Saturday, May 28, 2016

Kucingku Sembuh dari Stroke


Kucing yang aku pelihara bukan dua, sebenernya ada tiga. Tapi ibunya jarang ikutan main sama anak-anak dua ini. Jadi ya ini dua ekor asik main di rumah, bikin rame. Ibunya cuek-cuek aja. Kadang-kadang malah jalan-jalan ke luar rumah, pulangnya subuh lagi. Ga tau ibunya ngapain.. Untung ibu kucing.

Bulan Agustus nanti, dua kucing ini berumur satu tahun. Dari dulu sampai sekarang masih seneng main berdua. Iya, di post yang ini foto ketiga itu mereka berdua lagi main bareng.

Dulu sih waktu mereka sama-sama kecil badannya, gak masalah. Tapi sekarang jadi masalah. Karena badan Celi (yang putih) jauh lebih besar dari badan Comel (yang corak abu). Jelas, tenaganya juga lebih besar. Aku aja kalo diinjek sama Celi rasanya sakit banget kayak diulek. Apalagi Comel, kecil kurus lemes terus digigit-gigit dikunyel-kunyel Celi.


Beda banget deh besarnya.

Gara-gara kalah tenaga dan besar, Comel mulai sakit. Kadang-kadang kalo kakinya abis digigitin, jalannya jadi agak pincang. Semakin sering digangguin Celi, semakin sakit dia dan nggak mau ngapa-ngapain. Yang biasanya jalan-jalan, makan rumput, manjat karpet yang digulung, waktu sakit cuma mau diem di tempat-tempat gelap dan bersembunyi. Susah banget dicarinya.

Pantesan di Bahasa Sunda, petak umpet disebut ucing sumput. Ucing kalo nyumput susah bener dicarinya men!

Comel makin parah, dan parah-parahnya itu selama dua-tiga mingguan kemaren. Kepalanya bengkok, matanya ga bisa merem sempurna. Ga bisa liat lurus. Tau kan kalau kucing mau pup, biasanya dia gali dulu pasir? Nah ini udah gali pasir di tempat A, eh pup nya di C. Ah pokoknya dia kehilangan keseimbangan banget.


Sedih lah pokoknya.

Terus aku baca post ini, yang ngebahas stroke pada kucing. Ciri-cirinya mirip banget sama keadaan Comel. Ya pasti khawatir lah dan bingung, tapi keluargaku nolak buat periksain ke dokter. Keluargaku percayanya kalau semua makhluk hidup tuh bisa sembuh sendiri tanpa harus pake bahan-bahan kimia yang ada di obat. Yowes, aku ga bawa ke dokter dan coba sembuhin Comel di rumah.

Menurut post tersebut, ada beberapa penyebab. Dan aku mengira-ngira sih kayaknya penyebab Comel stroke begini ya trauma gara-gara diajak main Celi. Jadi merasa terintimidasi.

Di post yang tadi juga ada tips buat merawat kucing yang lagi kena stroke, dan aku ikutin semuanya.

Foto diambil waktu Comel udah sembuh
Comel nggak pernah aku biarin buat tidur di teras rumah. Udara malem kan dingin, sedangkan kucing lagi stroke harus tetep hangat. Karena harus diganti posisi tidurnya setiap limabelas menit sekali (biar kepalanya lurus lagi, gak deleng-deleng) jadi kadang aku tidur bareng sama kucing.
(Jangan protes plis aku sayang banget sama kucingku)

Siang juga karena kerjaan dia tidur, ya aku selalu awasin. Dan nggak aku biarin dia tidur di lantai, pasti aku pindahin ke bantal duduk atau ke kasur adikku (yang jarang dipake karena dia masih tidur sama orangtua lol).

Beruntungnya, dua minggu kemaren aku lagi UAS dan masuk ruang ujian jam 10, bukan jam 7 pagi kayak kuliah. Setiap pagi, selama sepuluh menit aku temenin Comel berjemur sambil aku pijit-pijit badannya yang nggak lurus. Kakinya dan lehernya. Dua puluh menit terakhir, aku biarin dia berjemur sendiri. Ngejemurnya nggak boleh lebih dari jam sembilan pagi.

Buat makan, karena dia lemes gitu aku kasih makanan cair bungkusan yang harganya lima ribu. Satu minggu kemudian, dia membaik dan udah mau makan yang keras.


Selama masa penyembuhan, aku agak jauhin Celi dari Comel. Kalau udah deket dikit aja, aku suruh pergi biar ga ngeganggu Comel. Kan gawat kalo lagi masa penyembuhan eh diganggu lagi.

Dan sekarang udah sekitar tiga minggu..
Comel udah jauh lebih baik. Makannya banyak, udah mau jalan-jalan dan main. Nggak tidur seharian lagi. Celi-nya pun tau diri, nggak lagi gangguin Comel sampai ke stage 'menyakiti'. Cuma ditowel-towel lucu aja. Celi udah sadar bahwa tenaga dia terlalu besar buat ngajak main berat.

Comel bahkan udah berani buat naik-naik ke.. Ban mobil orang dan ke atas leptopku pas aku lagi ngetik. Udah mulai ngeganggu lucu lagi kayak dulu.

Asal dirawat pake kasih sayang dan sepenuh hati, kucing sembuh kok. Jangan biarin dia ketakutan pokoknya, harus dikasih sugesti kalau dia bisa. Kucing itu bisa mendengar kamu kok. Pakai hati. 

Jangan sakit lagi ya Comel <3

22 comments:

  1. Kalo celi gangguncomel... Celinya ke akuin aja. :') celi mirip kucingku deh namanya almond.mcuma bedanya almond udah emak emak dan ada belangnya dikit.oke informasi nggak penting.

    Jangan sakit lagi ya comeel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ada emaknya nih cuma ya sama aja putih polos gitu gampang kotor XD

      Yeuuu emang kucing kamu ada berapa sih Dhel? XD

      Delete
  2. Ah comel jangan sakit lagi yaaa ^^
    Oiya, mbak nisa tau ga kira kira kenapa bulu kucing bisa tiba tiba rontok banyak banget, sampai kucingny sendiri keselek bulunya sendiri, soalnya kucingku lagi rontok parah banget, aku takut dia botak :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama pengalaman aku sih kucingku rontok banget bulunya itu kalo lagi pengen kawin. Ga akan sampe botak juga sih xD

      Delete
  3. Baru tahu kucing bisa stroke.. Untung ndak bisa botak ya? Kayak orang entar.. Oya, itu buntut si Celi kok besarnya mirip-mirip badan si Comel ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm tapi kucing yang dari sananya botak ada kok XD
      Iya emang itu kucing gede banget ampun ga ngerti lagi :')

      Delete
  4. Waah sayang bgt sama binatang ya teh? Aku pun :)
    Tapi entah mengapa selalu gagal sama kucing
    Kalau anjing mah udah cucok bgt.
    Kalai kucing belum jodoh kayaknya hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang kalau binatangnya ga bikin geli XD
      Wah asyiknya punya anjing bisa diajak jalan-jalan yaa~

      Delete
  5. Baru tahu perihal stroke pada kucing...
    semoga sehat selalu..

    ReplyDelete
  6. Huwaa.. untunglah Celi sembuh. Jangan sakit-sakit, ya. Anak kucingku mati terus :"(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sakit Comel, kak. Butuh akua? XDD
      Harus dijaga bangeeeet anak kucing kayak anak manusia :')

      Delete
  7. sorry mau tanya, itu selaput matanya ilang sendiri kan? kayanya kucing aku juga kena stroke nih :( ga pake obat khusus ya?

    ReplyDelete
  8. Kucing aku dr dulu sering kena stroke tapi cuma berlangsung selama tigahari atau sminggi paling lama, tapi sering kena strokenya sebulan skali dr mulai dia masih kecil, apa gara2 waktu kecil kucing aku di ajak dr malang sampai sukabumi ya? :'( sedih liatnya ,kalo lagi stroke suka pengennya di sayang

    ReplyDelete
  9. INI kucing d rumah juga lagi stroke parah kayaknya,udah g bisa Japan,gulung2 aj bisanya...mana lagi menyusui 5 anakny..g may makan Dan minum...
    Adkah yg punya solusi selain d bawa k dokter hewan....maksudnya d obatin sendiri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jemurin kucing nya di pagi hari setiap pagi ya kak..
      Dan gk ada ya tanpa bantuan obat lain..
      Soalnya ini kucing saya stroke jga,, kesian ngeliat nya gk tega gitu

      Delete
  10. Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat sekali.
    Mari sharring dan berbagi mengenai penyakit stroke dan cara pengobatannya secara alami melalui blog kesehatan ini >> http://alwi.my.id/

    ReplyDelete
  11. Anabul aku jg kena stroke gk bs jalan badane kyk lemes mkn sama minum mau kali d suapin ada solusi gmn bs sembuh selain dbawa k dokter.aku sayang bngt ma kucingku ini

    ReplyDelete
  12. Klo aku ada anak kucing diserang sama kucing jantan besar, dia digigit dibagian leher dekar telinganya, kemudian dia terjatuh dan kelepek2 gitu. Trus slama 2hri aku sm mm aku coba kasih obat yg dkasih tau sm temanku berdasarkn saran dokter utk mengobati luka pd kucing, alhamdulillah lukanya mulai sembuh dn kering. Tp sekarang yg jd msalah setengah badannya g bisa digerakkin. Aku g tau itu STROKE atau akibt berbaring terlalu lama. Dn sekarang dhari 3 ini dia g mau mkn.pdahl pas hr kedua dia udah nunjukkin tnda2 sehat...sekrang mrung lgi dan g mau mkn. Bdanx juga g bsa gerak sebagian. Aku bingung mau ngobatin gimana. Mau bwa kdokter hewan aku g tau alamtx dan punya ckup uang... semalmn aku trs bdoa biar dia sembuh. Aku g tau hrus gimna... ada saran g yg mungkin bsa bantu si anak kucing ini...

    ReplyDelete
  13. Hari ini per pagi ini kucingku juga begini.. padahal sebelumnya sehat sehat aja.. mungkin karna sering aku marahin.. abis gedebak gedebuk ancurin barang2..jadi ngerasa bersalah ama dia.. ketemu blog ini mau coba lakuin yang disaranin..

    ReplyDelete
  14. kalau kucingku awal2nya dy palanya suka miring2 smbil bengong.. sy pkir kan lg ngelucu ni anak.. usia nya bru 1 bln'an lg lucu2nya..lah 2 hri kmudian dia tiba2 suka jatoh sndiri...ga da yg senggol dy tau2 kya mabok gtu.. trus td pgi abis mkan tau2 dia tiduran smbil kaki lari2 di tempat.. kya kejang2.. tp pas aq ambil aq peluk kejangnya ilang.. kejadian itu spontan dan sering.. jd sy sllu mantau dy kalo lg main2 apa gmn.. td nya dy suka di ganggu sm kakanya yg usia 3 bln'an...dy suka gigit kucingku yg kecil ini...apa krna main2 sm kakanya jd kya gini ya.. soalnya kasian msh kecil bgt hrus mengalami kejang2.. ga tega bgt ka..kali disini ada solusinya😟

    ReplyDelete
  15. Subhanallah ngga tau lah mau ngomong apalagi intinya kakak keren banget bisa se kuat itu πŸ˜­πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ karna aku lagi di posisi itu sekarang dan bingung ngga punya uang buat bawa ke dokter hewan,, karna saya menemukan halaman ini jadi saya baca dari awal sampai akhir dan sangat memotivasi sekali saya berharap kucing kesayangan saya bisa sembuh meski dengan perawatan seadanya dan sederhana tapi penuh dengan kasih sayang hiks hiks hiks saya terharu baca halaman ini,, πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ™πŸ™ jennie please cepat sembuh ya jenn supaya bisa selalu nemanin kk πŸ’ž

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES