Monday, December 24, 2018

Hidup Tanpa Tutorial

"Nggak ada jalan yang tepat untuk menjalani hidup. Tapi, kalau kamu merasa sedang kehilangan arah, kamu akan selalu bisa menemukan jalanmu untuk hidup."

Itu bukan kata-kata yang aku dengar dari emakku. Kalau nggak salah, kata-kata itu aku kutip dari entah Alex atau Ibunya Kara kepada Kara (Supergirl) di serial Supergirl season 1. Serial barat ini episodenya nggak pernah jadi ratusan kayak di Indonesia, tapi waduh ngena ke hati lebih mantap dibanding sinetron yang isinya marah-marah mulu tanpa solusi.



Karena mungkin, kita orang Indonesia nggak senang cari solusi. 
Senangnya pasrah, senangnya 'ya udah aku mah orangnya gini, terima aku apa adanya.'

Aku pernah, dan mungkin seringkali ada di posisi itu. Aku emang anaknya cuek kok. Aku emang anaknya males kok. Aku emang anaknya lemah kok. Aku emang ga punya temen kok. Terus, mau selamanya kayak gitu? 

Serius, aku nggak tau apa yang bener. 

Apakah dengan aku melakukan A, itu adalah hal yang benar? 
Apakah dengan melakukan Z, aku akan jadi lebih baik?

Sekarang, yang aku tahu adalah aku bisa belajar. Aku nggak tau akan jadi seperti apa aku nantinya, tapi aku ingin hidup yang lebih baik. Aku ingin hidup nyaman, tanpa mudah kesal dan marah. Aku ingin hidup jujur, dengan rasa sedih dan kecewa yang bisa langsung aku ungkapkan. Aku ingin hidup lebih mudah, dengan bisa bilang iya dan tidak untuk yang ditawarkan di depan mata.

Aku ingin hidup lebih kuat dan ikhlas, dengan bisa menerima perlakuan orang lain yang nggak bisa kuubah. Aku ingin bisa punya hati yang lebih kuat dengan memaafkan, meskipun aku akan menangis setiap hari. 

Sekarang, aku sedang menangis setiap hari.


Tapi, aku nggak selalu menangis. Aku juga tahu aku bisa menghentikan tangisanku dan berbuat sesuatu tentang perasaanku. Mengingat hal yang baik tidak akan menyakiti siapapun, kan? Mendengar artis favorit bernyanyi sambil dandan juga nggak akan mengganggu siapapun. Toh aku kunci semua pintu dan jendela kamarku. Aku nggak ingin diganggu juga. 

Hidup ini, nggak ada tutorialnya. Hidup ini memang datang dengan buku panduan, tapi tidak dengan langkah-langkahnya. Apa yang harus kamu lakukan agar bisa jadi sabar? Sabar itu nggak ujug-ujug datang dari langit, lalu kamu bisa ambil dengan tanganmu dan kamu masukkan ke hati. 

Makanya, panutan hidup kita bilang kalau kita harus belajar. Tapi aku bilang, belajar nggak perlu cari yang jauh dulu. Aku rasa, kita harus pelajari diri sendiri dulu. Apa yang bikin kita marah, apa yang bikin kita sedih, apa yang bikin kita kecewa. Apa yang bisa bikin kita lega, apa yang bisa bikin kita bangkit lagi. 

Belajarnya memang susah, butuh disiplin yang kuat. 
Kalau kita berhasil, kita akan hidup lebih tentram. 
Belajar. 
Pelajari tingkah laku diri sendiri, perasaan, dan cari solusi. 

Thanks for reading.
❤️, Safira Nisa.

3 comments:

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES