Monday, June 13, 2016

#1Day1Ayat: Love is More Powerful Than Hate

Baca punya Aul:

Kenapa ada orang jahat di dunia ini? Kata orang, dunia itu harus selalu seimbang. Ada hitam, ada putih. Apakah kalau banyak orang jahat, berarti orang baik juga banyak? Aku juga nggak tau. Misteri. Yang jelas, akhir-akhir ini kejahatan lagi rame banget diomongin. Waktu pilih ayat ini, Aul bilang bahwa di negeri kita lagi booming banget berbagai macam kejahatan. 

Aku setuju. Tapi sebenernya nggak cuma di negri kita doang. Kejahatan ada di mana-mana dan lagi parah-parahnya.

Artinya: "Dan demikianlah Kami adakan pada tiap-tiap negeri penjahat-penjahat yang terbesar agar mereka melakukan tipu daya dalam negeri itu. Dan mereka tidak memperdayakan melainkan dirinya sendiri, sedang mereka tidak menyadarinya."
Masalah Palestina? Wah, udah deh ga usah ditanya. Udah berapa taun tuh?
Masalah pemerkosaan? Nggak, gak cuma masalah YY aja yang kedengerannya gila. Kalau kamu mau nggak nyenyak tidur, baca deh surat terbuka buat pemerkosa dari korban di Stanford. Ada juga video campaign dari India yang kasih suggest how every rapist should be punished.



(not-so-)Done with rapist, sekarang ada yang lebih mengherankan, gak masuk akal, dan melukai hati banyak orang. Selain Ibu-ibu warung di Serang yang dirajia sama polisi tanpa alasan yang jelas[1], Christina Grimmie, penyanyi, ditembak sama seseorang (nggak tau fansnya apa gimana) setelah konsernya sendiri di Orlando. Dan meninggal. 

Dude, Christina is still 22. :'(

Aku tau Christina sejak dia masih gaya emo banget. Duet sama KHS pertama kali di YouTube. Waktu itu aku masih SMA, which is dormitory school. Frankly speaking, aku kurang inget siapa yang ngenalin this KHS and Christina thing. Apakah itu kakak kelas, temen seangkatan, atau bahkan aku sendiri? (Please aku segini pelupa-nya)



Dari situ, aku cukup seneng sama Christina karena suaranya unik. Kuat, dan waktu itu masih agak berat. Belum se-tinggi sekarang. Akhirnya aku penasaran sama channel YouTube-nya. Aku ikutilah dia, nonton beberapa cover. 


(FYI this 'Catch Me' from Demi Lovato is my favorite to hear ketika galau-galau syahdu. And then she sang it. *tambah galau*)

Karena aku di dorm, aku nggak bisa terus-terusan ngikutin perkembangan Christina. Internet susah, paling banter dapet jatah satu jam pelajaran seminggu. Di ruang komputer, lol. So.. Aku 'lepas' ngikutin Christina.

Setelah masuk kuliah, aku mulai denger-denger kabar Christina lagi berkat beliau yang rajin banget update di Facebook. Oh, Christina masuk the Voice. Oh, udah punya single sendiri. Ya udah, I don't think there is something so special about Christina. 

Then I found her YouTube, fulfilled with random things.


She even cry waktu tahu ada orang di dunia ini yang kena Anorexia. She has that diamond heart. Nggak heran banyak orang, bahkan artis yang seneng sama kepribadiannya. Ia dicintai. Dan bahkan mungkin orang susah cari kekurangannya, she just perfect.

Pembunuhan Christina oleh Kevin masih nggak diketahui motifnya. Tapi yang aku tahu (dari berita BuzzFeed itu), setelah nge-shot Christina, Kevin bunuh diri. What? The? Hell?

The thing I wanted to say is, look at Kevin. What did he get? Menjadi jahat, menjadi pembunuh, apa yang dia dapatkan? Kesenangan? Kepuasan sendiri? But if he still alive right now, aku pikir dia akan ngerasa sangat menyesal. Karena usaha dia buat jadi pembunuh, cuma bisa dia apresiasi sendirian. But there were thousands of people who loves really really love Christina are praying and giving tributes for her.




(bisa ga sih ga nangis liat Sam Tsui kayak gini :'))

Yang Maha Esa bilang kalau seseorang berbuat kejahatan, penjahat, itu dia menipu bukan siapa-siapa tapi dirinya sendiri. Coba liat di setiap serial superhero. Penjahat selalu punya alasan dan motif buat melakukan kejahatan. Tapi suatu ketika, saat mereka sadar, melihat ke dalam hatinya sendiri.. mereka adalah orang yang paling lemah, yang paling butuh kasih sayang.

Mereka berbuat jahat karena merasa butuh; butuh perhatian, butuh materi, butuh sosialisasi. Dan mereka berpikir bahwa melakukan kejahatan adalah jalan pintas buat mendapatkan apa yang mereka inginkan. Padahal kenyataannya, jauh di lubuk hati kemanusiannya, aku yakin mereka masih ingin berbuat yang terbaik, nggak menyakiti orang lain. 

Tapi mereka nggak sadar dan nggak mau percaya yang terbaik untuk dirinya dan manusia sekitarnya itu ada. Mereka nggak mau dengar kata hati terdalam mereka, hingga akhirnya merasa puas, padahal mereka cuma menipu dirinya sendiri. Kata hati terdalam itu udah mereka kubur di dalam peti dengan ratusan gembok anti bobol dan kuncinya dibuang ke jurang. There's no way to get it back, unless The Much-Forgiving, gives them hidayah.

Kita cuma bisa berdo'a untuk yang terbaik buat kesejahteraan dunia ini.

Footnote:
[1] Kenapa aku bilang tanpa alasan yang jelas?

1 comment:

  1. Ya ampun... iya. Awalnya aku emang gak ngeh christina itu siapa fir. Tp seenggaknya tau dikitlah pas km cerita di blog ini.

    Orang2 skrg jahat bgt :'(


    Tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES