Tuesday, August 5, 2014

Bandung

Aku lahir dan setengah besar di kota Bandung. setengah besar karena setengah waktu lainnya aku habiskan di kota lain. Mau gimanapun, aku lebih suka Bandung sih. Meskipun jarang banget jalan-jalan di Bandung.

Waktu kecil sih emang sering karena aku dulu anak satu-satunya dan juga sekolahnya masih di Bandung. Tiap weekend itu sukanya jalan-jalan keluar. Entah itu liat pameran yang suka ada di Braga, ke Bandung Supermall (sekarang jadi Trans Studio Mall dan dulu mall paling deket baru ada itu) atau jalan-jalan di kota kemana lah, bahkan pernah ke Ciwalk. Gak cuma bareng orangtuaku, bareng saudara sepupuku yang udah aku anggep kakak banget saking seringnya dari dulu kita bareng-bareng.

Kenapa ngajak saudara padahal aku anak satu satunya?
Karena, kalau jalan jalan sendiri itu nggak rame. Gak ada temen ngobrol atau berantem.

Itu dulu banget, jaman masih SD. Begitu udah SMP dan SMA, karena udah jarang dirumah, orangtua sibuk, punya adik banyak dan ada yg rentan sakit gitu, udah jarang-jarang banget jalan dan ngga tau perkembangan Bandung samasekali, sedikitpun. Dan bodohnya baru sadar ketika sama temen-temen SMA ditanyain berbagai hal tentang Bandung, yang bahkan aku nggak bisa jawab.

Satu-satunya hal tentang Bandung yang aku tahu pas menginjak kelas 3 SMA adalah, Walikotanya ganti, dan itu pun dikasihtau kakakku yang anak SI Unikom. Dan bahkan, saat itu aku nggak tau unikom dimana.

Waktu berlalu, pertengahan kelas 3 SMA aku ikut acara kumpul sebuah komunitas Blogger Bandung yang diadakan di balaikota, dan bahkan aku nggak tau balaikota itu dimana. Padahl nyingcet sedikit doang dari BIP. Huh, tau gitu ngga usah minta anter ayah juga. Pfft.

Dari situ, aku deket sama satu orang. Anak DKV Unikom yang menurutku blognya lucu banget dan aku suka banget blognya. Nggak tau kenapa, rasanya kalo liat blognya itu pengen ketawa aja padahal nggak kenal orangnya. Singkat cerita, karena aku orangnya kepo abis kalo udah tertarik sama sesuatu, beliau-yang-aku-suka-blognya itu bahkan jadi deket sama aku. Dan karena aku orangnya blak-blakan ngocol gaada abis, aku curhat sama beliau dan AJAIBNYA kok beliau pun curhat balik. Dan lucu, curhatnya itu sama-sama tentang mantan yang masih nyantol di hati, dan sama-sama bukan mantan yang terakhir. Dan.. dan..

SINGKAT CERITA GUE JADI DEKET DEH GITU. Kalo diterusin malah jadi curhat nih hhe :"

Dan, beliau itu nggak asli orang Bandung, bahkan bisa dibilang anak baru di Bandung. Beliau berasal dari provinsi sebelah. Dan, selama aku deket dengan beliau, beliau itu kedengerennya udah tau banyak tempat dan ngelilingin Bandung. Sebagai orang Bandung asli, aku bahkan nggak tau apa-apa tentang yang beliau omongin. Anehnya, aku nggak gengsi buat ngakuin aku nggak tau apa-apa tentang Bandung. Padahal biasanya aku juga gengsian kalo misalkan ditanya sesuatu tapi ga bisa jawab, atau orang menyatakan sesuatu dan aku nggak tau.

SINGKAT CERITA.
Beliau jadi temen deket yang merangkap kakak, merangkap peran ayah, merangkap temen curhat, merangkap tukang ojek, merangkap peta, merangkap supir dan merangkap temen hatiku sekarang.

Dan, sampai sekarang aku jarang deh kalo jalan-jalan keliling Bandung sama keluarga. Pastinya sama beliau terus, mana bisa sambil ketawa bebas dan lari-larian di mall, dan melakukan berbagai hal aneh lainnya yang kayaknya oranglain belum pernah lakuin.

Dulu, asalnya aku yang bener-bener nggak tau apa-apa, bahkan gak bisa inget jalan di Bandung ini sendiri pun, sekarang udah beda. Sekarang udah bisa nginget beberapa jalan dan tempat (yang suka aku lewatin kalau bareng beliau atau pas mau ketemu beliau) yang artinya hampir ngelilingin isi kota Bandung. Aku sebenernya dulu niat banget pengen nginget jalan kota Bandung mati-matian, sampe ngapalin angkot mati-matian juga, nyari tempat di Bandung yang ditanyain temen mati-matian, tapi masih susah. Tapi setelah kenal beliau dan seneng-seneng bareng, tanpa diniatin pun aku bisa inget seluruh jalan yang ada di kota, meskipun jarang ngelewatin.

Setiap jalan itu terukir senyum dan kenangan kita.
:)

No comments:

Post a Comment

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES