Saturday, June 25, 2016

#1Day1Ayat: Jangan Cari Teman Baik

Baca punya Aul:

Nggak tau akunya yang lemot banget buat belajar tentang kehidupan, keras, ga bisa dikasihtau, atau emang ngga punya pengalaman, atau apapun itu. Aku orangnya kayak yang super selfish, pengen enak sendiri aja. Dan berbuat seenaknya aja, kadang nggak mikir dulu mau ngomong atau mau ngelakuin sesuatu hal yang belum tentu baik. Bagian mau berbuat kebaikan malah mikir-mikir dulu. Bahkan sama temen sendiri pun. 

Sumpah ini aku hidup 18 tahun ngapain aja sih :')

Artinya: "Barangsiapa yang membawa kebaikan, maka ia memperoleh (balasan) yang lebih baik dari padanya..."
Termasuk buat jadi teman yang baik dengan kasih surprise dan kado, aku mikir-mikir dulu. Aku selalu kepikiran buat nabung terus, dan kalau aku kasih kado atau surprise ke temen kayaknya ga bisa nabung. Uang itu aku harus pilih, buat membahagiakan temen atau buat ditabung. Ya emang ditabung juga buat kebaikan sendiri. Tapi bukannya berbagi lebih baik?

Dan bulan kemaren, aku memutuskan mencoba buat nggak nabung (ya, nominalnya dikurangi setengah sih, gak gak nabung-nabung amat), lalu coba buat kasih surprise ke temen.

Awalnya nggak sengaja, cuma karena kebetulan. Kebetulan hari itu aku ngumpulin tugas ke kampus, terus bingung mau ngapain lagi. Eh, ketemu sama Entong yang minta diajak main. Katanya, bosen di kosan mulu. Eh, tiba-tiba ada sms dari Dunk*n donat. Tawaran beli enam gratis enam.. di outlet Buah Batu. Terus keingetan beberapa hari sebelum hari itu, Siti Sarah (temen pulang barengku) ulangtahun dan belum kasih apa-apa. Oke, ke Dunk*n Bubat aja deh beli 12. 

Iya dari Cipadung emang jauh ke Buah Batu tapi namanya juga si Entong pengen maen dan demi dapet gratisan. #akucintagratisan. (Eh kalo boleh curhat si Entong bawa motor lebih parah daripada mang ojek di komplek yang suka selap-selip. Penasaran di Thailand emang jalannya kayak apa sih..)


Dan hari itu, aku samasekali gak menyesal.

Sebenernya, aku lagi galau waktu itu. Daripada terus-terusan diem di rumah dan internetan, aku coba ngobrol sama temen yang nyata. Yang bisa aku pukul-pukul kalau ceritanya nyebelin. Yang bisa aku ketawain langsung di depannya. Yang bisa aku share rahasia ter-top secret se-alam PBI dan SAEED HAHAHAHAHAHAHA. Dan rasanya, menyenangkan. Aku jadi lebih bahagia dan nggak galau lagi.

Karena ternyata dengan berbagi, dalam bentuk apapun itu, kita akan dapat balasannya lebih dari apa yang kita bagikan. Ketika aku memutuskan buat membahagiakan temenku daripada mikirin tabunganku, aku dapet perasaan bahagia, lebih banyak daripada yang aku bayangkan. Ibunya kak Pungky pernah bilang bahwa berbagi itu seperti cermin. Kamu akan dapet bagian yang paling banyak.

Berbagi kebaikan, nggak cuma lewat materi aja. Bisa dari cerita kamu. Bisa dari senyum kamu. Bisa dari quotes-quotes positif yang kamu share di timeline. Ya, jangan share yang galau-galau atuh. Gimana kalau nanti kamu dapet galau yang paling banyak?

Tapi aturan mainnya nggak gitu. Gusti Maha Baik, kalau kita berbagi kebahagiaan, kita bakalan dikasih kebahagiaan yang lebih banyak. Tapi kalau kita berbagi kesedihan, justru kita akan dapat ketenangan dari teman-teman di sekitar. Last but not least, jangan cari teman yang baik. Jadilah teman yang baik karena itu bisa bikin kamu bahagia juga. 

P.S.: If you are wondering, tabunganku sampai sekarang masih selamat. Berbagi itu nggak mengurangi, malah menambah loh. Hore!

3 comments:

  1. Postingannya pas banget, Kak. Thank youuuu. Ceritanya lagi galo lantaran ada temen yang demen banget ngutang dan tiap kali ditagih itu marah-marah. Kan kalo dia minjem lagi jadi berat... Mungkin daku kurang beramal.... siapa tahu ada berkahnya kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kalo yang merugikan sih kayaknya bukan temen yang baik menurutku. Nanti lama-lama capek sendiri kita. Tapi kalau kamu mau sabar dan percaya dia bisa berubah, insyaAllah berkah deh :)

      Delete
  2. umurnya baru 18 tahun, wah masih muda :')

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES