Tuesday, March 30, 2021

3 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan Sehari-hari untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Hai!

Kalau kamu mampir ke halaman ini, mungkin kamu datang dari google. Mungkin kamu datang dari link yang diberikan temanmu. Mungkin kamu datang karena.. nyasar di Internet? 

Apapun alasannya, kalau kamu sedang mencari tahu jalan agar bisa mencintai diri sendiri, yuk ikut aku. Aku bukan orang yang paling bisa mencintai diriku sendiri sedunia, aku bukan orang yang paling percaya diri. 

Justru aku adalah orang yang sedang (dan akan terus) berusaha untuk mencintai diri sendiri. Jadi aku akan ceritakan tiga hal yang aku lakukan ketika aku berjuang untuk mencintai diri sendiri. Dan mungkin, kamu bisa terinspirasi untuk mencoba beberapa hal ini, sebagai bentuk usaha mencintai diri sendiri: 

1. Bicaralah dengan dirimu sendiri secara terbuka dan baik-baik



Dalam artian, bener-bener bicara. Bukan sekedar basa basi wow aku cantik, wow aku ganteng, wow hari ini cuacanya indah dan aku bisa menaklukan semuanya. Bukan.

Ketika kamu mumet, ketika kamu sedih, ketika kamu marah.. Coba tanya dirimu sendiri seperti kamu bertanya kepada sahabat kamu, atau orang yang paling kamu pedulikan. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu coba tanyakan adalah:
  • Apa yang terjadi? 
  • Ada yang bisa aku bantu?
  • Apakah kamu mau bercerita?
  • Apa yang kamu butuhkan?
Dan cobalah terbuka kepada dirimu sendiri. Jujurlah dengan apa yang sedang kamu rasakan, jujurlah dengan apa yang kamu sedang pikirkan.

Kalau memang hal ini nggak bisa kamu bicarakan secara vokal, gapapa. Bicara dalam hati, atau menulis. Aku juga gak pandai membicarakan perasaan, aku lebih suka menulis kok.

Hal-hal yang kamu hindari ketika kamu merasa sedih, mumet, atau marah adalah bicara kepada dirimu sendiri dengan nada merendahkan. “Ah masa gitu aja cengeng.” “Yaelah gitu doang, orang ada yang lebih susah idupnya daripada kamu.”

Kamu juga nggak suka kan, kalau diberi kata-kata seperti itu dari orang lain? Jangan beri dirimu sendiri kata-kata seperti itu dalam kepalamu πŸ₯Ί. 

Yuk, mulai hari ini jadi teman yang baik untuk diri sendiri. Karena sebaik-baiknya teman, kamu nggak akan bisa bergantung sama orang lain selamanya. You should be your own best friend. Like, actual best friend.

2. Beri dirimu waktu, kalau memang kamu membutuhkannya



Mungkin kamu ada di lingkungan dengan kultur kantor, sekolah, atau lingkungan yang menuntut kamu untuk hadir dan berkegiatan bersama mereka, untuk mereka. Tapi kalau kamu sakit, apakah mereka mau peduli dan merawat kamu? Kalau kamu menangis setiap malam, apa mereka akan mendengarkanmu dan menghiburmu?

No. Tidak. 
Sedih tapi memang benar, tidak semua orang akan peduli kepadamu. Tidak akan ada yang peduli untuk benar-benar merawat kamu secara fisik dan mental, apalagi menjaga kewarasanmu. Jadi, kalau bukan kamu, siapa lagi yang bisa merawat dirimu?

Kalau memang butuh waktu untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, carilah waktu untuk dirimu sendiri. Jika tidak ada, BUATlah waktu untuk dirimu sendiri. Salah satunya dengan membuat perencanaan waktu, dan kamu HARUS memasukkan jatah waktu untuk dirimu sendiri, untuk merawat diri secara fisik dan mental: tidur, makan, mencari hiburan.

Jangan tunggu sampai kamu merasa terlalu Lelah untuk menghadapi hari, untuk menghadapi kerjaan, untuk menghadapi hidup. Kamu PASTI akan Lelah. Maka kamu butuh istirahat sebelum kamu terlalu lelah.

3. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain



Tahap ketiga ini memang rasanya susah banget, karena membanding-bandingkan sepertinya sudah jadi fitrahnya manusia. Tapi sekali lagi, tolong.. jadilah teman yang baik untuk dirimu sendiri. Cuma kamu yang tahu cerita dirimu sepenuhnya, kamu yang tahu keadaan dirimu sepenuhnya.

Kalau kamu melihat orang lain nggak punya masalah dan hidupnya lancar-lancar aja tapi kamu merasa kamu banyak cobaan.. Jangan bilang kalau kamu adalah orang yang paling malang sedunia atau dunia itu tidak adil. 

Contohnya, kalau kamu punya kulit yang cerah dan mudah banget jerawatan kayak aku, pasti sering banget kepikiran. Kok aku ga bisa glowing terus kayak orang lain ya? Kapan ya aku mulus? Itu sama kita nggak menghargai usaha sendiri dan keadaan yang diberikan oleh Tuhan buat kita πŸ˜”

Daripada membandingkan diri sendiri terus terusan ketika lihat orang lain yang 'lebih' dari kita, kenapa kita nggak fokus kepada diri sendiri? Kenapa kita nggak lakukan yang lebih juga untuk diri sendiri? 

Mungkin kalau biasanya skinkeran hanya cuci muka doang di malam hari, kita bisa coba terapkan double layer serum pakai Perfect Duo Serum to Glow Up Bundle dari Elsheskin biar bangun pagi wajah langsung glowing? 🧚🏼‍♀️ (Ya gimana nggak glowing, Perfect Duo Bundle ini isinya Active Rejuvenating Night Serum dan Radiant Skin Serum loh!)
Perjalanan untuk bisa sayang sama diri sendiri emang menantang banget, tapi kalau nggak mulai dari sekarang, mau nunggu sampai kapan? Sampai kamu benar-benar hanya sendiri dan gak bisa mengandalkan siapa-siapa? Yajangan dong πŸ₯Ί

Yuk, mulai dari hal-hal kecil yang bisa dilakukan setiap hari. Istirahat yang cukup, dan jangan lupa skinkeran sambil bicara yang baik kepada diri sendiri ❤️

Jangan lupa pake kode SQUADSAFIRA kalau order Elsheskin lewat CS Elshe di Whatsapp dan Line untuk dapetin diskon 10% ya! Banyak promonya juga loh~

πŸ“ž Whatsapp CS Elsheskin: 081222664664
       Line CS Elsheskin: @elshe (pakai '@')

Thanks for reading!
❤️, Safira Nisa

No comments:

Post a Comment

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES