Monday, February 29, 2016

Tentang Skincare dan Makeup

Aku lahir di keluarga yang biasa banget, malah bisa dibilang orangtuaku berasal dari jaman dan daerah di mana mereka masih menanam sendiri makanan mereka, dan membuat sendiri mainan mereka. Udah bisa mandi sehari sekali pun syukur, pakai bedak dan lipstik cuma karena liat oranglain juga pake, dan tuntutan profesi. Biar nggak keliatan pucet dan kumel di mata siswa.

Nggak pernah kenal namanya sunscreen. Ibuku, sampai hari ini baru pakai sunscreen sekitar dua tahun terakhir (umur 46 currently), dan itu pun karena rekomendasi kakaknya yang lebih ngerti tentang skincare dan makeup. Alhasil, banyak banget flek hitam di wajahnya akibat paparan sinar UV. Sinar UV dari matahari emang banyak efek negatifnya ke kulit. Dan aku tau hal ini bukan dari ibuku (yang mungkin kalian tau dari ibu), tapi dari kak Jess Yamada dan Michelle Phan.

Pic Creds to Michelle Phan
Aku nggak punya orang yang ngajarin apa pentingnya skincare dan makeup. Aku nggak kenal shade warna kulit sendiri, aku nggak tau tipe kulit sendiri. Sampai akhirnya aku masuk kuliah, dan menemukan internet yang punya segalanya.

Waktu SMP dan SMA, aku sekolah di boarding school yang agak strict sama teknologi, and it makes me feel like left behind, lah.

Aku punya blog dari SMP, pelajaran komputer yang disuruh guru bikin blog itu. Selama itu sampai aku kuliah, aku nggak tau di Internet ada yang namanya Fashion Blog, Beauty Blog, Travel Blog.. Dan blog-blog lainnya yang berkategori khusus. Selama ini aku cuma tau personal blog yang bener-bener sharing tentang apapun yang sifatnya personal.

Sampai akhirnya aku nemuin Indonesian Beauty Blogger yang kalau review itu detail banget dan jujur, membuatku memutuskan buat follow. Blognya kak Winda. Aku bahkan lupa kapan follow  blognya kak Winda (mungkin buat sekarang hampir setahun sih), dan karena post apa aku nggak sengaja nemuin blognya kak Winda ini. Aku bener-bener cuma tau kak Winda, aku nggak tau banyak Beauty Blogger Indonesia lain sampai akhirnya masuk ke grup Star Clozetter di akhir 2015 kemaren. (Dan aku kenal 'lebih dekat' sama kak Winda di sana, di grup yang sama!)


 Selama nggak tau banyak beauty blogger lain, aku bener-bener ngubek-ngubek blog kak Winda. Cari tau tentang skincare, juga makeup. Aku jadi tau banyak tentang brand makeup yang selama ini aku cuma taunya Wardah, Clean & Clear, sama Biore doang. Sekarang udah punya wishtlist, pengen cobain Himalaya Herbals, The Body Shop (dulu udah tau brand-nya, tapi ngga ngerti varian dan fungsinya), SKII, Clinique.. Masih banyak lagi deh.

Aku juga jadi ngerti manfaat dari setiap skincare, mana yang bagus buat tipe kulit, dan gimana cara pakai-nya.

Dari asalnya juga aku nggak ngerti tentang per-make-up-an, aku jadi tau itu BB cream, Cushion, Lip Cream, apa aja macem-macem lipstik, makeup (dan skincare) yang bagus itu yang gimana.. Karena kak Winda selalu jelas nyantumin Pros dan Cons-nya di setiap review. Banyak makeup yang jadi wishlist aku karena mupeng sama post-nya kak Winda. Cushion-nya The Face Shop, semua dari Shu Eumura, The balm.. Pokoknya banyak, tapi sayang kak Winda keliatannya sih jarang review concealer. Ya gimana mau review sih, kulitnya aja udah mulus terawat~

Sumber

Kalo aku, masih cari skincare yang tepat banget berhubung kulitku kondisinya nyebelin--sekalinya jerawatan, noda bekasnya pekat banget dan agak susah hilang. Menghindari jerawat sih udah pasti, dan cukup berhasil. Tinggal cari yang buat ngilangin blemish aja. Karena banyak dark spots, aku masih butuh concealer kalo mau keliatan rapi banget.

Ya, masih banyak banget yang ada di wishlist skincare dan makeup-ku. Bahkan yang harganya seratus ribuan, buatku masih ada di wishlist aja. You know, keluargaku belum ngerti banget pentingnya skincare dan makeup. Aku nggak punya anggaran khusus buat beli kategori ini.

Kebetulan, kali ini kak Winda lagi ngadain giveaway yang hadiahnya makeup dan skincare!


Aku sering liat kak Winda bagi-bagi skincare dan makeup, tapi dulu belum terlalu antusias buat ikutan--karena belom ngerti-ngerti banget di dunia ini. Tapi sekarang, seiring bertambah banyaknya waktu yang aku habiskan buat cari tau tentang beauty dan skincare, aku cukup confident buat bilang bahwa aku ngerti dunia skincare dan makeup. Dan jadi berani buat ikutan giveaway, demi melanjutkan pencarian skincare terbaik buat memelihara kulitku, dan makeup terbaik yang bikin aku merasa jauh lebih pede buat berhadapan sama siapapun.

Kamu merasa senasib sama aku? Ikutan giveaway-nya kak Winda, yuk~

13 comments:

  1. Aku juga gitu pada jaman SMP dan SMK aku sama sekali nggak tahu banyak tentang make-up waktu itu hanya tahu sama bedak, bb cream, pelembab doang untuk wajah biar nggak keliatan kucel. Tapi sekarang semakin banyaknya beauty blogger atau beauty youtubers lumayan lah ada pelajaran baru untuk mengenal fungsi dari semua make-up hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bahkan baru tau BB Cream di semester 2 kuliah!
      Iya, belajar hal baru lebih mudah kalau ada internet, ya ^^

      Delete
  2. Iyaa kita senasib. Bertahun tahun cuma pake bedak marks. Karena katanya AMAN. Sebelumnya sih pake bedak bayi karena pake bedak aneh aneh pasti langsung bruntusan.
    Tapi akhir akhir ini aku lebih peduli ke kulit aku, mulai perawatan dan mulai beli perlengkapan ini itu. Karena usia sudah 20, ternyata hal hal seperti itu penting ya.
    Aku Juga suka follow beauty blogger, inspiring versi aku ya alodita. Kemarin dia sempet posting tentang Sun screen yang gak lengket loh, coba baca deh siapa tau kamu tertarik.

    Kalau blog yang kamu sebutin di atas, aku blm pernah tau. Jadi masih mau baru buka, bentar lagi aku klik deh siapa tau minat ikut give awaynya juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih 18 mau ke 19 juga udah concern banget, sekarang bahkan lagi kurangin pemakaian make up berat, mau perbanyak skincare,'benerin' dulu kulit muka biar mulus~

      Udah baca kok, post kak Alo yang itu XD

      Silahkan kakaaak~

      Delete
  3. cewek kalo dikasih kado make-up seneng ngga?

    etapi dikasih cinta dan perhatian aja ya, ea~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngasih lipstik sih, ga pernah salah. Huahahaha~

      E e e e e e gimana

      Delete
  4. Semoga beruntung giveaway-nya! Lumayan bisa icip-icip skincare baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Aprie! Iya nih, masih mencari jodohnya kulitku yang jodoh sama kantong juga. Huhuhu

      Delete
  5. Uwawwww mupeng liat hadiah make up nyaaa. *.* Good luck, aku juga mau ikutan.
    .
    .
    .


    Kalo sempet. :v
    *drama calon pengantin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih lebih mupeng sama skincare-nya XD

      Delete
  6. Safiraaaaa, thank you ya udah ikutan GA-ku heheehee, aku ga bisa makeup, makanya jarang review makeup apalagi bikin makeup look hahahaa dan concealer itu salah satu produk yang aku ga bisa review karena tiap ngeblend keliatan kurang alami XD tapi thank you masukannya ya, semoga kedepannya aku bisa review concealer hehehee anyway, good luck ya sayang :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa dikomen kak Winda! XD
      Oke kak, semangat terus, ya ngeblognya.
      Makasiih!

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES