nyuruh bikin foto selfie doang sama party kit-nya. Tapi semangat dalam hatiku menggebu-gebu banget buat bikin stop motion. Selama tiga hari, kegiatanku nggak jauh dari shoot-nulis kerjaan-shoot-edit-makan-BAB. And frankly speaking, tiga hari itu adalah tiga hari di mana aku ngerasa paling semangat. Boro-boro keinget bikin blogpost, stalking diri sendiri aja ga sempet. (Yes, ngapain stalking orang lain. I love me way too much)

Selama tiga hari, nggak ada yang namanya sempet leha-leha pegang hape. Kalo ga lagi ngambil ratusan foto, ya lagi menyatukan mereka jadi sebuah video. Yes, aku menemukan aplikasi yang bisa mempermudah kamu bikin stop motion. Ini ngga sponsored, cuma ngasitau aja siapa tau kamu pengen bikin stopmotion dan ga mau ribet.

Stop Motion Studio


Ini tampilan depannya. Kamu bisa bikin new project di tanda plus itu. Kalau mau edit yang udah ada, ya klik aja thumbnail-nya.


Yang aku suka, di aplikasi ini kita bisa nambahin voiceover, musik, juga ganti tema. Kita cuma bisa ngatur kecepatan foto, berapa frame per second gitu, ga bisa dikasih filter atau di-crop. Kecuali kamu mau nge-doodle di atas fotonya satu-satu sih bisa.

Selain itu juga kita bisa ngambil ratusan foto pake timer setiap 5-10 detik. Ngga butuh orang lain buat foto-fotoin deh, bisa sendirian aja dibantu sama tripod. Dan aku ngegunain fitur ini buat scene make-up an di video althea. Yang aku ngga suka, per satu fotonya (kalau ngambil pake aplikasi ini) ga bisa dieksport jadi sebuah foto. Ya udah jadi stopmotion aja. Heup. Sayang juga kan kalau ada foto yang Instagramable.
Solusi: Screenshot. 


Sebelum tau fitur ngambil foto-nya bisa pake timer.. aku ambil fotonya manual. Jadilah galeri dah macem anak bebek lari kesana kemari berkelompok, rame banget cuy.


Properti yang aku pake buat bikin stopmotion ini selain party kit dari Althea dan make up:

  • Guntingan kertas lipat yang berpola (yang polos mah gak rame)
  • Biji-biji tasbih (iya ini dipretelin) (kalau pake biji jagung ntar malah jadi popcorn)
  • Karton polos warna pink (karton susu susah bersiinnya)
Udah. Simpel kan?
Ya simpel lah, wong videonya cuma satu menit.

Tapi bukan berarti nggak ada drama. Karena sesungguhnya drama dimulai ketika mau shoot ucapan selamat ke Althea. First attempt, aku nyoba shoot malem-malem. Tapi karena lampunya jauh (di langit-langit) dan aku cuma pake kamera HP, hasilnya jelek banget. Mana make up-nya aneh. Jadilah shoot ulang di siang hari.

Eh, pas shoot ulang tiba-tiba...
Video ini pure tanpa rekayasa gengs. Asli, se-drama itu.

Tapi karena videonya udah jadi.. Aku senang sekali. Pengen bikin stop motion lagi, tapi gatau buat apaan. Lol. Kalo ada ide (dan akunya jadi semangat buat bikin..) tulis aja di kolom komen yha :p

4 comments:

  1. Saya baru tau dengan adanya aplikasi Stop Motion Studio dan ternyata bagus juga ya mbak aplikasinya.. ahh harus download juga nih

    ReplyDelete
  2. Udah liat stopmonya fir, keren..
    btw kamu niat banget yah, aku mah apa atuh, malesan, hahaha

    ReplyDelete
  3. fiiir masa aku ketawa di bagian yang video terakhir :p

    ReplyDelete
  4. pertama dan terakhir bikin stop motion itu buat pekan UKM waktu ospek, pake iMovie. abis itu udah, soalnya aku pemalas akut.

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES