Saturday, December 30, 2017

Makeup Defect: Beli Jangan Ya? | Pengalaman Beli Makeup Rusak di Makeupuccino


Tahun 2017 ini, aku lagi nyari palet makeup yang warnanya warm, cantik, dan kalau bisa sekalian merangkap highlighter. Which is harus ada shimmernya. Memang aku masih belajar makeup, tapi ya kalau mau belajar perlengkapannya nggak ada juga kan bingung. Makanya haruz beli dulu dong.

10 Desember kemaren, kebetulan aku diundang ke sebuah acara di Mall di kota Bandung. Ya biar sekalian, akhirnya aku melipir deh ke Rumah Makeupuccino. Karena sehari sebelomnya mereka update instastory yang bener-bener menggiurkan: Diskon. Sampai highlighter ada yang 10ribuan segala. 


Tapi diskonnya bukan sembarang diskon. Ini diskon defect!

Defect ini adalah suatu keadaan makeup yang mau dijual udah rusak. Kalau makeup palet-palet begini kan sebenernya fragile banget kan ya. Kebentur dikit aja kalo dia ngga kokoh bisa pecah. 

Makeupuccino ini ceritanya lagi coba beli barang baru dari luar, dan ternyata beberapa makeup ada yang rusak selama di perjalanan. Wow. Makeup ini sudah melalui perjalanan yang panjang! Nggak heran kalau ada yang ga selamat, lol.


Di Rumah Makeupuccino, barang-barang yang defect dipisah dari barang-barang yang kondisinya bagus. Semuanya diberi label dan diperlihatkan SECARA JUJUR kondisi makeup yang rusak. Jadi, yang beli pasti udah mau dong nerima konsekuensi makeup rusak yang mereka beli.

FYI, makeup defect biasanya cuma dijual di offline store atau toko fisik. Kalau dijual online resikonya besar. Bisa jadi makeupnya bakalan lebih rusak saat pengiriman.

Beberapa palet yang retak udah dibenerin lagi sama pihak makeupuccino. Tapi ada juga yang 'kelihatannya' rusak banget kayak yang aku pilih, dan itu bener-bener kayak gambling

Masalahnya, bubuk eyeshadow yang pecah nutupin semua permukaan palet. Aku jadi nggak bisa lihat warna aslinya. Aku juga nggak sempet googling dulu ini produk aslinya kayak gimana apalagi baca review. Yang namanya lagi sale, orang rebutan ya jadinya rusuh banget ga sempet mikir. 

Tapi instingku bilang, ambil yang ini!


And I smiled, waktu akhirnya aku bener-bener megang palet Beauty Treats ini pertama kali. LOOK AT THAT GLOW.

Entah karena memang kebanyakan nonton Simplynailogical atau Nikkietutorials, I love glows. Tapi seingatku, dari kecil sih aku emang suka benda-benda yang mengkilau. Tahta, harta, wa... Oh no. Jk.

Dulu aku dikasih glitter 5ribuan aja seneng banget sampe ga mau dipake saking sukanya.πŸ’‍♀️


Ini kondisi pertama waktu aku buka palet eyeshadownya. Jujur, aku masih belom tau ini warna aslinya kayak gimana. Pigmentasi eyeshadow warna ungunya masih mendominasi all over the place.

Awalnya aku ga yakin bisa bersihin ini, but I gave it a try anyway.

Aku pake fan brush yang jelek banget, bulunya gampang rontok dan ga halus. Waktu itu sengaja beli kuas paketan yang murah pake uang kelas cuma buat makeup drama. Karena sayang kalo beli yang mahal takut rusak atau hilang. Lagipula, pake uang kelas ini deh. 🀣


Setelah sapu-sapu di setiap warna, warna asli paletnya mulai kelihatan. Eyeshadow yang pecah bubuk itu juga ternyata masih bisa dipakai: bisa dikumpulin dan jumlahnya nggak berkurang banyak! Well, I didn't expect this.

Aku udah siap banget kalau satu warnanya nggak bisa dipakai, dan aku bakalan masih bersyukur bisa beli palet ini dengan harga Rp60.000 aja. This was beyond my expectationπŸ’–πŸ˜­


Dengan perjuangan yang nggak keras-keras banget, akhirnya aku bisa nempatin warna eyeshadow ungu muda ke tempatnya lagi. Aku pengen banget bikin eyeshadow bubuk ini jadi padat lagi. But it requires 70% Alcohol, my mom forbid me to. Karena aku anaknya baik dan mager ke apotek juga, so I left it just like that.


πŸ’– Jadi, boleh ga sih beli makeup defect? πŸ’–
Boleh banget. Asal harganya diskon miring banget.
Aku nyari di tempat belanja online lain, rata-rata Beauty Treats Metallic palette ini dijual seharga Rp120.000-Rp140.000. Sedangkan aku hanya bayar Rp60.000, aku dapat semua warna. 
Safira = 1 : Beauty Treats : 0

Apa kelebihan makeup defect?
Tentu saja, diskon.
Bisa dimainin. LOL.

🎈 Apa kekurangan makeup defect? 🎈
Harus dibenerin, kalau yang jual belum benerin.
Kalau nggak mau dibenerin (kayak aku), ribet banget kalau produknya mau dibawa kemana-mana.

Tips beli makeup defect ✨
Cari barang yang bener-bener worth it, yang udah kamu incer duluan.
Kalau nggak nemu yang kamu mau, jangan beli.
Percaya sama insting.

13 comments:

  1. Tambah mantep aja nih fir jadi beauty blogger, dan insting kamu sepertinya udah semakin top sampe dapet makeup defect yang masih oke.
    Aku juga pingin nyoba2 make up nih, pingin mulai dari bagian mata, enaknya beli apa ya fir kalau buat pemula gitu? Eyeshadow sama primernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insting aku mah dari sananya nyari yang murah tapi bagus hehe :')

      Primer gausah nyari yang mahal, aku pake concealer aja bisa. Concealer palette dari catrice, tuh. Eyeshadow paling top sih maybelline the Nudes, soalnya warnanya masih sekelas gitu coklat-hitam jadi campur warna juga ga bikin bingung.

      Delete
  2. Segini mah lumayan pisan atuh Fir, kemarin aku nyari beauty treat di online shop karena ingin coba-coba. Ternyata di makeupuccino jual yaa yang defect, tau gitu beli disana dulu. kapan-kapan main kesana deh, belum kesana-sana lagi semenjak pindah alamat tokonya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli, lumayan banget teh. Nanti dia jual juga kayaknya di olshopnya tapi belom ada sampe sekarang. Mungkin masih QC dan foto produk dulu kayaknya~

      Delete
  3. makeup defect emang harga diskonnya menggiurkan yaaaa xD, tapi kalau beli kayak gambling maju mundur takut rugi wkwkwk

    https://mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. ih segini mah lumayan pisan Fir, setengah harga pula, tapi emang si pas pertama buka bikin syok krn ga jelas bentukannya ya XD

    ReplyDelete
  5. Fir, tadi aku juga hampir mau beli defect foccalure tp ga jadi krn inget lg nabung juvias haha

    ReplyDelete
  6. Wah aku belum pernah beli makeup defect. agak takut sih, dan kayanya lumayan effort buat benerinnya yaa *anaknya mager banget* hahahaha
    btw, nice sharing Firaa :)

    Cindy,
    www.cindyartha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ga dibenerin, udah biarin aja kayak gitu ahaha.
      Makasih :)

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES