Tuesday, February 23, 2016

Naik Kereta Api Lokal Bandung Raya (KRD)

Aku nggak bener-bener nge-fans banget sama kereta api, tapi suka aja. Cukup suka doang, nggak sampe harus naik kereta api setiap hari atau harus koleksi miniatur-nya. Lagian, nggak bisa naik kereta api tiap hari sih. Wong rute keretanya cuma satu, dan nggak ada rute ke kampus. Stasiun paling deket aja dari rumahku sekitar lima kilometer-an. Jadi, naik kereta api ya kalo harus aja, kalo mau ke Padalarang/Cimahi.

Dari kecil, jamannya tiket kereta masih Rp500-an, aku udah sering naik kereta ke Padalarang. Di dalem gerbong tuh barengan sama karung berasnya petani lah, bebek lah, sepeda lah, dagangan lah, ada yang ngamen dan ngemis juga lah.. Pokoknya sesak banget sampe aku pernah kehilangan sebelah sendal di dalem kereta.

Tapi sekarang? Semua berubah saat negara api menyerang.

Aku bahkan bisa selfie di tengah-tengah gerbong kereta api!
Kereta udah jauh lebih nyaman. Ada AC dan charger yang banyak banget. Ada tong sampah di setiap ujung gerbong. Nggak ada lagi yang ngamen sambil nyanyi. Nggak ada yang kesana-kemari jualan barang. Ada juga penjual yang dari daerah-daerah tertentu mau ke kota buat berbisnis tapi di dalem kereta ya nggak dijualin jajanannya. Tapi buat soal penuh atau nggaknya kereta, tergantung jam dan rute yang diambil. Aku sendiri nggak bisa tau banget kapan kereta bisa penuh, kapan kosongnya.

Staff yang jaga di tiap gerbong kereta sekarang pasti ada sih. Ada security dan ada OTC (on trip cleaning), dan semuanya ramah dan baik banget. Bikin ngerasa aman. Not to mention ada beberapa yang masih muda dan ganteng. Huahaha.

Harga tiketnya yang cuma Rp4000-Rp5000 ini bikin kereta jadi pilihan masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke atas. Tapi nggak menutup kemungkinan loh, kalangan atas maen-maen pake kereta karena ya keretanya udah nyaman juga. Buat lebih tau lengkapnya suasana naik KRD ini, boleh deh intip video di bawah:


Loh yang terakhir kok bisa gitu?
Ya, itu terjadi beberapa kali sama aku. Jadi KRD kita masuk di jalur 2 dan berhenti. Sedangkan ada KRD lain di jalur 1 lagi berhenti dan mau pergi ke arah yang berlawanan. Saranku sih, lebih baik nunggu KRD di jalur 1 itu pergi daripada kita numpang lewat buat nyampe stasiun.. Karena kita nggak bener-bener tau kapan keretanya berangkat. Bisa jadi, baru nginjekkin kaki eh maju. Kebawa balik. Kan syerem.

Mendingan foto-foto aja, lah!
Buat jadwal KRD Cicalengka-Bandung-Padalarang, klik di sini.
Buat jadwal KRD Padalarang-Bandung-Cicalengka, klik di sini.

Seperti yang aku bilang, rutenya cuma ada satu dan stasiun yang terlewati ada:
(Dari Padalarang)
Padalarang (PDL) - Gadobangkong (GK) - Cimahi (CMI) - Cimindi (CMD) - Ciroyom (CIR) - Bandung (BD) - Cikudapateuh (CTH) - Kiaracondong (KAC) - Cimekar (CMK) - Rancaekek (RCK) - Haurpugur (HRP) - Cicalengka (CCL)

Kalau ada salah satu stasiun yang deket daerah kalian, mending cobain deh pergi naik kereta sekali-kali. Buat pengalaman aja, masa orang Bandung ga kenal sama KRD Bandung sendiri. Ga Bandung banget gitu loh ah.

33 comments:

  1. Wah keren nih mbak, keretenya. Keliatan banget bersihnya. Apalagi pas sepi, bisa selfie segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kalo banyak orang juga bisa selfie, asal nggak malu aja, sih.

      Delete
  2. Masa sih mba gtw kapan kereta api penuh?
    Menurut saya nih kereta api penuh pas banyak penumpangnya
    Dan kereta api sepi itu pas penumpangnya sedikit mba

    ReplyDelete
  3. wahhh mantep bgt nyamannya, AC + colokan + wifi bakalan lebih mantep lagi. Bisa bisa seharian di kereta nggak turun2 hahahah

    ReplyDelete
  4. Hahaha sampe bisa selfieee *urat malunya di putus dlu ya* hahaa.
    Sekarang emang alat transportasi seperti ini sudah mulai di perhatikan pemerintah yaak alhamdulillahh deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm dari dulu emang ga kenal malu aja sih XD
      Iya bener, lebih asik lagi kalo rute keretanya ditambah jadi lebih menyebar ke kota Bandung. #lah #ngelunjak

      Delete
  5. Aku juga suka naik kereta, soalnya ongkosnya paling murah. huahaha! Tapi belum pernah nyobain euy ke Jakarta-Bandung Naik Kereta, selalu Travel.

    ReplyDelete
  6. Bisa selfie juga fir? Aku selama naik kereta g pernah selfie2 gitu =.=
    Kalo yg kereta lokal gini belum pernah nyoba sih. Tapi g beda jauh sama kelas ekonomi ama bisnis. Duduk tegap gempita sepanjang jalan kenangan. Yg paling enak ya eksekutif, empuk bisa selonjoran, tidurpun tenang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belom pernah naek kereta jauh-jauh, penasaran rasanya gimana XD
      Tapi harga tiketnya juga kan lebih muihil~

      Delete
  7. saya juga bukan fans kereta api, tapi suka sih naik kereta api. kalau dibandingkan kendaraan kayak transjakarta, saya lebih milih buat naik kereta. disamping perjalanannya cukup menyenangkan, gerbong kereta jug amerupakan salah satu tempat yang cukup photogenic untuk diajak selfie (selama keretanya kereta baru)

    ReplyDelete
  8. pengen nyobain naik kereta api T_T jaman sekarang belum pernah naik kereta yaah.



    My Little Cream Button ♥

    ReplyDelete
  9. aku dari kecil juga suka naik kereta, ke cimahi tapi, dulu banyak tukang dagang, tapi yang paling favorit yang suka jualan majalah bobo atau majalah donal bebek edisi lama tapi masih baru (?), dijual karena ngga laku kayaknya. terus pendengaran teh asa ngga puguh da gararandeng, suara mesin suara yg jualan, suara yg nyanyi, suara hati, CURHAT PISAN IH PERASAAN :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus sekarang gimana hatinya?

      Hahahaha ini komen udah mau setaun baru dibales, basi banget dah

      Delete
  10. Jujur deh aku belum pernah naik kereta api kalau bepergian jarak jauh palingan naik bus itu juga, ada sih disini stasiun kereta api disini juga tapi ya gitu belum pernah naik haha. Lagian aku jarang piknik juga akhir-akhir ini duh sedih deh :(

    ReplyDelete
  11. Sudah nyaman ya sekarang, terakhir naik kereta dari cicalengka ke kircon waktu kuliah dulu bertahun-tahun lalu dan belum seperti sekarang,
    Jadi ingin sesekali mencoba naik KRD hehehe

    ReplyDelete
  12. Di Surabaya juga ada komuter sih, tapi cuma Surabaya - Sidoarjo. Mau nyobain, bingung aja ke Sidoarjo mau ngapain. :v

    ReplyDelete
  13. Wah keliatannya enak bgt keretanya, bersih, byk colokan..

    ReplyDelete
  14. teh suka jalan" ya,, ajakin aku jalan" dong,, berry .. nope 085668846281.. baru sebulan d bandung,, saya kerja d sni... salam kenal teh,, jika mau berteman dengan ku,, cll me ya teh

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Kadang-kadang sih telat bisa sampai 20 menitan. Hehehe

      Delete
  16. KURSINYA KOQ ADA YG DEPAN2AN SAMA YG NYAMPING, BEDA GERBONG ATAU GMN YA?

    ReplyDelete
  17. Itu beli tiket nya di tempat teh? Aku mau nyoba ahh

    ReplyDelete
  18. Teh mau tanya, aku kan dr Jakarta mau ke Sapu Lidi Resort di Lembang, naik kereta api dari Gambir - Bandung nah rencananya dari Bandung ke Lembang aku mau naik kereta lokal jg nih teh, kira2 stasiun yg (lumayan) deket2 sama Lembang stasiun apa ya teh?? Dibantu ya teh. Nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada stasiun ke Lembang, paling dari stasiun Bandung naik angkot dari St. Hall ke Lembang :)

      Delete
  19. Nanya dong teh, untuk pembelian tiket krd bandung yakapa y teh ? 😂😂, harus lewat loket, atau ada cara lain

    ReplyDelete
  20. mau tanya kalo jadwal berangkatnya dari stasiun bandung ke kiaracondong ada yang malam tidak?

    ReplyDelete
  21. mau tanya kalo jadwal berangkatnya dari stasiun bandung ke kiaracondong ada yang malam tidak?

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES