Thursday, February 22, 2018

Gimana Caranya Jadi Beauty Blogger? | Ngopcan #5 Beautiesquad


Dalam dua kata: TIDAK MUDAH. 

Beauty blogger itu kerjaannya cuma bukan dikasih makeup gratis, review, main makeup, beres. Karena nulis itu nggak mudah. Kamu harus bisa bikin orang tertarik dengan apa yang kamu tulis, dan itu agak tricky. Namanya juga blogger, beauty blogger adalah orang-orang yang memenuhi internet dengan ratjun-ratjun dunia kecantikannya.

Tapi apakah orang akan teratjuni kalau tulisanmu nggak menarik?

🤔

Minggu lalu aku ikutan acara Ngopcan #5-nya Beautiesquad yang bekerjasama dengan Beauty Journal by Sociolla. Di kelas online itu, ada kak Grissela dari Editor Chief di Beauty journal yang ngasih beberapa tips untuk bikin artikel beauty yang menarik. Tapi sebelum mulai ke tips artikel, ada dua hal yang gak kalah penting: niat dan ide untuk menulis.


Nulis itu nggak akan dimulai tanpa niat dan ide. Kalau udah ada niat nulis, pasti kita punya rancangan tulisan yang ada di kepala. Tapi kadang-kadang kalo otak lagi panas rasanya semua ide yang (sebelumnya) ada, jadi menguap begitu aja.

Jangan panik. Ide ada di sekitar kamu, kadang malah nggak perlu dicari. Coba liat aja topik apa yang paling sering dibahas sama tetangga sebelah pas belanja sayur?

Eh ternyata mereka seneng banget ngomongin eyeshadow yang cuma 50ribu, misalnya. Wah cucok tuh! Kamu bisa langsung bikin artikel list eyeshadow yang harganya pas di kantong mahasiswa.

Tapi kalau mentok udah ga bisa mikir banget, coba pake Google Trends deh. Aplikasi gratis ini ngasih data pencarian semua orang yang pake Google tentunya. Dan kamu bisa lihat grafik, untuk tren pencarian perbulan atau pertahun!


Nge-blog tentang beauty itu sebenernya isinya bisa beragam. Nggak cuma review mulu, tutorial mulu, atau whislist mulu🤣. Lebih enak kan kalau ada variasinya, kamu juga jadi nggak mudah jenuh bikin artikelnya. Kemarin, kak Griss ngasih contoh beberapa ide tipe artikel dengan tips apa aja yang harus ada di dalamnya.
  • Review: karena namanya review, kamu harus nulis dengan jelas dan mendalam tentang produk yang pernah kamu pakai itu. Bisa jadi info sekecil tutup kemasan yang gengges banget itu bermanfaat buat pembaca. 
  • Rekomendasi/whislist: jangan cuma ditulis produknya aja, tapi jelasin sedikit tentang produknya. Be creative! Pakai opini sendiri, ya. Jangan nyomot dari websitenya😛
  • Tips kecantikan: pastikan tipsnya mudah diterapkan dan sesuai dengan pembaca kamu. Kalau pembaca kamu ada di Indonesia tapi dikasih tips belanja kosmetik di Seven Eleven kan nggak mungkin ya🤣 (RIP Sevel)
  • Interview: kalau lagi ada acara launching, ada kemungkinan kamu bisa interview pihak brand-nya untuk mengenal lebih dalam produk yang diluncurkan. Kalau lagi interview, coba tanyain pertanyaan yang nggak akan nemu jawabannya di google. Nantinya artikel kamu bakal jadi unik, karena beda dengan yang lain! 
  • Tutorial: postingan tutorial itu nggak lengkap kalau nggak pakai gambar. Karena kalau tulisan aja kadang orang bingung praktekinnya gimana. Buku panduan aja ada gambarnya ya kan~. 
 Untuk masalah foto sendiri, dia itu udah termasuk kategori wajib kalo bikin artikel biar keliatan lebih menarik. Kayak di artikel ini, kalau nggak ada fotonya emang kamu tertarik untuk lanjut baca sampai beres?😆❤


Sebagai blogger, aku lebih suka bikin foto sendiri untuk di blogku daripada nyomot dari internet. Karena toh blog aku juga isinya nanti bakalan ada di internet, kan? Kalau di internet isinya satu foto dari sumber yang sama juga bosen, kan. Dan.. demi kepuasan pribadi aja, sih.

Meskipun ribet tuh perintilan flatlay sampe se-box.

🤣

Sebelum terjun nulis artikel, pastikan kamu udah punya outline dan poin-poin penting yang mau kamu sampaikan untuk pembaca. Karena kalau nggak dikasih batasan, nanti malah jadi ngoceh kemana-mana tanpa arah tulisannya. (Aku sering begitu juga sih.. hiks)

Last but not least, kak Griss mengutip dari agency internasional: "Artikel yang bagus itu yang bisa bikin pembaca: belajar sesuatu, melakukan sesuatu, merasakan sesuatu." Jadi jangan lupa pakai hati selama nulis artikelnya ya! Karena tulisan dari hati itu akan sampai ke hati lainnya💖


And.. that's it!

Seru banget ikutan kelas online Ngopcan yang ke-5 dari Beautiesquad ini. Kalau kamu menyesal karena ketinggalan kelas ini, tenang! Masih ada ngopcan-ngopcan selanjutnya. Follow instagramnya Beautiesquad deh, biar ga ketinggalan. 

Kalau kamu pengen ngeblog tapi belom pede buat bikin blog sendiri, kamu bisa nebeng nulis artikel di Beauty Journal by Sociolla. Daftarnya gratis pula! 

Terimakasih Beautiesquad dan Beauty Journal!

Thanks for reading!
❤,
— Safira Nys

8 comments:

  1. Setuju sama quotesnya!
    Duh aku tadinya mau jadi beauty blogger tapinya belum pede karena nggak biuti :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup beauty inside aja kaka tida perlu beauty outside :')

      Delete
  2. Safiraaaa! Aaaa aku nemu blog mu dari FB. Dan artikel ini berguna banget bagi aku! Walaupun aku nulisnya tentang travel sih, bukan beauty. Tapi masih relevan hihi.
    Thanks ya aku jadi tau tentang google trends. Mau coba ngulik2 ah hihi.

    Btw salam kenal, Safira!

    ReplyDelete
  3. Kalau nulis artikel beauty, kelemahan saya di istilah-istilahnya. Kadang saya njelasinnya sesuai bahasa saya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru bagus pakai bahasa sendiri, audiens bisa jadi lebih ngerti loh :)

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES