Wednesday, December 13, 2017

[REVIEW] Dermaluz Skincare - Acne Series Package


Selama duduk di bangku SMP dan SMA, aku nggak punya masalah kulit yang bener-bener mengganggu. Meskipun dirawat memang seadanya aja, tapi jerawat jarang banget muncul. Eh waktu kuliah nih, tiba-tiba aja jadi sering jerawatan. Aku kira itu memang 'cuma' pengaruh hormon, tapi ternyata ada faktor-faktor penyebabnya juga.

Meskipun hal-hal yang bikin jerawatan bisa dikurangi, jerawat nggak akan hilang begitu aja. Karena ya kulitnya juga udah berubah nih jadi acne-prone. Kulit wajah harus dirawat dengan skincare yang tepat buat bener-bener ngilangin jerawat.

Sebenernya aku termasuk orang yang ngga suka ganti-ganti skincare. Ganti skincare kalau aku ngerasa nggak cocok aja di kulit. Skincare drugstore yang biasa kupakai sehari-hari sih ngga ada masalah sama kulitku. Tapi kebetulan bulan kemarin aku dan temen-temen di @bandungbeautyblogger diberi kesempatan sama Dermaluz Cosmetics buat nyobain rangkaian skincare mereka yang dirancang khusus buat kulit berjerawat: Dermaluz Acne Series Package.


Aku mungkin belum pernah cerita, produk apa aja yang nggak cocok di kulitku. Produk yang ngga cocok itu pun aku kira cocok, karena aku udah baca banyak review sebelumnya dan direkomendasiin sama brandnya sendiri. Salah satunya adalah facial wash The Body Shop yang Tea Tree. Kalo lagi di Thailand aku cocok pake itu, tapi pas di Indonesia jadi ga cocok lagi. Aneh ga sih?

Jujur, aku sendiri ada rasa takut nggak cocok saat mau nyobain rangkaian Acne Series dari Dermaluz ini. Tapi ya bismillah aja. Seingetku, kulitku ngga ada riwayat yang jelek sama vitamin C, ekstrak lemon, dan Salicylic Acid yang jadi bahan utama penghempas jerawat di Acne Series Package ini.


Box packaging Acne Series Package ini berbentuk segitiga, dan bikin aku keingetan sama box D'Crepes yang wangi itu loh. Di dalamnya terdapat tiga treatment: Facial Wash Acne with Lemon Extract (Treatment 01), Serum Acne Exfoliating (Treatment 03), dan Acne Spot Treatment (Treatment 04). Yes, you read it right. Nggak ada yang dilabeli Treatment 02! Aku pribadi penasaran, treatment 02 dari Dermaluz ini bentuknya apa. Toner atau moisturizer? Setahuku, Dermaluz juga belum launch produknya. 

Semoga nanti Dermaluz cepet-cepet ngelularin treatment 02 untuk melengkapi series ini, ya! Sambil nunggu waktu itu tiba, aku mau bahas skincare ini satu persatu.

Facial Wash Acne with Lemon Extract (Treatment 01)



Ingredients: Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine. Glycerin, Cocamide DEA, Salicylic Acid, Citrus Medic Limonum (Lemon) Fruit Extract, Amylopectin, Dextrin, PEG-150 Distearate, Xanthan Gum, Fragrance, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil,Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, DMDM Hydantoin, Hydroxypropyl Methylcellulose, Sodium Chloride, Allantoin, Citric Acid, Menthyl Lacetate, Disodium EDTA, Phenoxyethanol, CI 19140, CI 44090, CI 15985, CI 16255.

Packagingnya menurutku cukup standar, tube dengan tutup flip-flop di ujungnya. Di bagian depan packaging ada info nama, berat bersih, dan treatment urutan ke berapa si facial wash ini. Tentunya dipakai pertama di rangkaian acne care series. Tapi kalau kamu pakai makeup sebelumnya, jangan langsung cuci muka! Pakai pembersih makeup dulu, ya. 


Baca komposisi sebuah produk adalah cara paling mudah buat memprediksikan sebuah produk bakalan cocok atau enggak di kulit kamu.. Berhubung di website Dermaluz belum ada informasinya, di foto ini pun nggak kelihatan jelas, aku udah tulis komposisi lengkap facial wash ini di atas hanya untuk kamu! Coba baca dengan teliti deh, ada bahan-bahan yang bikin alergi di kulit kamu ga?

Selain info komposisi, di bagian belakang kemasan juga ada cara pakai, info distributor, tanggal kadaluwarsa, dan nomer BPOM. BPOM kan lagi ketat banget yak sama produk-produk kosmetik. Yang lokal-lokal begini mah gaakan kena cyduck kan? 😂🤣


Tutup botolnya flip flop model begini, tapi ini bikin produk mudah tumpah pas dibuka. Tapi tenang, ada solusinya! Taro produknya upside down aja, terbalik. Begitu juga pas buka. Jadi ngga tumpah kemana-mana dan mudah kontrol jumlah produk yang mau dipake.

Wangi dari facial washnya ini enak! Calming banget. Karena ada ekstrak lemon dan bunganya, kali ya. Tapi ada fragrance buatannya juga, sih. Yang jelas sensasi cuci mukanya jadi lebih adem karena wangi facial washnya yang bikin adem juga.

Tekstur facial wash ini lebih ke watery, tapi agak padat seperti gel. Kalau kena air, nggak banyak busanya! Aku senang sih sama facial wash yang ga banyak busanya dan ga bikin wajah keset. Karena facial washnya jadi menjaga kelembaban alami kulit kita~


Di kulitku yang  berminyak, oil controlnya sedikit di atas standar. Kalau pakai makeup, mukaku jadi ngga terlalu greasy karena minyak. Kalau malem-malem cuci muka dan gak pakai apa-apa lagi, muka masih ada minyak-minyaknya.

Kulitku sebenernya agak sensitif sama alkohol, tapi alhamdulillah ya sis ga ada reaksi negatif selama pake facial wash acne dari Dermaluz ini. Cuma tetep aja ada jerawat kalau aku nggak double cleansing! Badak banget ya mbak kulitnya sampe ga bisa cleansing satu step doang🤦‍♀️

Serum Acne Exfoliating (Treatment 03)



Ingredients: Aqua, Glycerine, Butylene Glycol, Ethyl Absorbic Acid, PPG-20 Methyl Glucose Ether, Trehalose, Salicylic Acid, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Hydroxyenthylcellulose, Amylopectin, Dipotassiom Glycyrrhizinate, Dextrin, Phenoxyethanol, Methylparaben, Ethylparaben.

Kalau kalian suka nonton yutubnya Suhay Salim, kalian mungkin tau Serum Acne Exfoliating dari Dermaluz ini pernah masuk salah satu video favoritnya. Well, aku bukan anak yang suka ikut-ikutan. Tapi karena memang produknya bagus, produk ini juga jadi salah satu favorit aku!


Karena serum ini sifatnya exfoliating, dia hanya boleh dipake malam hari sebelum tidur (setelah cuci muka, tentunya) dan dibilas pagi-paginya. Kenapa nggak boleh pake siang-siang? Karena kalau lagi di-exfoliate, kulit bakalan lebih sensitif sama sinar UV. Kalo dipake siang-siang nanti muka kamu iritasi karena sinar UV dari matahari.


Botol pumpnya agak keras kalau mau keluarin produk. Alhasil, keluarin produk jadi nggak bisa sedikit, tapi sekali pencet keluarnya jadi cukup banyak. Tapi tenang saja, kalau jerawatnya banyak kayak aku mah memang butuh produk agak banyak hahahaha😅

Kalau diambeu (dicium wanginya), bau produk ini chemical banget. Mirip Super Aqua Peeling gel punyaku dulu (yang ngga cocok di aku). Tapi jangan judge sebuah produk dari baunya. Surprisingly, serum ini sih cocok di aku~


Teksturnya sangat cair, dan butuh sekitar 1-2 menit biar produknya bener-bener menyerap di kulit. Setelah diaplikasikan, rasanya agak keset-keset di wajah. Biasanya, cuma aku aplikasikan pada bagian yang berjerawat, nggak ke seluruh wajah.

Kalau rutin cuci muka dan pakai serum ini, dalam tiga hari aja jerawat yang gede gede (yang kadang ga tau kapan mau keluarin nanahnya) bisa kempes. Atau dalam sehari aja jadi mateng! Reaksinya bagus di kulitku dan membantu kulitku yang ga pernah absen keluar jerawat ini.

Jangan lupa cuci muka pagi-paginya ya!

Acne Spot Treatment (Treatment 04)



Ingredients: Aqua, Butylene Glycol, Caprylic/Capric Triglyceride, Glycerin, Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Olive (Olea Europaea) Oil, Sulfut, Cetearyl Alcohol, Stearic Acid, Cetyl Alcohol, Salicylic Acid, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Trehalose, Citrus Medica Limonum (Lemon) Fruit Extract, Ethyl Ascorbic Acid, Glycolic Acid, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Polyacrylamide, Ceteth-10 Phospate, Dicetyl Phospate, Triethanolamine, Phenoxyethanol, C13-14 Isoparaffin, Allantonin, Fragrance, BHT, Diazolidinyl Urea, Thocopheryl Acetate, Xanthan Gum, Ethylhexylglycerin, C9-11, Pareth-6, Disodium EDTA, Palmitoyl Tripeptide-8, Dextran.

Di cara pemakaiannya ditulis harus dipakai setelah pemakaian serum, ditotolkan ke bagian yang berjerawat. Aku agak ga yakin gimana pemakaian yang benar. Karena kan kalau udah pake serum wajahnya harus dibilas. Jadi nunggu pagi, bilas dulu, baru pake ini? Atau abis diaplikasikan langsung kasih ini juga?

Karena bingung, ya aku coba kedua metode tersebut di waktu yang berbeda. Minggu pertama, dan minggu kedua.


Kemasannya sendiri cukup mini dan ringkas, mudah dibawa kemana-mana. Biasanya acne spot treatment itu bikin kering di area yang berjerawat, ya? Tapi yang ini enggak! Di komposisinya ada grapeseed oil yang fungsinya buat melembabkan. Setahuku, grapeseed oil adalah salah satu minyak alami yang ringan dan cocok di kulit berjerawat.


Teksturnya tetep watery, karena semua produk Dermaluz ini kayaknya water-based. Aku ga yakin baunya kayak apa. Tapi baunya mengingatkan aku sama roti yang gosong: ada wangi manis, tapi ada paitnya juga. Buat aku pribadi sih, baunya nggak ganggu.

Di minggu pertama, aku coba pakai setelah mengaplikasikan serum. Hasilnya? Jerawat besar-besar jadi matang. Lalu cepat kering.

Di minggu kedua, aku pakai setelah membilas serum: pagi-pagi. Jerawat jadi cenderung kempes, malah nggak jadi matang. Tapi jerawat kecil jadi kering dan mengelupas sendirinya. Tapi kulit di sekitarnya jadi nggak kering! Makeupan aman deh pokoknya.

Menurutku sih nggak terlalu jauh ya bedanya dari pengaplikasian Acne Spot Treatment ini pagi atau malam hari. Selama belum ada petunjuk yang bener-bener jelas, itu tergantung preferensi kamu aja mau pakai treatment spotnya kapan aja. Karena ini bisa dipakai siang dan malam hari.

Dermaluz Acne Series Package


Untuk keseruluhan package, aku rasa ketiga produk ini saling berkesinambungan untuk menjaga kulitku yang berjerawat. Aku cukup puas dengan hasilnya karena bikin proses pematangan jerawatku lebih cepat, sekaligus masih menjaga kelembaban kulitku. Nggak ada deh drama drama kulit ngelupas sampe harus pake berlayer-layer skincare! Karena semua produknya water-based dan menganduk minyak dari bahan alami!💕

Yang paling jadi favoritku di series ini adalah Acne Spot Treatment-nya. Karena bikin jerawat kering, tapi nggak kulit di sekitarnya. Bisa dipake kapan aja, siang atau malam!

Tapi sayangnya kulitku tipe yang berbekas merah-merah gitu abis jerawatan. Acne Series ini ngga ada yang buat ngilangin bekas jerawat, jadi aku masih berjuang buat yang satu itu :')

Where to buy?
Instagram: @makeupuccino
-+ Rp200.000

Thanks for reading!
❤,
— Safira Nys

12 comments:

  1. aku juga pakaaai dan favorite kita smaa, tapi serumnya di aku pumpnya agak gengges :( kl di pencet nyembur kemana-mana huhuhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya punyaku juga gitu kokk. Kayaknya emang basicnya begitu deh~

      Delete
  2. Sama banget kayak aku, susah buat mendeskripsikan aroma si acne spot treatmentnya. Haha.. Tapi so far oke semua yah produknya.

    www.esterherliana.com

    ReplyDelete
  3. pengen banget nyari produk skincare yang oil kontrolnya oke.. :)

    ReplyDelete
  4. baca ini dan nonton review Suhay jadi tergoda untuk beli nih, mudah-mudhan gampang dicari di daerah sini

    ReplyDelete
  5. penasaran bgt dong wkwk sm treatment (02) nya huhu😂💛

    ReplyDelete
  6. Dulu zaman aku belum mengenal skincare, wajahku gampang banget jerawatan parah!
    Namun semenjak rajin ngerawat, jerawat jarang banget mampir. Paling jerawatan karena stress, lingkungan/benda sekitar gak bersih, atau konsumsi makanan gak bener. Mungkin kalo ada kesempatan nyoba Dermaluz, mau cobain Acne Spot Treatment-nya hehe.

    Oya, aku coba tebak produk Treatment 02, mungkinkah itu hydrating toner? 😁

    ReplyDelete
  7. Di guardian kira kira ada ga ya? Ala di watson?

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES