Tuesday, August 25, 2020

[COLLAB] Personal Skincare Routine | Kulit Sensitive Acne Prone (Berjerawat)

 


Di tahun 2020 ini, skincare kayaknya 'meledak' banget ya. Karena semua orang lagi di rumah aja, mungkin ini saat yang tepat untuk memperbaiki kulit. Nggak kena polusi, nggak harus makeupan setiap hari. Yasudah kita dukung juga deh dengan merawat kulit lebih baik. Aku termasuk orang seperti itu. 

Kulit aku sensitif banget, karena aku melakukan rutinitas skincare yang buruk banget di tahun 2016 sampai awal 2018. Aku jarang pakai moisturizer karena nggak tau pentingnya kulit lembab, kalau muncul jerawat pokoknya clay mask terus, peeling terus. Sunscreen pakai sebiji jagung aja. First cleanser? Grapeseed oil.

NGERI GAK SIHHHH. Aku nulisnya aja ngeri sendiri. Jahat banget aku sama kulit sendiri. 

Itulah kenapa kulit aku bisa jadi sensitif banget, mudah merah kalau temperaturnya panas, atau kena matahari. Sekarang aku fokusin skincare yang melembabkan kulit biar kembali sehat. Aku pikir mustahil awalnya, tapi sedikit demi sedikit ada progress lah. 


Ya lagian, aku 'ngerusak' kulit sendiri hampir 2 tahun.. memperbaikinya pasti butuh waktu yang lebih panjang. Aku akan tulis personal skincare routine aku yang bener-bener aku pakai dan berpengaruh buat kulitku. Bukan hanya karena dikasih brand, bukan beli karena lagi hype atau diendorse sama selebgram.

Aku juga akan kasih perbandingan harga dan link ke toko official untuk setiap produk dari marketplace yang berbeda. Harga yang aku tulis itu adalah harga promo per 26 Agustus 2020. 

Cleanser / Pembersih Wajah



Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water
 πŸ’΅ Harga: Rp130.800 untuk 2 botol 400ml di Lazada; Rp152.600 untuk 2 botol 400ml di Shopee, Rp165.000 untuk 3 botol 400ml di Tokopedia
✨ Sebenernya motivasi aku nyari micellar yang mengandung minyak adalah untuk bersiin makeup yang waterproof kayak maskara, eyeliner, dan lem bulu mata. Tapi produk ini oke juga dipake ke wajahku, asalkan pakenya yg banyak banget di kapas ya. Kalo dikit ntar seret. 

Senka All Clear Oil
πŸ’΅ Harga: Rp179.000 230ml di Shopee; Rp190.000 230ml di Lazada; Rp135.000 180ml di Tokopedia (pouch/refill seperti yg aku punya)
✨ Monmaap ni dia bentuknya pouch jadi aku pindahin aja ke wadah cleansing oil bekas! Aku suka teksturnya, nggak bikin kulit kering. Malah bikin kulit terasa tebal. Wanginya juga menenangkan. Tapi kalo dipake buat bersiin eye makeup, perih banget. 

Elsheskin Acne Cleansing Wash
πŸ’΅ Harga: Rp59.400 100ml di Shopee; 100ml di Tokopedia; 100ml di Lazada (harganya sama)
✨ Setelah mencoba beberapa facial wash lain, ternyata aku masih suka sama face wash Elsheskin ini. Bisa bikin jerawat kalem kalau lagi meradang, dan ngga bikin kulit kering. 

 SNP LAB+ Triple Water Deep Clean Facial Foam
πŸ’΅ Harga: sekitar 100rban, produknya udah jarang dijual
✨Udah pernah aku review lengkap di sini. Busanya banyak, wanginya enak, nggak bikin kulit keset. Ingin repurchase tapi kayaknya udah jarang yang jual. 

FOREO LUNA mini 3
πŸ’΅ Harga: Rp2.467.000 di Sephora
✨ Tau kan metode cleansing satu menit yang lagi rame itu? Katanya kulit wajah bakalan lebih bersih dan sehat kalau kita cuci muka pakai face wash selama satu menit. FOREO LUNA mini 3 ini adalah cleansing brush yang lembut di wajah, dengan timer getaran pas 1 menit. Aku rasa lebih efektif daripada pakai tangan. 

Toner dan Essence



Sebenernya ada satu lagi yang lupa difoto, Avoskin HTE. Aku udah pernah review di sini, tapi sekarang lagi jarang pakai. 

Avoskin Miraculous Refining Toner
πŸ’΅ Harga: Rp80.000 20ml di Shopee, Rp169.000 100ml di Shopee 
✨ Aku awalnya ragu untuk beli exfoliating toner, karena pernah ngga cocok sama salah satu exfoliating essence (brand lain). Suatu hari aku panik karena ada jerawat mendem gede, langsung checkout toner ini. Oke banget untuk bikin tekstur kulit lebih halus dari bekas jerawat mendem yg gerinjulan. 

Hatomugi Skin Conditioner
πŸ’΅ Harga: Rp123.500 500ml di Watsons,  
✨ Ini katanya sekarang jadi mahal banget ya?? Padahal terakhir beli masih 90rban buat 500ml dari watsons. Di aku dia bikin kulit lembab dan adem, nggak kemerahan. Kalau kulit lembab, skincare selanjutnya akan lebih efektif diserap kulit. 

Elsheskin Acne Refresh Toner
πŸ’΅ Harga:  Rp58.500 100ml di Shopee; Rp61.750 100ml di Tokopedia, 100ml di Lazada
✨ Ada kandungan salycilic acid. Meskipun alkoholnya agak banyak, di kulit aku toner ini ngga bikin kering. Ngga bikin lembab juga. Tapi ampuh nenangin jerawat yg lagi gatel-gatelnya. 

Secret Key Starting treatment Essence
πŸ’΅ Harga: Rp360.000 150ml di Shopee, di Lazada, di Sociolla. Diskon Sociolla 25k pakai akun baru, kodenya: SBN05D677
✨Ini bikin kulit lembab banget!! Teksturnya cair, cepat menyerap, kalau buat aku sih ini aromanya samar-samar. Nyaman pokoknya. 

Serum



πŸ’΅ Elsheskin Radiant Skin Serum 
✨ Harga untuk 20ml: Rp197.010 di Shopee; Tokopedia; Lazada
Udah pernah aku review full di sini. Teksturnya paling encer (watery) dibanding yang lain, dipakai di pagi hari.

πŸ’΅ Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum
✨ Harga: Rp240.000 untuk 20ml di Shopee, Tokopedia, Lazada 
Ini soon aku review ya! Serum ter-ajaib, bikin muka auto glowing dan cerah banget! Ada retinolnya, jadi dipakai hanya malam hari aja sesuai kebutuhan. 

Elsheskin Vitamin C Serum 
πŸ’΅ Harga untuk 20ml: Rp217.800 di Shopee, Tokopedia
✨Ini baru beberapa kali aku pakai, aku sejauh ini suka sama efek melembabkannya. Belum baca lebih jauh tentang antioksidan di kulit. Teksturnya paling kental!

Kleveru Glass Skin Serum
πŸ’΅ Harga: Rp128.700 untuk 20ml di Shopee, Rp143.000 di Tokopedia, Rp127.700 di Lazada
✨ Udah pernah review full di sini, dalam bentuk video juga di sini. Masih salah satu serum exfoliating yang paling aku suka, karena dia nggak 'merobek' kulit. Lembut di kulit aku. 

Face Oil / Pelembab


 
The Bath Box Pure Squalane
πŸ’΅ Harga untuk 30ml: Rp107.400 di Shopee, di Lazada
✨ 2-3 tetes facial oil ini aja udah cukup buat melembabkan muka. Oke juga untuk dipakai sebagai spot treatment ketika lagi ada jerawat yang mau meradang. Ketika dipakai sebagai spot treatment, aku totol face oilnya (nggak diratakan) di area berjerawat, dipakai malam hari. 

Skin Dewi Calendula Soothing Gel 
πŸ’΅ Harga untuk 30gr: Rp594.000 di Shopee
✨Bisa bikin kulit tenang banget!!! Nggak merah-merah lagi. Bikin kulit lembab dan rasanya sehat, plump gitu. Wanginya kayak wangi aromaterapi. Udah tinggal setengah botol, sedih. Baca review lengkapnya di sini

Elsheskin Hydrating Cream
πŸ’΅ Harga untuk 20gr: Rp69.600 di Tokopedia, di Shopee, Rp87.000 di Lazada
✨Ini bener-bener melembabkan, tebel banget. Aku pakai ketika wajah aku kena sunburn sampai mengelupas. 5 hari, kulit mengelupas membaik. Tapi ga bisa dipakai terlalu banyak karena nanti bikin wajah terasa berat berminyak.

Sunscreen



Mohon jangan dimaki karena hanya ada dua πŸ™πŸΌ Aku punya 3 sunscreen L'Oreal tapi cuma ini yang bener-bener aku suka. 

L'Oreal UV Perfect Fresh Hydrating UV Watery Gel (SPF 50)
πŸ’΅ Harga: Rp138.600 untuk 2 botol 30ml di Shopee, Rp61.400 untuk 1 botol di Lazada
✨Bisa bikin kulit lembab, rasanya adem di wajah, cepat meresap. Nggak bikin lengket, efektif buat menangkal sinar matahari karena muka aku ga mudah memerah kalau pakai sunscreen ini. 

Elsheskin Daily Protection for Acne (SPF 30)
πŸ’΅ Harga:
✨ Ada whitecast sedikit, teksturnya creamy. Butuh 1-2 menit untuk menyerap. Rasanya ringan di kulit kalau udah menyerap, dan formulanya memang cocok untuk kulit berjerawat. Iya, cocok di aku. Suka dipakai kalau re-apply sunscreen.

Masker



L'Oreal Pure Clay Mask Detoxify
πŸ’΅ Harga untuk 50gr: Rp110.500 di Lazada, Rp102.500 di Shopee
✨Clay mask yang ngga bikin kulit ketarik dan nggak bikin kering. Aromanya bikin nyaman banget! Kayaknya produk L'Oreal khas sama parfum ya. Di kulit aku dia bisa bantu ademin jerawat meradang juga.

Mediheal Tea Tree Care Solution Essential Mask Ex
πŸ’΅ Harga 1 lembar: Rp17.000 di Althea, Rp21.750 di Shopee dan Lazada
✨ Aku bucin Mediheal Tea Tree sebelum aku bucin BTS. Kebetulan aja yang lagi ada di lemari aku yang versi BTS, jadi ya begitu. Varian Tea Tree ini paling oke di kulitku, bantu menenangkan kulit kemerahan dan mencegah jerawat buat datang. Iya beneran deh. 

FOREO UFO + FOREO Make My Day UFO Mask
πŸ’΅ Harga: Rp 4.927.000 + Rp177.000 di Sephora
✨Udah pernah aku review lebih lengkap di sini. Mudah dipakai, bikin kulit tenang dan adem, apalagi ada terapi dingin Cryo. Kulit langsung glowing deh kalo pakai masker ini. Favorit!

Oiya, aku juga masih suka pakai Laneige Sleeping Mask yang aku pernah review di sini. Sekarang udah mau abis :(


Ini foto nggak aku edit kecerahannya sama sekali yaa.

Dan mungkin banget ini fotonya kurang valid karena aku nggak foto di jam yang sama dan kondisi yang sama. Tapi kalian bisa lihat seenggaknya dari tekstur kulit aja udah keliatan lebih baik. Bekas jerawat juga lebih memudar, yang asalnya agak timbul jadi lebih rata. 

Skincare yang aku pakai di 3 bulan terakhir ini kelihatan bekerja dengan baik banget di kulitku. Tapi aku nggak akan anggap sepele proses ini. Aku ngerti kulit aku sensitif, mudah berubah kondisinya sesuai dengan keadaan dan cuaca. Dipengaruhi gaya hidup, pola makan, stress, dan sebagainya. 

Jadi aku akan terus mencari skincare yang sesuai sama kondisi kulit aku, seiring berjalannya waktu. 


Postingan ini adalah postingan kolaborasi bareng Beautiesquad di bulan Agustus. Semoga aku bisa ikut collab lagi di bulan depan, ya!

Thanks for Reading!
❤️, Safira Nisa

1 comment:

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES