Monday, August 4, 2014

Tasikmalaya

Kalo siang siang lagi panas begini, suka inget Tasik. Tasik itu bisa lebih panas daripada Bandung karena lokasinya yang ada di deket laut. Tasik itu bisa jadi juga lebih dingin daripada Bandung karena penduduk dan pengguna motornya lebih sedikit, juga lebih banyak pohon.

Selama 3 tahun kemarin yang aku habiskan di Tasik, aku ngerasa dapet lebih banyak pengalaman. Entah karena lebih jauh daripada orangtua, atau memang karena jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kenal orang banyak, kenal jalan di Tasik, bahkan sampai jajanannya.

Tasik itu ga banyak tempat main, mall aja cuma sedikit. Orang-orangnya lebih suka makan-makan bareng. Karena itu saung makan lebih banyak ditemukan di sana. Bandung juga memang terkenal dengan kota kuliner, tapi urusan harga, jauh lebih murah Tasik.

Di Bandung itu kuliner banyak yang menonjolkan pedas, tempat makan yang bergaya retro dan kekinian, kalau tasik sebaliknya. Banyak makanan unik-unik yang khas Indonesia dan Tasik banget, dan kebanyakan tempat menyediakan lesehan juga saung. Banyak juga saung/cafe yang menjual susu murni dengan gaya yang berbeda-beda. Hebatnya, jarang sekali tempat makan yang terlihat kosong, terutama seusai jam sekolah sampai sore, atau pada hari libur.

Tasik itu, rute angkotnya gampang banget dimengerti karena kotanya jauh lebih kecil daripada Bandung. Jarang macet. Dan karena kecilnya kota ini juga, nggak jarang selama di jalan bisa papasan sama orang yang dikenal, atau bahkan bisa kenal sama mang supir angkot.

Kayak di sekolahku, misalnya. Ada mang supir angkot yg baik banget dan suka ngajak ngobrol sampai akhirnya mang angkot itu jadi langganan kalau kita mau berpergian. Masalah jumlah angkot, si mang sendiri kan udah punya banyak temen, jadi kita mah tinggal santai aja. Mau renang, pergi ke rumah temen, kemanapun yang bisa ditempuh pakai angkot dan kita pergi barengan, biasanya lebih seneng booking angkot begitu.

Tasik itu, punya lagu sendiri yang berbahasa Sunda. Berhubung aku anggota paduan suara (yang meskipun suaraku gak bagus-bagus amat) sekolah yang suka diundang ke acara-acara resmi di Tasik, aku inget liriknya. Meskipun akhirnya nggak punya file lagunya karena hape keinstall ulang ;-;

Kota Tasik kota resik
Kota di tatar priangan
Kota tasik lembur kuring
Banjar karang pamidangan
Rancage gawé, rahayatna
Rampak ragem sauyunan
Binangkit mukti raharja
Jembar wibawa komaranna
Tasik..
Nanjung..
Tasik..
Luhur..
Tasik..
Resik..
Tasik..
Tasik
Lembur kuring

Kalau masalah arti lagunya, aku sendiri pun nggak ngerti. default-nya aku ngomong bahasa Indonesia dan jarang pake bahasa Sunda. Apalagi lagu ini pakenya Sunda lemes dan bahasa lama. Aku punya beberapa foto di Tasik, kalau mau scroll aja di www.instagram.com/shaacchan

Selamat ngescroll sampe pegel xD

12 comments:

  1. Dan saya bisa merasakan Tasik selama satu bulan pas kemarin KKN.
    Booking angkot emang asyik, apalagi kalau destinasinya ke Asia Plaza. Eh bukan angkot, angkutan desa sih. Si kuning Bumblebee trayek Cigalontang-Singaparna. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo angkutan desa, berarti kakak mah masuknya ke Tasik Kabupaten, bukan kota xDD

      Delete
    2. Oh iya ya, beda ternyata. Tapi emang bener juga sih, masa iya KKN di kota.

      Delete
  2. teteh sekalian di share mp3nya lagunya butuh banget nih

    ReplyDelete
  3. Nmpang tanya teh.
    Kalau universitas siliwangi itu di tasik kota ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Numpang jawab ya teteh,
      dari bunda ya buat kang Dicky alamat Unsil universita siliwangi

      Jalan Siliwangi No.24, Kahuripan, Tawang, Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115
      Universitas Siliwangi, Alamat

      Delete
  4. aku udah lama bolak balik buka blog teteh, pas baca posting ini ternyata pernah tinggal di tasik. salam agata ya teh (anak gaul tasik) haha :)))

    devifitris.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah ada lagi euy blogger Tasik lainnya XD
      Salam agata juga~

      Delete
  5. saya juga bloger,,,, pemula dari tasik teteh, nama saya bunda mia
    salam kenal dan kali kali kunjungi jua teh ya blogger Bunda

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES